Pentingnya Laporan Keuangan Sederhana Untuk Usaha Kecil


Membuat laporan keuangan usaha untuk UKM dan usaha kecil seperti warung menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Jika dahulu laporan keuangan hanya dibutuhkan untuk usaha skala besar, laporan keuangan sebenarnya juga sangat dibutuhkan untuk UKM dan usaha kecil. Dengan adanya laporan keuangan, diharapkan UKM dapat menjalankan bisnisnya dengan baik sehingga keuntungan dan kerugian dapat dianalisis.
Selain itu, dengan adanya laporan keuangan yang disusun dengan baik akan memudahkan pihak lain untuk menilai usaha yang anda jalankan. Tidak membutuhkan laporan keuangan yang detail seperti perusahaan besar, UKM bisa menggunakan laporan keuangan sederhana. adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan laporan keuangan sederhana akan kami sampaikan berikut ini.
Laporan Keuangan Sederhana yang Harus Dimiliki UKM Buku Arus Kas Buku arus kas berfungsi sebagai media untuk mencatat keluar masuknya dana secara riil selama satu periode. Pembuatan buku arus kas bertujuan untuk memudahkan kegiatan manajemen dalam proses usaha, investasi dan pendanaan.
Buku Persediaan Barang Dalam pencatatan persediaan barang, terdapat dua cara yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan metode fisik dan  metode perpetual (buku). Dalam metode fisik akan mengharuskan adanya perhitungan barang yang masih tersedia pada tanggal pembuatan laporan. Sedangkan dalam  metode perpetual setiap jenis persediaan dibuat dalam bentuk rekening yang disebut buku pembantu persediaan.
Buku Pembelian Dalam buku ini, pelaku usaha UKM hanya perlu mencatat transaksi pembelian yang masih menjadi tanggungan atau tidak dibayar secara tunai. Pembukuan ini sebaiknya diisi secara teratur sesuai dengan urutan waktu faktur-faktur pembelian.
Buku Penjualan Salah satu hal yang penting dalam membuat laporan keuangan sederhana adalah buku penjualan untuk mencatat penjualan barang yang telah dilakukan dalam periode tertentu. Dalam buku ini biasanya disertai dengan salinan faktur yang telah dibuat. Hal itu bertujuan untuk mencocokkan harga dan potongan atau diskon yang diberikan dalam masing-masing produk.
Buku Biaya Dalam buku biaya anda bisa mencatat biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi dan pemasaran. Biasanya buku ini disebut juga dengan biaya overhead saat produksi seperti membayar karyawan, listrik, sewa tempat usaha, telepon dan lain sebagianya.
Buku Utang Sesuai dengan namanya,  dalam buku ini terdapat laporan utang yang harus dibayarkan dalam masa periode tertentu. Dalam buku warung, biasanya buku ini berisi tentang hutang warung kepada pihak lain.
Buku Piutang Buku piutang berisi tentang laporan pembayaran pihak lain pada usaha anda yang belum terlunasi. Dengan adanya laporan piutang, anda bisa mengetahui sudah berapa lama piutang tersebut dan kapan anda harus menjaganya.
Nah bagi anda pelaku usaha kecil yang masih bingung dalam pembuatan laporan sederhana, anda bisa mempercayakan kepada aplikasi BukuKas. Aplikasi tersebut memberikan berbagai fitur yang menguntungkan untuk pencatatan laporan keuangan anda.
Dengan menggunakan aplikasi, pembuat laporan keuangan sederhana dapat dilakukan dengan lebih mudah dan memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. apalagi anda tidak perlu memperbarui data atau nominal secara manual karena setiap transaksi akan terupdate dengan otomatis setelah anda melakukan perubahan. (ADV)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/pentingnya-laporan-keuangan-sederhana-untuk-usaha-kecil/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Risiko Bisnis Yang Sering Dihadapi Oleh Pebisnis Usaha Kecil Dan Menengah

Risiko Bisnis Yang Sering Dihadapi Oleh Pebisnis Usaha Kecil Dan Menengah

papar berkaitan - pada 14/5/2020 - jumlah : 386 hits
Memiliki usaha sendiri dalam konsep usaha kecil dan menengah pasti menjadi sebuah kebanggan tersendiri apalagi jika bisnisnya berjalan dengan baik serta sesuai harapan mampu memberikan keuntungan yang besar Namun perlu dipahami bahwa memili...
Lirik Lagu Di Pondok Kecil Nadamurni

Lirik Lagu Di Pondok Kecil Nadamurni

papar berkaitan - pada 23/5/2020 - jumlah : 258 hits
Lirik Lagu Di Pondok Kecil NadaMurni dipondok kecil di pantai ombak berbuih putih beralun alun disuatu hari ayah berkata jaga adik mu ayahkan pergi jauh ku pandang wajah ayah dahinya ku cium air mata mengalir hatiku pilu diam diamlah sayang...
5 Kehidupan Anak Anak Kerajaan Dari Berbagai Negara Sejak Kecil Sudah Disiapkan Jadi Pewaris Takhta

5 Kehidupan Anak Anak Kerajaan Dari Berbagai Negara Sejak Kecil Sudah Disiapkan Jadi Pewaris Takhta

papar berkaitan - pada 25/5/2020 - jumlah : 254 hits
Meskipun masih seumur jagung mereka udah diajari banyak hal Nggak heran kalau jadwalnya padat merayap
Anak Jenis Susah Berenggang Sensitif Masa Kecil Selalunya Anak Yang Cerdik

Anak Jenis Susah Berenggang Sensitif Masa Kecil Selalunya Anak Yang Cerdik

papar berkaitan - pada 26/5/2020 - jumlah : 242 hits
Setiap anak dilahirkan dengan memiliki sifat sifat yang unik pada diri anak tersebut sahaja Tidak ada dua anak yang sama dan serupa 100 walaupun seibu dan sebapa Walau anak kembar seiras sekalipun mereka memiliki ciri ciri dan sifat sifat y...
Permohonan Baru Bantuan Khas Hari Raya Aidilfitri Pekebun Kecil Risda 2020

Permohonan Baru Bantuan Khas Hari Raya Aidilfitri Pekebun Kecil Risda 2020

papar berkaitan - pada 27/5/2020 - jumlah : 537 hits
PERMOHONAN BARU BANTUAN KHAS HARI RAYA AIDILFITRI PEKEBUN KECIL RISDA 2020 Bantuan Khas Hari Raya Aidilfitri 2020 Kepada Pekebun Kecil RISDA Berikutan Penularan Wabak Covid 19 Bantuan ini diwujudkan bagi membantu pekebun kecil RISDA yang te...
Kecil Lagi Mana Boleh Tidur Asing Seawal 4 Tahun Anak Dah Berani Tidur Sendiri Sebenarnya

Kecil Lagi Mana Boleh Tidur Asing Seawal 4 Tahun Anak Dah Berani Tidur Sendiri Sebenarnya

papar berkaitan - pada 22/5/2020 - jumlah : 440 hits
Semasa anak masih kecil kebanyakan ibu ayah akan membenarkan mereka untuk tidur sekali bersama kita Sehinggalah mereka sudah besar sedikit baharulah kita melatih mereka untuk tidur dan mempunyai ruang privasi sendiri Sekiranya ibu ayah meng...
Ifa 2020 Akan Berlangsung Tahun Ini Tetapi Pada Skala Lebih Kecil

Ifa 2020 Akan Berlangsung Tahun Ini Tetapi Pada Skala Lebih Kecil

papar berkaitan - pada 20/5/2020 - jumlah : 273 hits
Setiap tahun acara IFA dilangsungkan di Berlin Jerman untuk memperlihatkan inovasi dalam bidang teknologi telekomunikasi televisyen robotik perkomputeran dan banyak lagi Walaupun wabak Covid 19 masih lagi belum berjaya dihapuskan IFA 2020 m...
Beza Temuduga Di Syarikat Kecil

Beza Temuduga Di Syarikat Kecil

papar berkaitan - pada 20/5/2020 - jumlah : 169 hits
Dalam persediaan mencari kerja baru manusia perlu ditemuduga Menunggu giliran untuk ditemuduga amat mencuakkan manusia Betul tak kawan kawan Sekurang kurangnya mereka perlu melalui proses temuduga untuk mendapatkan mana mana kerja Persediaa...
Irma Hasmie Enggan Komen Status Perkahwinan Apa Yang Penting Allah Jaga Hati Fikiran Kami

Salah Besar Kalau Kembali Kepada Quran Dan Sunnah Saja Tambah Ulil Amri

Panduan Dan Cara Atasi Sembelit Bagi Dewasa Kanak Kanak Dan Selepas Bersalin

Tahukah Anda Fasal Bas Dari London Ke Calcutta

Cheah Liek Hou

The Colours Of Life Perkongsian 1 Hari 1 Hadis Allah Membuka Aib Kepada Pembuka Aib

Mcmc S Police Report Against Writer Murray Hunter Is High Handed And Has A Chilling Effect On Freedom Of Speech

Keluarga Berang Terima Kiriman Jenazah Individu Lain



5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Racun Rihanna Slot Samarinda TV3


Papagomo Ditahan Aibkan Agong

Tergamak Petik Al Quran Kaki Fitnah Dipanggil Pejuang Rakyat

Normani S Legs And Feet In Tights 5

Jadwal Puasa Sunnah Mei 2024

Wanita Maut Ditikam 30 Kali Di Sepanyol

Tawas Hilangkan Masalah Air Telaga Berbau