Nu Dan Muhammadiyah Kompak Sholat Tarawih Dan Idul Fitri Di Rumah Saja Halal Bihalal Dihindari


Karena Corona atau Covid-19, sholat tarawih dan Idul Fitri akan dijalankan masing-masing di rumah.
Demikian keputusan yang dibuat dua ormas islam terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).
Pimpinan Pusat (PP) Muhammasiyah dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), kompak mengimbau umat Islam untuk beribadah sholat tarawih dan sholat Idul Fitri dijalankan di rumah masing-masing selama masih ada pandemi corona (Covid-19).
Muhammadiyah resmi menerbitkan surat edaran tentang Tuntunan Ibadah dalam kondisi Darurat Virus Corona (Covid-19), begitu juga PBNU.
Imbauan tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia.
Surat edaran yang bernomor 02/EDR/I.0/E/2020 ditandatangai pada 21 Maret 2020 oleh Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar dan Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Mohammad Mas’udi.
Satu di antara beberapa poin yang tertuang dalam surat edaran itu adalah tak perlu menggelar sholat tarawih berjemaah dan kegiatan lainnya bila virus corona belum mereda.
Muhammadiyah menganjurkan agar sholat tarawih dilakukan di rumah masing-masing.
“Takmir tidak perlu mengadakan sholat berjamaah di masjid, musala, dan sejenisnya, termasuk kegiatan Ramadan yang lain seperti ceramah-ceramah, tadarus berjamaah, iktikaf, dan kegiatan berjamaah lainnya,” isi surat yang telah dikonfirmasi Tribunnews ke PP Muhammadiyah, Sabtu (4/4/2020).
Surat itu juga mengatur terkait Puasa Ramadan tetap dilakukan bagi orang sehat.
Puasa boleh tak dilakukan bagi orang yang sakit dan yang kondisi kekebalan tubuhnya tidak baik. Orang tersebut wajib menggantinya sesuai dengan tuntunan syariat.
Muhammadiyah turut mengatur bahwa puasa dapat ditinggalkan oleh para tenaga medis yang sedang bertugas di tengah wabah corona.
Hal itu bertujuan untuk menjaga kekebalan tubuh para tenaga medis yang sedang bertugas.
“Tenaga kesehatan dapat menggantinya sesuai dengan tuntunan syariat,” kata surat tersebut.
Lebih lanjut surat itu menyatakan sholat Idul Fitri dan seluruh rangkaiannya, baik mudik, pawai takbir, halal bihalal, tidak perlu diselenggarakan bila Covid-19 belum mereda.
“Namun, apabila berdasarkan ketentuan pihak berwenang bahwa Covid-19 sudah mereda dan dapat dilakukan konsentrasi banyak orang, sholat Idul Fitri dan rangkaiannya dapat dilaksanakan dengan tetap memperhatikan petunjuk dan ketentuan yang dikeluarkan pihak berwenang mengenai hal itu,” demikian isi surat tersebut.
Boleh Sendirian
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pun mengimbau umat Islam untuk beribadah sholat tarawih dan sholat Idul Fitri dijalankan di rumah masing-masing selama masih ada pandemi corona (Covid-19).
Imbauan tercantum dalam Surat Edaran bernomor 3953/C.I.034.04.3030 ditandatangai pada 3 April 2020 oleh Rais Aam KH Miftachul Akhyar, Katib Aam KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum KH Said Aqil Siroj, dan Sekretaris Jenderal H A Helmy Faishal Zaini.
Lantas, bagaimana hukum menjalankan sholat Id di rumah menurut Islam?
Ketua Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas mengatakan, alim ulama memperbolehkan sholat Id digelar secara sendiri (munfarid) jika terjadi halangan, ketimbang tidak sholat sama sekali. Seperti saat ini, di tengah wabah Covid-19, mencegah penyakit itu lebih baik.
“Menurut ulama, sholat Id itu boleh dilakukan sendirian (munfarid), bahkan tanpa khotbah,” ujarnya saat dihubungi Tribunnews, Sabtu (4/4).
Robikin Emhas mengatakan, sholat Id hukumnya sunnah sama seperti sholat Jumat yang bisa diganti dengan sholat zuhur di rumah.
Ia mengimbau umat Islam di daerah yang masuk zona merah Covid-19 untuk menaati imbauan PBNU dan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.
“Dalam situasi pandemi Covid-19, jika suatu daerah merupakan zona merah halat Jimat yang wajib saja bisa diganti dengan shalat zuhur di rumah. Nah, sholat tarawih dan shalat Id itu sunnah,” katanya.
Lebih lanjut, Robikin mengatakan sholat Id tetap bisa digelar berjemaah dalam satu keluarga disertai khotbah Idul Fitri.
Jika belum bisa berkhotbah, masih ada waktu untuk belajar.
“Kalau sholat Id di rumah itu dilakukan satu keluarga, diharapkan bisa dilaksanakan secara berjemaah disertai khotbah Idul Fitri. Bagi yang belum biasa khotbah, sekarang masih cukup waktu untuk belajar,” katanya.
Selain itu, PBNU meminta pengurus cabang Nahdlatul Ulama yang belum membentuk gugus tugas NU peduli COVID-19 segera membentuk Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19.
Hal tersebut mengacu pada Surat Edaran dan Protokol COVID-19 yang sudah ditentukan PBNU.
“Kepada seluruh pengurus wilayah Nadlatul Ulama dan pengurus cabang Nadhlatul Ulama yang belum membentuk Gugus tugas Nu-Peduli Covid-19, agar segera membentuk Gugus tugas Penanggulangan Covid-19 dengan memprioritaskan pada bidang kesehatan dan social ekonomi, dengan mengacu pada Surat Edaran dan Protokol Covid-19 yang sudah diterbitkan oleh PBNU,” bunyi edaran tersebut.
Berikut Isi Surat Edaran PBNU Tersebut
Sebagai ikhtiar untuk menahan laju dan memutus mata rantai sebaran Covid-19, sebelumnya PBNU telah menerbitkan Surat Instruksi nomor 3945/C.I34/03/2020 tentang protocol Nu Peduli Covid-19 dan surat Instruksi Nomor 3952/C.I34/03/2020.
Sebagai upaya lanjut, khususnya menyambut dan melaksanakan peribadatan di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, PBNU menyampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Kepada seluruh pengurus wilayah, pengurus cabang, pengurus majelis wakil cabang, pengurus ranting dan pengurus anak ranting, serta lembaga dan Badan Otonom di bawah naungan Nahdlatul melaksanakan peribadatan wajib dan meningkatkan amaliyah, berupaya taqorrub kepada Allah SWT dengan memperbanyak amalan Sunnah, seperti shodaqoh, membaca Al-Quran, mujahad, menjalankan do’a untuk para leluhur, serta berbagai amaliyah dan ibadah lainnya, termasuk menjalankan shalat tarawih selama bulan Ramadhan dan shalat Idul Fitri selama Pandemi Covid-19 di rumah masing-masing atau sesuai protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan Pemerintah daerah masing-masing.
2. Kepada seluruh pengurus wilayah Nahdlatul Ulama dan pengurus cabang Nahdlatul Ulama yang belum membentuk Gugus tugas Nu-Peduli Covid-19, agar segera membentuk Gugus tugas Penanggulan Covid-19 dengan memprioritaskan pada bidang kesehatan dan sosial ekonomi, dengan mengacu pada Surat Edaran dan Protokol Covid-19 yang sudah diterbitkan oleh PBNU. Gugus Tugas Nu-Peduli Covid-19 bisa dikembangkan ke tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama atau dengan membentuk Relawan-relawan Nu tentang NU-Peduli Covid-19, silakan hubungi Call Center Nu-Peduli Covid-19 : +6281389798679 melalui Telegram dan WhatsApp dan ikuti Official Account. Instagram @nupedulicovid19, twitter @nupedulicovid19, Facebook: @nupedulicovid19.
3. Kepada seluruh umat Islam pada umumnya dan warga Nahdlatul Ulama pada khususnya agar terus memperkuat tali silaturahim dan hubungan sosial antar sesama dalam momentum hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah, dengan tetap mengacu pada ketentuan dan kebijakan pembatasan social (Social distancing) dan menjaga jarak fisik (Pshycial distancing) yang ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah masing-masing.
4. Kepada seluruh warga Nahdliyin agar senantiasa mentaati keputusan, kebijakan dan himbauan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mengenai mudik lebaran.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/nu-dan-muhammadiyah-kompak-sholat-tarawih-dan-idul-fitri-di-rumah-saja-halal-bihalal-dihindari/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Muhammadiyah Akan Tiadakan Tarawih Dan Sholat Idul Fitri Jika Corona Tak Hilang Hingga Ramadhan

Muhammadiyah Akan Tiadakan Tarawih Dan Sholat Idul Fitri Jika Corona Tak Hilang Hingga Ramadhan

papar berkaitan - pada 31/3/2020 - jumlah : 161 hits
Surat edaran yang berhubungan dengan pandemi Virus Corona sudah dikeluarkan oleh Organisasi Islam Muhammadiyah Dalam surat edaran itu tertulis apabila wabah Virus Corona belum reda maka salat tarawih dan salat Idulfitri akan ditiadakan Hal ...
Surat Edaran Menag Sholat Tarawih Di Rumah Sholat Id Ditiadakan

Surat Edaran Menag Sholat Tarawih Di Rumah Sholat Id Ditiadakan

papar berkaitan - pada 7/4/2020 - jumlah : 132 hits
Menteri Agama Fachrul Razi menerbitkan Surat Edaran terkait Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H di tengah Pandemi wabah corona Razi menilai umat Islam diperkirakan akan menjalani ibadah puasa dalam suasana berbeda tahun ini...
Anda Di Rumah Saja Wahana Siapkan Home Service Motor Honda

Anda Di Rumah Saja Wahana Siapkan Home Service Motor Honda

papar berkaitan - pada 2/4/2020 - jumlah : 116 hits
Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang PT Wahana Makmur Sejati menjalankan program AHASS Home Service untuk konsumen setia Honda di Jakarta dan Tangerang Program ini untuk mendukung kebijakan kamudriumahsaja menyusul pandemik Covi...
Hadis Rasulullah Yang Menganjurkan Di Rumah Saja Saat Wabah

Hadis Rasulullah Yang Menganjurkan Di Rumah Saja Saat Wabah

papar berkaitan - pada 26/3/2020 - jumlah : 206 hits
Dalam kondisi darurat seperti situasi di tengah pandemi Corona saat ini banyak orang yang berbeda sikap Ada orang yang terlalu fatalis menganggap bahwa semua yang terjadi atas izin Allah Sehingga ia tetap beraktifitas seperti biasa tidak me...
Berikut Ini Hadis Rasulullah Yang Menganjurkan Di Rumah Saja Saat Wabah

Berikut Ini Hadis Rasulullah Yang Menganjurkan Di Rumah Saja Saat Wabah

papar berkaitan - pada 26/3/2020 - jumlah : 156 hits
Dalam kondisi darurat seperti situasi di tengah pandemi Corona saat ini banyak orang yang berbeda sikap Ada orang yang terlalu fatalis menganggap bahwa semua yang terjadi atas izin Allah Sehingga ia tetap beraktifitas seperti biasa tidak me...
Ayam Salted Egg 7 Resepi Masakan Cina Mudah Dijamin Halal Untuk Anda Cuba Di Rumah

Ayam Salted Egg 7 Resepi Masakan Cina Mudah Dijamin Halal Untuk Anda Cuba Di Rumah

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 482 hits
Jom hasilkan 8 resepi hidangan Cina yang lazat dan ringkas ini small Cover image via Seismik Makan small 1 Chicken Dumplings Untuk resepi yang mudah anda wajib sekali mencuba resepi Chicken Dumplings ini Anda hanya perlu menyediakan inti da...
Cara Solat Tarawih Di Rumah

Cara Solat Tarawih Di Rumah

papar berkaitan - pada 11/4/2020 - jumlah : 608 hits
ByCARA SOLAT TARAWIH DI RUMAHUntuk SekeluargaSilakan Share untuk rujukan anda dan keluarga Solat Tarawih bererti solat dengan rasa senang ringan dan kelapangan hati selepas siap solat fardhu Isya dalam bulan ramadhan Mudahnya nak beribadah ...
Pemerintah Alihkan Cuti Bersama Idul Fitri Ke Desember

Pemerintah Alihkan Cuti Bersama Idul Fitri Ke Desember

papar berkaitan - pada 10/4/2020 - jumlah : 152 hits
Pemerintah mengalihkan cuti bersama Idul Fitri menjadi tanggal 28 31 Desember 2020 sebagai antisipasi mudik Lebaran untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona baru Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebud...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

My Duty Role As Src Director Only Existed In Name Shahrol Tells Court

Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Taman Tema Genting Highland

Di Masjid Muhammadiyah Nurul Yakin Paus Quran Dan Sains By Dr Hm Raki

Tuah Adzmi Zack Zakwan Adikkk Muna Shahirah Wani Syaz Nurul Iman Ya Raya Chord

Neoclassical Apartments Interior Decor Inspirations



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Tadabbur Surah Surah Lazim Qarin Persiapan Mencari Lailatulqadar

Singo Pear Manfaat Pada Kesihatan Dan Petua Redakan Batuk

10 Malam Akhir Ramadan 2024 Kelebihan Tarikh Amalan Sunat

Cara Daftar Lalamove Online Driver Motor Dan Kereta

Hablun Minallah By Dr Hm Rakib S H M Ag Nurul Ikhlas Pekanbaru

Doa Agar Amalan Diiterima Allah Sepanjang Bulan Ramadan