Nampak Duri Buang Bukan Campak Duri Biar Orang Pijak 10045



TS mbakendutSelain Corona, Ini 4 Wabah Mematikan yang Pernah Menggegerkan Dunia!
SumberSaat ini, corona atau lebih bekennya disebut covid-19 telah ditetapkan sebagai pandemi global dan mendapat perhatian penuh dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Masyarakat dunia pun dibuat resah bahkan panik karena virus satu ini.
Covid-19 telah memakan ratusan korban di seluruh dunia sejak kemunculannya pertama kali di Wuhan, China pada Desember 2019. Virus ini telah menyebar di 160 negara termasuk Indonesia dengan jumlah kasus infeksi mencapai 378.287 kasus. Total 16.467 meninggal dunia dan 100.958 pasien dinyatakan sembuh. Di Indonesia sendiri, jumlah kasus sudah mencapai 790 kasus, sekitar 31 orang dinyatakan sembuh dan 56 orang meninggal dunia.
Mengerikan, tentu saja. Kematian massal akibat virus bukanlah hal yang wajar meski sebenarnya, beberapa tahun sebelumnya bahkan beberapa abad sebelumnya, dunia telah mengenal wabah yang lebih mengerikan daripada corona. Bahkan ada yang sampai membunuh setengah populasi manusia di Eropa.
Berikut ane udah rangkum empat wabah mematikan sebelum corona yang mungkin belum Agan dan Sista ketahui.
1. Flu BabiSumberFlu babi adalah jenis penyakit flu yang disebabkan oleh virus H1N1. Kenapa disebut flu babi? Ya, karena gen virus yang dibawanya mirip dengan virus flu yang menyerang babi.
Flu babi termasuk penyakit yang dapat ditularkan dari orang ke orang melalui cairan bersin yang dapat mencemari tangan. Flu yang menggegerkan dunia antara 2009-2010 ini setidaknya telah menewaskan 575.400 orang di seluruh dunia.
Oleh WHO, flu babi sempat ditetapkan sebagai pandemi global hingga pada akhirnya ilmuwan berhasil menemukan vaksin untuk flu ini.
2. Wabah EbolaSumberWabah ebola atau virus ebola adalah wabah yang melanda daerah Afrika Barat. Virus ini diyakini berasal dari hewan liar yang menular ke manusia. Hewan yang dianggap sebagai inang alaminya adalah kelelawar madu, mirip dengan dugaan asal muasal virus corona. Virus ebola sangat menular dan memiliki tingkat kematian rata-rata sekitar 50%.
Hingga 2014, wabah ini telah menewaskan banyak orang, WHO mencatat sebanyak 13.567 kasus ebola. Terdapat 3 negara yang terjangkit kasus terbanyak, yakni Liberia, Sierra Lione, dan Guinea.
Penanganan untuk virus ebola terbilang sangat lambat dan menyedihkan, mengingat bantuan dari negara lain sangat kurang dan peralatan medis yang kurang memadai.
3. Flu SpanyolSumberMeski dinamakan flu Spanyol, nyatanya penyakit influenza yang muncul pada awal 1918 ini pertama kali memakan korban di Amerika, dan Perancis yang tercatat sebagai negara dengan jumlah kasus terbanyak saat itu.
Tak beda jauh dengan wabah lainnya, penyakit ini juga menular melalui udara dan menjangkau wilayah yang luas membuat jumlah korban yang lebih tinggi. Dikutip dari historia.id, dalam kurun waktu Maret 1918-September 1919, flu Spanyol merenggut sekitar dua persen populasi dunia yang saat itu berkisar 1,7 miliar orang. Termasuk Indonesia yang mencatat angka kematian 1,5 juta orang.
4. Wabah Hitam (The Black Death)SumberWabah yang disebut paling mengerikan sepanjang sejarah ini setidaknya telah membunuh 60 persen populasi Eropa. Nama The Black Death diambil dari gejala yang dialami korban, yakni kulit menghitam di bagian tangan, jari kaki, dan ujung hidung. Kehitaman itu muncul akibat adanya jaringan yang mati.
Wabah yang lebih sering disebut pes oleh masyarakat Indonesia ini disebabkan oleh bakteri yersetia pestis dari kutu tikus hitam dan perantara hewan lain seperti lalat. Puncak wabah terjadi di Inggris tepatnya di London. Dikutip dari tirto.id, dalam kurun waktu 18 bulan, diperkirakan 100 ribu warga London meninggal dari total 460 ribu populasi.
Diketahui, wabah pes atau Black Death ini terjadi selama 2 tahap. Gelombang pertama melanda seantero Eropa pada abad ke-14 (1347-1351) dan gelombang kedua di Inggris 1665.
Itulah empat wabah mengerikan yang pernah terjadi di dunia, bahkan mungkin masih memakan korban sampai sekarang, seperti flu babi dan ebola. Tak ada yang bisa memprediksi wabah apa saja yang akan muncul lagi beberapa tahun setelah wabah corona ini. Hal yang harus kita lakukan ialah survive dari sekarang dan tingkatkan keimanan.
Referensi : historia.id, wikipedia, halodoc, mediaindonesia, tirto.idSumber: Selain Corona, Ini 4 Wabah Mematikan yang Pernah Mengegerkan Dunia! | KASKUS

Sang Pemungut Duri
Keutamaan Memungut Duri, Kisah Seorang Pemungut Duri yang Menyebabkan Ia Masuk Surga.
 Jangan Meyambung Dua Shalat Sampai Berbicara / Keluar Kebaikan Adalah Sesuatu yang Membuat Hati Tenang [Hadits] 3 Hal yang Menyelamatkan
SANG PEMUNGUT DURIAl-Ustadz Abu Hisyam Sufyan Alwi حفظه الله تعالى
Allah سبحانه وتعالى memang telah memerintahkan manusia untuk beribadah kepada-Nya. Maka harus diperhatikan, ketika beribadah kepada Allah, seseorang mesti senantiasa mengawasi amal ibadahnya agar benar-benar diterima oleh Allah سبحانه وتعالى. Dua pokok agar amalan diterima dan dianggap oleh Allah Subhanallahu Wa Ta'ala pun selalu ia camkan. la pun usahakan keberadaan keduanya. Dua hal itu ialah ikhlas dan mutaba’ah.
Ikhlas artinya amal shalih itu benar-benar lillahi ta'ala, bukan niatan yang lainnya. Sementara mutaba'ah, artinya mengikuti dan mencontoh jalan, aturan, dan tata cara yang telah digariskan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Dua hal inilah yang harus selalu ia perhatikan dalam beramal shalih.
Kemudian berusaha pula untuk menyempurnakan amal shalih. Di antaranya adalah dengan menjaga kelestarian amalan shalih tersebut. Apalagi, amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang bisa dijaga keberlangsungannya. Walaupun amalan tersebut terlihat kecil dan mudah.
Harapannya, ketika menghadap Allah nanti, ia bisa memohon, "Ya AIIah, inilah amal shalihku yang aku Iakukan untuk-Mu sepanjang hidupku. Terimalah dariku, dan ampunilah aku karenanya."
Rasululllah shallallahu alaihi wasallam pernah mengabarkan bahwa, "Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang paling bisa dijaga keberIangsungannya walaupun itu amalan yang paling sedikit." [Muttafaqun 'Alaihi dari shahabat 'Aisyah رضي الله عنها].

Jalan kebaikan, amal shalih memang sangatlah banyak dan beragam. Seorang muslim, semakin bertambah ilmu, maka akan semakin jelas dan nampak pula baginya jalan-jalan itu. Yang jika ia perhatikan secara mendaIam, ternyata banyak sekali jalan-jalan kebaikan yang belum mampu ia lalui.

Benar, ilmu merupakan pokok dan asal dari semua amal shalih. Ketika demikian adanya, maka setiap muslim harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, untuk selanjutnya ia amalkan. lnilah tujuannya dalam menuntut ilmu. Bukan sekedar memperkaya wawasan ilmunya, namun miskin dari amal.

Jangan pernah menganggap remeh sekecil apapun bentuk amalan ibadah. Ingat, bahwa kebaikan sekecil apapun, jika dilakukan ikhlas lillahi ta‘ala, pastilah akan dicatat dan diperhitungkan oleh Allah سبحانه وتعالى. Sebaliknya, satu keburukan dan dosa, sekecil apapun itu, juga dicatat oleh Allah سبحانه وتعالى. Hanya saja, satu kebaikan akan dilipatgandakan sebanyak-banyaknya oleh Allah سبحانه وتعالى.

Sesuai dengan keutaaman dan kemurahan-Nya. Sementara, keburukan hanyalah ditulis sesuai kadar keburukan tersebut. Tidak ditambah apalagi dilipatgandakan. Maka, kerugian yang teramat besar ketika ternyata, keburukan yang hanya ditulis “satu demi satu", bisa mengalahkan kebaikan yang akan terus dilipat gandakan oleh Allah سبحانه وتعالى.

Apalagi, sekecil apapun sebuah amalan, nilainya akan besar dan semakin bertambah besar sesuai dengan keikhlasannya. Sebagaimana amalan yang besar, berat, dan membutuhkan banyak pengorbanan, bahkan mempertaruhkan nyawa, tetap tidak teranggap dan bahkan tertolak jika dilakukan karena selain Allah, tidak ikhlas lillahi ta‘ala.
"Barang siapa yang bertekad melakukan suatu kebaikan, akan tetapi ia belum mampu melakukannya, maka dituliskan baginya satu kebaikan. Dan jika kemudian ia mampu melakukannya, maka Allah menulisnya menjadi 10 kebaikan, hingga 700 kebaikan, bahkan hingga kebaikan yang berlipat-lipat sangat banyak." [Muttafaqun 'Alaihi dari shahabat Ibnu ‘Abbas رضي الله عنهما].
Kisah seorang pelacur yang masuk surga "hanya" karena memberi minum seekor anjing yang kehausan adalah salah satu kisah yang membuktikan apa yang kita sebutkan.

Nah, di sana terdapat kisah lain yang pernah diceritakan oIeh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Sebuah kisah yang semakin menjelaskan dan menerangkan betapa besar kemuliaan dan rahmat Allah سبحانه وتعالى.

Dia سبحانه وتعالى selalu menghitung dan tidak pernah menyepelekan apapun yang diamalkan oleh hamba-Nya.

Al Imam Al Bukhari dan Al Imam Muslim meriwayatkan dari shahabat Abu Hurairah رضي الله عنه bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bercerita:
بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِي بِطَرِيقٍ وَجَدَ غُصْنَ شَوْكٍ عَلَى الطَّرِيقِ فَأَخَّرَهُ فَشَكَرَاللهُ لَهُ فَغَفَرَ لَهُ
"Suatu ketika ada seseorang yang sedang berjalan melewati sebuah jalan. Ternyata ia mendapati ranting pohon yang penuh duri tergeletak di tengah jalan. Maka ia pun mengambilnya dan menyingkirkannya dari jalan tersebut. Ternyata, dengan sebab perbuatannya ini, Allah benar-benar mensyukurinya. Dan kemudian Allah pun mengampuninya."

Dalam lafazh Al Imam Muslim yang lain:
لَقَدْ رَأَيْتُ رَجُلًا يَتَقَلَّبُ فِي الْجَنَّةِ فِي شَجَرَةٍ قَطَعَهَامِنْ ظَهْرِ الطَّرِيقِ كَانَتْ تُؤْذِي النَّاسَ
"Sungguh aku pernah menjumpai seseorang yang berlalu lalang di dalam surga. Itu disebabkan karena sebatang pohon di tengah jalan yang ia singkirkan darinya, karena mengganggu kaum manusia."

Dalam lafazh AI Imam Muslim yang lain:
مَرَّ رَجُلٌ بِغُصْنِ شَجَرَةٍ عَلَى ظَهْرِ طَرِيقٍ فَقَالَ وَاللهِ لَأُنَحِّيَنَّ ھَذَا عَنْ الْمُسْلِمِينَ لَا يُؤْذِيهِمْ فَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ 
"Seseorang melewati dan menjumpai ranting pohon di tengah jalan. Maka ia pun berkata, ’Demi Allah, aku harus menyingkirkan benda ini agar tidak mengganggu perjalanan kaum muslimin. 'Maka Allah pun kemudian memasukkannya ke dalam surga."

Adapun dalam lafazh Al Imam Abu Dawud:
نَزَعَ رَجُلٌ لَمْ يَعْمَلْ خَيْرًا قَطُّ غُصْنَ شَوْكٍ عَنْ الطَّرِيقِ إِمَّاكَانَ فِي شَجَرَةٍ فَقَطَعَهُ وَأَلْقَاهُ وَإِمَّا كَانَ مَوْضُوعًا فَأَمَاطَهُ فَشَكَرَاللهُ لَهُ بِهـا فَأَدْ خَلَهُ الجَنَّةَ
"Ada seseorang yang tidak pernah berbuat kebaikan sedikit pun, (kecuali) menyingkirkan ranting penuh duri. Apakah ranting itu ada di pohon yang kemudian ia menebangnya, atau ranting itu tergeletak di tengah jalan, kemudian ia pun menyingkirkannya. Dengan perbuatan ini, Allah mensyukurinya dan Allah masukkan dia ke dalam surga.”

Allahu Akbar! Kisah yang menakjubkan. Suatu kisah, yang di antara faedah besarnya bahwa tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak bersemangat beramal shalih. Bagaimana tidak? Allah, Dzat Yang Maha mensyukuri sekecil apapun kebajikan hamba-Nya. Yang selalu menganggap dan menghargai nilai apapun yang dilakukan untuk-Nya.

Allah سبحانه وتعالى berfirman yang artinya, "Barang siapa beramal shalih walapun sebesar semut yang kecil, ia pasti akan melihatnya." [Q.S. Az Zalzalah: 6]. Ya, ia akan melihat amalan tersebut serta balasannya. Karena AIIah سبحانه وتعالى akan mencatat, menyimpannya, dan mengembangkannya. Dalam ayat yang lain:
إِنَّ اللَّهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ ۖ وَإِنْ تَكُ حَسَنَةً يُضَاعِفْهَا وَيُؤْتِ مِنْ لَدُنْهُ أَجْرًا عَظِيمًا  
“Dan sungguh, Allah tidak akan menzalimi hamba-Nya walaupun seberat semut kecil. Jika itu merupakan kebaikan, Dia akan melipatgandakannya, dan memberinya dari sisi-Nya pahala yang besar.” [Q.S. An Nisa: 40].

Benar, di antara Nama Allah adalah Asy Syakur. Asy Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa'di رحمه الله menjelaskan artinya adalah, Allah adalah Dzat yang pasti selalu menerima apapun amalan shalih hamba-hamba-Nya. Walaupun sedikit dan kecil. Allah سبحانه وتعالى pun juga akan membalasinya dengan pahala yang banyak.

Hadits di atas juga menyadarkan kita untuk tidak meremehkan sekecil apapun yang amal shalih yang dilakukan. Baik oleh diri kita sendiri ataupun orang lain. Ternyata sedikit kebaikan pun bisa memasukkan pelakunya ke dalam surga, dengan izin Allah. Sebagaimana kita pun tidak boleh meremehkan sekecil apapun perbuatan dosa. Karena, nyatanya ia pun bisa menarik dan memasukkan pelakunya ke dalam neraka, dengan izin Allah.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sendiri pernah mengingatkan istri beliau, yang tentunya tertuju pula kepada kita semuanya, dalam hadits beliau yang artinya, "Wahai Aisyah, waspadalah kamu dari dosa-dosa yang diremehkan. Sesungguhnya dosa-dosa itu akan dituntut oleh Allah." [H.R. Ad Darimi, Ibnu Majah, dan lainnya. Lihat Ash Shahihah hadits no: 2371].

Faedah lain yang dapat kita petik, bahwa dengan pahala yang sedikit, terkadang karenanya Allah pun mengampuni dosa yang teramat banyak yang dimiliki oleh seorang hamba. [Syarah Shahih Bukhari Ibnul Baththal: 6/600]

Hadits di atas juga memberikan kepada kita suatu ilmu, bahwa surga, tempat tujuan akhir, telah ada dan sudah diciptakan oleh Allah. Seperti yang Rasulullah shallallahu alaihi wasallam beritakan dalam hadits di atas. Beliau melihat orang yang mondar-mandir di dalam surga, karena amalan kecil yang ia lakukan. Keyakinan bahwa surga telah ada adalah keyakinan benar yang sesuai dengan dalil Al Qur'an, As Sunnah, dan kesepakatan para ulama Islam.

Hal lain yang harus dipahami, bahwa ketika menyingkirkan gangguan yang nampak dari jalan memiliki keutamaan yang sangat besar, seperti duri sebagaimana dalam hadits, maka menyingkirkan berbagai gangguan yang tak terlihat, seperti gangguan fitnah (godaan nafsu) dan syubuhat (kerancuan dalam memahami agama) yang berusaha menghalangi dan membelokkan kaum muslimin dari jalan-Nya yang lurus, tentunya memiliki keutamaan yang lebih agung.

Inilah tugas para pewaris para nabi, para ulama, yang dengan gigihnya membantah berbagai kesesatan dalam berakidah dan beribadah. Para ulama membela agama ini dengan lisan dan pena-pena mereka. Dengan sebab amalan merekalah, Allah jadikan, jalan-Nya semakin terang benderang. [Syarah Riyadus Shalihin Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al 'Utsaimin, 1/145].

Hadits di atas juga menerangkan bahwa menyingkirkan gangguan dari jalan yang dilalui kaum muslimin termasuk kebajikan yang bisa menghapus dosa dan kesalahan. Bahkan, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah menyebutkan, bahwa hal ini termasuk dari cabang keimanan. Beliau shallallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya,

“Iman itu ada lebih dari 70 cabang. Yang paling tinggi adalah mengucapkan la ilaha illallah, dan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan." [H.R. Muslim].

Akhirnya, kita senantiasa memohon kepada Allah سبحانه وتعالى, agar selalu memberi taufik kepada kita untuk bisa beramal shalih, di mana pun kita berada sesuai dengan apa yang kita mampui. Allahumma waffiqna likulli khairin wajnubna min kulli syarrin. 
Aamiin. Wallahu a’lam.Sumber || Majalah Qudwah Edisi 08 || t.me/majalah_qudwahSumber:Sang Pemungut Duri

Thursday, March 26, 2020
AIKKKK....DAH DIBOLEHKANKAH?
Posted by AMIR Wartawan Rasmi LR at Thursday, March 26, 2020
Sumber: WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI: AIKKKK....DAH DIBOLEHKANKAH?
Thursday, March 26, 2020SENARAI PENDERMA JAP ZAINOLni semua salah DAP.
Aku yakin RBA edit nama-nama ni semua pastu letak nama-nama cina. Masuk akal korang ke Tengku Adnan yang duit belanja sahaja RM2 juta takde dalam senarai? Tun Taib yang dari zaman dia jadi KM dulu lagi satu-satunya pemimpin yang guna kereta Rolls Royce takde dalam senarai?
Najib yang dalam bilik tidur sahaja ada simpanan lebih RM1 billion juga takde dalam senarai? Nampak sangat DAP ni cemburu dekat melayu sampai edit keluar nama melayu letak nama cina.
Weyy...cina mana pernah tolong Malaysia.Apa lagi cina mau? Balik pergi China la wey kalau cina tak nak tolong Malaysia. Ini semua salah DAPPosted by AMIR Wartawan Rasmi LR at Thursday, March 26, 2020Sumber: WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI: SENARAI PENDERMADaftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:Surat Al Fatihah (Pembukaan)Surat Al Baqarah (Sapi Betina)Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)Surat An Nisa' (Wanita)Surat Al Ma'idah (Hidangan)Surat Al An'am (Binatang Ternak)Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)Surat Al Anfal (Rampasan Perang)Surat At Taubah (Pengampunan)Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)Surat Hud (Nabi Huud A.S.)Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)Surat Ar Ra'd (Guruh)Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)Surat An Nahl (Lebah)Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)Surat Al Kahfi (Gua)Surat Maryam (Maryam)Surat Thaha (Thaahaa)Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)Surat Al Hajj (Ibadah Haji)Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)Surat An Nur (Cahaya)Surat Al Furqaan (Pembeda)Surat Asy Syu'ara' (Penyair)Surat An Naml (Semut)Surat Al Qashash (Cerita)Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)Surat Luqman (Luqman)Surat As Sajdah ((Sujud)Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)Surat Saba' (Kaum Saba')Surat Fathir (Pencipta)Surat YaasiinSurat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)Surat ShaadSurat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)Surat Asy Syuura (Musyawarah)Surat Az Zukhruf (Perhiasan)Surat Ad Dukhaan (Kabut)Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)Surat Al Fath (Kemenangan)Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)Surat QaafSurat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)Surat Ath Thuur (Bukit)Surat An Najm (Bintang)Surat Al Qamar (Bulan)Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)Surat Al Hadid (Besi)Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)Surat Al Hasyr (Pengusiran)Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)Surat Ash Shaff (Barisan)Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)Surat Ath Thalaaq (Talak)Surat At Tahrim (Mengharamkan)Surat Al Mulk (Kerajaan)Surat Al Qalam (Pena)Surat Al Haqqah (Kiamat)Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)Surat Al Jin (Jin)Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)Surat Al Insaan (Manusia)Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)Surat An Naba´ (Berita Besar)Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)Surat 'Abasa (Bermuka Masam)Surat At Takwir (Menggulung)Surat Al Infithar (Terbelah)Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)Surat Al Fajr (Fajar)Surat Al Balad (Negeri)Surat Asy Syams (Matahari)Surat Al Lail (Malam)Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)Surat At Tiin (Buah Tin)Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)Surat Al Qadr (Kemuliaan)Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)Surat Al Zalzalah (Goncangan)Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)Surat Al 'Ashr (Masa)Surat Al Humazah (Pengumpat)Surat Al Fiil (Gajah)Surat Quraisy (Suku Quraisy)Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)Surat An Nashr (Pertolongan)Surat Al Lahab (Gejolak Api)Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)Surat Al Falaq (Waktu Subuh)Surat An Naas (Manusia)... 



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://peceq.blogspot.com/2020/03/nampak-duri-buang-bukan-campak-duri.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Jangan Asal Ini Cara Milih Baju Buat Ootd Outdoor Biar Fotomu Makin Berkelas

Jangan Asal Ini Cara Milih Baju Buat Ootd Outdoor Biar Fotomu Makin Berkelas

papar berkaitan - pada 28/3/2020 - jumlah : 45 hits
Foto foto iseng dengan baju baju kesukaan memang selalu menyenangkan Terutama kalau tujuannya buat di upload ke Instagram
Pegipegi Bagi Tips Seru Biar Nggak Bosen Dirumahaja Bisa Dicoba Buat Traveler Yang Liburannya Tertunda

Pegipegi Bagi Tips Seru Biar Nggak Bosen Dirumahaja Bisa Dicoba Buat Traveler Yang Liburannya Tertunda

papar berkaitan - pada 27/3/2020 - jumlah : 46 hits
Liburan tertunda nggak apa kok kamu malah punya waktu luang lebih banyak buat merencanakannya agar berjalan lancar
Berdasarkan Penelitian Ini Gejala Gejala Umum Covid 19 Yang Patut Diwaspadai Pahami Biar Bisa Ambil Langkah

Berdasarkan Penelitian Ini Gejala Gejala Umum Covid 19 Yang Patut Diwaspadai Pahami Biar Bisa Ambil Langkah

papar berkaitan - pada 28/3/2020 - jumlah : 47 hits
Hati hati soalnya ada pasien positif yang tanpa gejala Bukan nakut nakutin cuma biar kamu bisa lebih mawas diri kok
Tips Membeli Mobil Lelang Biar Tidak Tertipu

Tips Membeli Mobil Lelang Biar Tidak Tertipu

papar berkaitan - pada 28/3/2020 - jumlah : 37 hits
Membeli mobil lelang bukanlah sesuatu yang buruk Yah meskipun membeli mobil lelang berarti membeli mobil bekas Namun jika kita paham caranya maka bisa jadi kita akan mendapatkan mobil bekas tanpa takut akan tertipu Saat ini membeli mobil le...
8 Gerakan Bisa Dilakukan Di Rumah Biar Badan Tetap Fit Patut Dicoba

8 Gerakan Bisa Dilakukan Di Rumah Biar Badan Tetap Fit Patut Dicoba

papar berkaitan - pada 31/3/2020 - jumlah : 46 hits
Imbauan Pemerintah mengindikasikan bahwa seluruh rutinitas masyarakat dialihkan dan dikerjakan dari rumah Hal tersebut berarti bahwa Anda akan menghabiskan waktu lebih banyak di rumah daripada biasanya Namun Anda tetap harus menjaga kebugar...
Trik Main Slot Game Agar Menang Biar Rekening Banyak Uang Jackpot

Trik Main Slot Game Agar Menang Biar Rekening Banyak Uang Jackpot

papar berkaitan - pada 31/3/2020 - jumlah : 69 hits
Untuk mudah judi slot paling penting bermainlah pada layanan yang terbukti kualitasnya dan semua mesin slot Dewa303 menyediakan layanan bermain judi slot cepat jika anda sukses temukan pola permainan dengan begitu baik Sebab tidak akan pern...
Pelakon The Flash Meninggal Dunia Pada Usia 16 Tahun

Doktor Dedah Kelebihan Nanas Makan Setiap Hari

Pisang Goreng Rangup Yang Nostalgia

Obat Herbal Untuk Corona Itu Ada Di Sekitar Kita

Pak Lebai Kaki Putaq

Kerajaan Ph Sepatutnya Disaman

Aip Sinki Tercabut Cuba Pelekat Kuat Flex Tape Waterproof

Cara Meneruskan Pembayaran Loan Kereta Musim Covic 19



Kenali Pangkat Pangkat Dalam Polis DiRaja Malaysia PDRM

Kenali 14 Rakyat Malaysia Yang Diiktiraf Forbes 30 Under 30 Asia 2020

3 Jenis Wabak Bakteria Yang Mampu Menyerang Seluruh Tamadun Manusia

Biodata Usahawan Vivy Yusof Isteri Fadza Anuar

Mengapa Doktor Zaman Dahulu Pakai Topeng Berparuh Burung


Resepi Oat Insaf

Sarapan Popia Sayur Dan Karipap Segera

Bil Tnb Anggaran Semasa Tempoh Pkp Diskaun Dalam Pakej Prihatin 2020

Lelaki Melayu Ini Sudah Lama Dikenali Pemimpin Arab

Hiburan Tak Ambil Kisah Isu Bantuan Artis Fazura Sumbang Dana Untuk Kerja Amal Zarina Anjoulie

Ppbm Dibubar Sementara Kp Ros