Menkes Dan Jokowi Bahas Siasat China Dan India Atasi Pandemi




Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengungkap pembahasan dalam rapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan gubernur di lima provinsi terkait pencegahan penularan virus corona (SARS-CoV-2) di Indonesia yang digelar Rabu (3/2) kemarin.


Dalam rapat tersebut, menurut Budi, presiden dan kepala daerah berdiskusi di antaranya ihwal penanganan pandemi berbagai daerah di Indonesia juga di negara lain. Termasuk di antaranya China dan India.


"Kita bertukar pengalaman, melihat bagaimana China bisa mengatasi pandemi ini, India bisa mengatasi pandemi," kata Budi dalam keterangan pers yang disiarkan melalui akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, Kamis (4/2).


Diketahui China merupakan negara pertama yang mengumumkan infeksi virus corona pada pengujung 2019 dan 2020 awal. Salah satu kota di negara itu, Wuhan disebut-sebut sebagai lokasi pertama merebaknya virus penyebab Covid-19 tersebut.


 


Berbulan kemudian virus itu menjangkiti puluhan negara lain, termasuk Indonesia. Kasus pertama di Tanah Air diumumkan pada awal Maret 2020.


Adapun India, adalah negara dengan populasi berkali lipat lebih besar dibanding Indonesia yakni 1.387.975.211 orang. Negara yang kerap menduduki posisi teratas tingkat penularan Covid-19 tersebut kini kasus aktifnya berangsur melandai.


Bahkan Indonesia sempat lebih tinggi dengan 175.095 kasus aktif sedangkan India mencatatkan 169..654 kasus aktif data Worldmeter per Minggu (31/1) lalu.


Tak hanya India dan China, Budi menuturkan bahwa rapat juga sempat membahas langkah-langkah yang ditempuh sejumlah daerah di Indonesia dalam menangani pandemi.


Hasilnya, lanjut dia, disimpulkan bahwa menekan laju penularan virus adalah hal yang mutlak dilakukan dalam penanganan pandemi. Sehingga langkah lain bisa lebih matang dipersiapkan.


"Bisa mempersiapkan dengan lebih baik sarana kesehatan yang ada, agar seluruh Rumah Sakit kita juga tidak terlalu terbebani, dan juga kita bisa menyiapkan diri dengan program vaksinasi," sambung Budi.


Itu sebab menurut Budi, misi utama saat ini dalam menghadapi pandemi Covid-19 adalah mengurangi laju penularan.


Dari hasil diskusi bersama Jokowi dan lima gubernur pun kata Budi, ditemukan bahwa sebenarnya program-program yang berjalan di berbagai daerah dianggap sudah tepat mengatasi persoalan wabah.


"Banyak program yang sudah dilakukan seperti 'jogo tonggo', program Kampung tangguh, program Desa Siaga, yang dilakukan teman-teman di Kabupaten Kodya dan di desa-desa di provinsi-provinsi sangat tepat untuk menjawab bagaimana kita mengatasi pandemi ini dengan mengurangi laju penularan virus ini," kata dia.


Budi menambahkan, pencegahan skala mikro atau di level komunitas bisa jadi jawaban untuk membendung lonjakan kasus Covid-19.


"Tindakan, langkah-langkah, program yang sifatnya mikro di level terkecil di komunitas terkecil di lingkungan keluarga, di lingkungan warga dan tetangga-tetangganya adalah inisiatif penanganan pandemi yang sangat baik," kata dia.


"Dan sangat tepat yang bisa menyeimbangkan antara perbaikan sektor kesehatan dengan mengurangi laju kecepatan penularan dan juga menjaga bagaimana masyarakat masih bisa hidupnya berjalan normal," jelas Budi lagi. 


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2021/02/menkes-dan-jokowi-bahas-siasat-china.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kasus Covid 19 Tembus 1 Juta Menkes Ajak Warga Merenung Dan Kerja Keras Atasi Pandemi

Kasus Covid 19 Tembus 1 Juta Menkes Ajak Warga Merenung Dan Kerja Keras Atasi Pandemi

papar berkaitan - pada 26/1/2021 - jumlah : 76 hits
Menkes minta masyarakat harus berduka dengan banyaknya yang telah meninggal Kedua seluruh pihak harus terus bekerja keras agar para tenaga medis tidak sia sia dalam melakukan pengorbanan yang sudah dilakukan
China Mengatakan Pengharaman Aplikasi Oleh India Melanggar Peraturan Wto

China Mengatakan Pengharaman Aplikasi Oleh India Melanggar Peraturan Wto

papar berkaitan - pada 27/1/2021 - jumlah : 87 hits
Semalam Kementerian Teknologi Maklumat India mengharamkan 59 aplikasi dari China selama lamanya dari pasaran negara mereka Antara yang diharamkan ialah aplikasi popular TikTok dan WeChat Hari ini China mengatakan tindakan India ini melangga...
Jokowi Klaim Pandemi Terkendali Idi Bingung Indikatornya Apa

Jokowi Klaim Pandemi Terkendali Idi Bingung Indikatornya Apa

papar berkaitan - pada 29/1/2021 - jumlah : 64 hits
Ketua Ikatan Dokter Indonesia DKI Jakarta Slamet Budiarto mempertanyakan pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut pemerintah berhasil mengendalikan pandemi virus corona Covid 19 Ia bingung parameter yang digunakan Jokowi saat menyebut ...
Soal Pandemi Jokowi Komentar Mudah Praktik Susah

Soal Pandemi Jokowi Komentar Mudah Praktik Susah

papar berkaitan - pada 22/1/2021 - jumlah : 77 hits
Presiden Joko Widodo mengatakan pengendalian pandemi virus corona untuk menjaga keseimbangan perekonomian dan kesehatan tak mudah Jokowi menyebut pihak yang berkomentar memang mudah tetapi sulit menjalankannya Kedua hal tadi harus berjalan ...
Pak Jokowi Tolong Hentikan Who Tak Yakin Vaksin Bisa Atasi Covid 19

Pak Jokowi Tolong Hentikan Who Tak Yakin Vaksin Bisa Atasi Covid 19

papar berkaitan - pada 6/2/2021 - jumlah : 120 hits
Tampaknya pemerintah RI terkhusus Presiden Joko Widodo harus menghentikan sementara proses vaksinasi Covid 19 yang tengah berjalan di Indonesia Alasannya Organisasi Kesehatan Dunia baru baru ini menyatakan kekhawatiran dan rasa tidak yakin ...
Apple Memindahkan Lagi Pengeluaran Peranti Dari China India Vietnam Dan Malaysia Menjadi Pilihan

Apple Memindahkan Lagi Pengeluaran Peranti Dari China India Vietnam Dan Malaysia Menjadi Pilihan

papar berkaitan - pada 29/1/2021 - jumlah : 131 hits
Pandemik dan perang perdagangan menyebabkan Apple memulakan proses untuk tidak lagi mengeluarkan peranti peranti mereka dari China tahun lalu Sebelum ini Vietnam dan India dipilih sebagai pusat pengeluaran produk kelas permulaan sahaja sepe...
India China Disengage From Part Of Border

India China Disengage From Part Of Border

papar berkaitan - pada 12/2/2021 - jumlah : 79 hits
India and China have accused each other of seeking to cross the frontier AFP Photo India said Thursday it had reached an agreement with China for both to pull back from part of their contested Himalayan border in the biggest push to ease te...
Askar India China Bertempur Di Sempadan Sikkim

Askar India China Bertempur Di Sempadan Sikkim

papar berkaitan - pada 26/1/2021 - jumlah : 64 hits
BEIJING Tentera China dan India dilaporkan bertempur sekali lagi di sempadan dengan kedua dua pihak dilaporkan cedera Kejadian itu berlaku di utara Sikkim pada Rabu lalu Bagaimanapun tentera India mengatakan insiden kecil itu telah diselesa...
India Memberi Amaran Kepada Twitter Kerana Enggan Menghalang Kandungan Protes Petani

India Memberi Amaran Kepada Twitter Kerana Enggan Menghalang Kandungan Protes Petani

papar berkaitan - pada 4/2/2021 - jumlah : 69 hits
Protes oleh golongan petani di India sudah masuk ke bulan kelima Ia mula mendapat perhatian dunia apabila artis ternama Rihanna dan aktivis muda Greta Thunberg menghantar ciapan menyokong hak petani di India minggu ini Kedua duanya kemudian...
Bukit Dipotong Empangan Pecah Dan Banjir Lumpur Yang Mengerikan

Pengantin Terima Hantaran Kamen Rider Tambahan Kepada Koleksi Bernilai Rm500 000 Cuma Sikit Kecewa Ada Plan Tak Menjadi

Poster Sticker Poster Tangga Peraturan Norma Baharu Di Sekolah

Dapat Call Kucing Tak Dapat Diselamatkan G1gih Pergi Jumpa Doktor Dalam Keadaan Sedih

Pinjamkan Semangatmu

Badak Harapkan Keajaiban Kemenangan

Kartun Isu Epl

Plays Org Main Game Secara Percuma



5 Rakyat Malaysia Yang Telah Selamat Menjadi Meme Internet

Biodata Asha Merican Pelakon Drama Berepisod The Hotel

6 Penjenayah yang Menghadiri Pengebumian Mangsanya

Biodata 10 Fakta Youtuber Alieff Irfan Suami Bella Yang Ramai Tak Tahu

Biodata Bella Isteri Youtuber Alieff Irfan


Isu Wang 1mdb Di Akaun Suami Zeti Di Singapura Kembali Viral Umno Harus Buat Tekanan

Berbaloi Ke Beli Hyundai Kona N Line

R Kelly Mocked As His Alleged Current Net Worth Is Negative 2 Million

Kenapa Awak Comel Sangat

Kisah Seorang Lelaki Meminta Maaf Setelah Mengfitnah Seorang Ulama

Tampilan Anak Keladi Dari Keratan Ubinya