Mengenal Penyakit Lupus Gejala Penyebab Pencegahan Dan Pengobatannya


Penyakit lupus mungkin bukanlah istilah baru untuk Anda ketahui. Dimana penyakit yang tergolong berbahaya ini sudah banyak menyerang penduduk di seluruh dunia.
Meskipun lupus bukanlah satu penyakit baru, namun masih banyak diantara kita yang belum tahu akan penyakit ini. Baik itu gejala maupun penyebabnya.
Apa Itu Penyakit Lupus?
Lupus (odapus) adalah suatu penyakit yang menyerang sistem imunitas dimana jaringan yang ada di dalam tubuh dianggap sebagai benda asing.
Lupus sendiri tergolong penyakit berbahaya yang cukup banyak merenggut nyawa seseorang.
Bahkan penyakit ini setara dengan penyakit kanker yang bisa berdampak pada kematian. Tidak sedikit dari mereka yang menderita lupus tidak bisa tertolong lagi.
Di dunia penyakit ini cukup banyak di derita, dimana terdeteksi lebih dari 5 juta orang mengidap penyakit lupus dan lebih dari 100 ribu kasus baru ditemui setiap tahunnya.
Kata lupus yang bahasa latinnya diartikan sebagai “anjing hutan” telah dikenal sejak 1 abad lalu. Dulunya, penderita lupus dianggap sebagai orang yang memiliki kelainan pada kulit.
Dimana tanda awal dari penyakit ini adalah munculnya abercak merah di bagian wajah terutama pipi, badan terasa panas, rambut mulai rontok, adanya pembengkakan pada sendi dan masih banyak lagi.
Menurut Dr. Rahmat Gunadi Dosen Fakultas Kedokteran Unpad menyebutkan, jika reaksi pada sistem imunitas bisa menyerang sebagian besar organ lain, seperti otot, jaringan kulit, sistem saraf, sistem pencernaan, paru-paru, hati, tulang, ginjal, mata, otak, pembuluh darah dan sel-sel darah di dalamnya.
Secara garis besar, lupus diartikan sebagai kondisi dimana tubuh telah memproduksi antibodi dengan jumlah yang sangat besar.
Dalam kondisi normal, antibodi memiliki peran untuk menjaga tubuh dari masuknya benda asing seperti virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.
Namun pada penderita lupus, antibodi justru menyerang tubuhnya sendiri dengan merusak sel-sel sehat di dalamnya. Akibatnya, penderita lupus sering mengalami peradangan dan infeksi pada sistem jaringan tubuhnya.
Tipe Penyakit Lupus
Di dunia ada beberapa tipe penyakit odapua atau lupus yang dapat menyerang sistem imunitas manusia. Berikut beberapa jenis penyakit lupus yang kasusnya paling banyak di temui:
– SLE atau Systemic Lupus Erthematosus: adalah jenis odapus yang paling sering terjadi. Penyakit ini menyerang hampir seluruh jaringan tubuh seperti, kulit, sendi, ginjal, paru-paru, otak dan pembuluh darah.
– Discoid Lupus Erthematosus: adalah jenis odapus yang paling banyak menyerang organ kulit, sehingga penderitanya akan mengalami ruam atau kulit kemerahan.
– Neonatal Lupus: adalah jenis odapus yang biasanya menyerang anak-anak usia dunia, seperti bayi yang baru saja lahir. Biasanya penyebab utama penyakit ini adalah faktor genetik, yaitu bayi yang dilahirkan oleh ibu yang memiliki masalah pada sistem antibodinya.
– Subacute Cuteneous Lupus: adalah jenis odapus yang akan menyebabkan jaringan kulit terluka dan terasa terbakar saat terkena paparan sinar matahari.
– Lupus Akibat Penggunaan Obat: gangguan ini kemungkinan akan terjadi dalam durasi waktu pendek. Dimana timbulnya lupus mungkin disebabkan dari reaksi obat yang dikonsumsi.
Gejala
Penyakit yang sering dinamai sebagai “penyakit 1000 wajah” ini memiliki beberapa ciri yang bisa menjadi tanda sebagai gejala penyakit lupus, seperti:
Pembengkakan pada sendi Sendi terasa nyeri dan sakit Bagian mulut dan hidung yang timbul luka namun tak kunjung sembuh bahkan hingga berbulan-bulan Rambut rontok Keluarnya darah bersama urin Terdapat ruam di bagian permukaan kulit Demam Dada terasa sakit Kesulitan untuk bernafas Kejang-kejang Kulit yang mudah terbakar saat terkena sinar matahari Mudah merasa lelah Badan terasa pegal-pegal dan tidak enak Muncul bercak merah di are wajah, terutama di bagian pipi yang mirip seperti kupu-kupu Kulit menjadi bersisik Jika Anda menemui beberapa gejala di aats, maka segera periksakan diri ke dokter.
Penyebab
Lupus merupakan penyakit yang timbul akibat gangguan pada sistem imunitas seseorang. Jadi, dapat dipastikan jika penyakit ini bukan berasal dari virus maupun bakteri.
Untuk penyebab penyakit odapus atau lupus memang belum diketahui secara pasti. Namun beberapa faktor diyakini menjadi penyebab paling kuat untuk penyakit kronis yang satu ini. Berikut beberapa penyebab penyakit lupus:
– Faktor Genetik, memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit odapus akan memperbesar kemungkinan untuk Anda terkena penyakit yang sama. Seperti, bayi yang terlahir dari seorang ibu yang terkena penyakit odapus atau memiliki gangguan pada sistem imunitasnya.
– Hormon, hormon estrogen yang dihasilkan oleh wanita memiliki resiko 9 kali lebih tinggi dibanding hormon androgen yang dihasilkan dari tubuh pria. Sehingga kebanyakan penderita penyakit ini adalah wanita.
– Lingkungan, lingkungan yang kurang sehat juga dapat memperbesar resiko akan penyebab penyakit adopus, misalnya lingkungan berpolusi, lingkungan beracun, asap rokok, silika, merkuri, dll.
– Jenis Kelamin, telah diketahui jika wanita memiliki resiko 9 kali lebih tinggi dibandingkan pria.
– Ras, penyakit odapus lebih banyak di derita oleh penduduk yang bertempat tinggal di benua Asia dan Afrika.
– Mengkonsumsi Obat-Obatan, beberapa penggunaan obat seperti antibiotik, obat anti kejang, dan jenis obat lainnya memicu timbulnya penyakit odapus.
– Paparan Sinar Matahari, timbulnya luka pada kulit atau kulit kemerahan dan terasa kebakar pada penderita lupus diakibatkan oleh paparan sinar matahari.
Pencegahan
Meskipun sebagian besar pengidap lupus adalah kaum wanita, namun penyakit ini dapat diminimalisir dengan menerapkan gaya hidup sehat.
Jika Anda ingin memperkecil resiko terkenanya penyakit lupus, berikut beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan:
Hindari stres berlebih Menerapkan hidup sehat Rutin berolahraga Hindari kebiasaan merokok Istirahat yang cukup Pahami kondisi tubuh Hindari paparan sinar matahari di siang hari Konsumsi makanan sehat, seperti buah kaya antioksidan, sayuran hijau, omega 3, dan makanan sehat lainnya. Pengobatan
Sejauh ini, medis belum menemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit odapus secara total. Namun beberapa motode pengobatan dapat memperkecil kemungkinan untuk hal yang lebih parah.
Biasanya penderita lupus akan ditangani dengan pemberian obat untuk meringankan gejala yang dialami, seperti:
Pemberian obat anti radang non-steroid Obat anti-malaria Kortikosteroid Imunosupresan Selain itu, penderita lupus juga akan diberikan beberapa metode penyembuhan penyakit ini, seperti:
Mencegah timbulnya gejala lupus Mengurangi gejala yang ditimbulkan Terapi untuk menghindari komplikasi Mengurangi terjadinya pembengkakan Menenangkan sistem imunitas tubuh Komplikasi yang Dapat Muncul Akibat Penyakit lupus:
Tekanan darah tinggi Gagal ginjal Gangguan pada darah Hilangnya ingatan Penyakit jantung Stroke Kejang Kanker Itulah informasi mengenai penyakit lupus. Jika Anda menemui beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas, maka segera lakukan pemeriksaan diri ke dokter.
Sumber: detik.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/mengenal-penyakit-lupus-gejala-penyebab-pencegahan-dan-pengobatannya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Penyakit Difteria Membawa Maut Tanda Tanda Dan Cara Pencegahan

Penyakit Difteria Membawa Maut Tanda Tanda Dan Cara Pencegahan

papar berkaitan - pada 28/2/2019 - jumlah : 422 hits
Penyakit Difteria Membawa Maut Tanda tanda dan Cara Pencegahan Assalamualaikum Beberapa hari lepas cikgu sekolah Syafi forward dalam group tentang Penyakit Difteria Membawa Maut Tanda tanda dan Cara Pencegahan yang boleh di ambil Ye lah sek...
Ini Penyebab Munculnya Bau Tak Sedap Di Pusar

Ini Penyebab Munculnya Bau Tak Sedap Di Pusar

papar berkaitan - pada 28/2/2019 - jumlah : 195 hits
Sebagai salah satu bagian tubuh banyak orang yang ternyata tidak terlalu peduli dengan kebersihan daerah pusar mereka Ketidakpedulian tersebut dapat mengakibatkan daerah sekitar pusar dan bagian tengahnya menimbulkan bau tak sedap
Jaksa Agung Belum Tahu Penyebab Penyelidikan Kasus Slamet Ma Arif Dihentikan

Jaksa Agung Belum Tahu Penyebab Penyelidikan Kasus Slamet Ma Arif Dihentikan

papar berkaitan - pada 2/3/2019 - jumlah : 181 hits
Jaksa Agung HM Prasetyo mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab penyelidikan kasus dugaan pelanggaran kampanye yang menyeret nama Ketum PA 212 Slamet Ma arif dihentikan oleh Polda Jawa Tengah Prasetyo belum menerima pemberitahuan sec...
5 Hal Yang Bisa Jadi Penyebab Gusi Jadi Berdarah

5 Hal Yang Bisa Jadi Penyebab Gusi Jadi Berdarah

papar berkaitan - pada 3/3/2019 - jumlah : 281 hits
Salah satu hal menyebalkan yang kerap kamu alami ketika menyikat gigi di pagi hari adalah gusi yang berdarah Pada banyak kasus gusi berdarah dan bengkak ini merupakan tanda dari terjadinya penyakit gusi
Sederet Benda Sehari Hari Yang Bisa Jadi Penyebab Munculnya Nyeri Punggung

Sederet Benda Sehari Hari Yang Bisa Jadi Penyebab Munculnya Nyeri Punggung

papar berkaitan - pada 28/2/2019 - jumlah : 244 hits
Nyeri punggung adalah salah satu masalah yang mengganggu aktivitas sehari hari dan membuat tubuh terasa tak nyaman Rasa sakit pada punggung ini kerap muncul secara tiba tiba dan kerap kali terjadi karena hal yang tidak disadari dan oleh ben...
7 Penyebab Meteran Mendadak Naik Bikin Tagihan Tarif Listrik Bengkak

7 Penyebab Meteran Mendadak Naik Bikin Tagihan Tarif Listrik Bengkak

papar berkaitan - pada 27/2/2019 - jumlah : 247 hits
Tarif listrik bisa naik karena beberapa kebiasaan ini di rumah Jika diabaikan maka meteran listrik makin membengkak
Panglima Ungkap Penyebab Gesekan Antara Tni Dan Polri

Panglima Ungkap Penyebab Gesekan Antara Tni Dan Polri

papar berkaitan - pada 27/2/2019 - jumlah : 204 hits
Lanjutnya penyebab kedua adalah mental oknum yang tidak baik Sedangkan penyebab ketiga adalah disiplin oknum yang rendah
6 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Dan Bisa Meledak

6 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Dan Bisa Meledak

papar berkaitan - pada 27/2/2019 - jumlah : 188 hits
Jika tak dibersihkan maka kulkas menjadi tak dingin bahkan sampai meledak Inilah penyebabnya
Kanak Kanak Usia 3 Tahun Sudah Boleh Diajar Berdikari Tahu Urus Diri Sudah Cukup Baik

Asal Usul Coca Cola

Ikan Buntal Risiko Dan Gejala Keracunan

Unleashing The Miracle Of Retinol For Your Skin

Sejarah Hitam Bola Sepak Berulang

Hukuman Masyarakat Sangat Berat Jika Anda Punya Pendapat Berbeza Dari Mereka

Takut Ditangkap Khalwat Pecut Kereta Hingga Terbabas

Crisis Management 101



Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3


Siri Iqoo Z9 Yang Dikuasakan Oleh Snapdragon 7 Gen 3 Kini Dilancarkan Di Malaysia

Hantar Anak Ke Sekolah Tidak Pakai Topi Keledar

Nak Rasa Musim Sejuk Jom Bawa Anak Ke Immersive Winterland Tarikan Terbaharu Di I City Shah Alam

Buaya Jantan 5 Meter Tersangkut Pada Pukat

Lori Tanah Jatuh Gaung Wanita Maut Suami Patah Tangan

Nga Asks Saifuddin To Halt Probe On Teoh Beng Hock S Family