Manfaat Air Putih Jika Diminum Secara Rutin Bagi Tubuh Dan Gigi


Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas unsur air. Unsur air dalam tubuh berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar selalu normal, melumasi persendian, dan membuang zat tidak terpakai dalam tubuh melalui keringat, urine, dan buang air besar.
Selain itu, tubuh juga memerlukan air untuk membantu proses pencernaan, penyerapan zat atau kandungan makanan untuk energi, sirkulasi darah, transportasi nutrisi, memproduksi cairan atau air ludah, serta mempertahankan suhu tubuh.
Melihat pentingnya unsur air dalam tubuh, maka kita disarankan untuk selalu rutin minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi atau kekurangan air, yang bisa menyebabkan tubuh lemas, otot lemah dan kram, tidak fokus, serta meningkatkan risiko kelelahan.
Manfaat Air Putih Mungkin selama ini kita sering mendengarkan nasihat bahwa kita perlu minum air putih sebanyak 8 gelas air atau setara dengan 1,5 liter per hari. Akan tetapi, Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board menyatakan kebutuhan tubuh akan air setiap harinya adalah 2,6 liter air untuk wanita dan 3,7 liter air untuk pria.
Memang sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan air tersebut tidak harus dengan minum air putih yang banyak melainkan bisa juga dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung cairan seperti sup, minuman ringan, buah dan sayuran.
Akan tetapi harus diingat juga bahwa dalam melakukan aktivitas harian, kita juga mengeluarkan cairan dari tubuh dalam bentuk keringat dan urine. Apalagi jika aktivitasnya termasuk kategori olahraga atau berlari, tubuh tentu saja akan membutuhkan air lebih banyak.
Manfaat bagi Tubuh Secara detail, manfaat air putih bagi tubuh, antara lain:
Menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan (sembelit) dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal. Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot. Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori. Menjaga kesegaran kulit dengan cara mengecilkan pori, melembabkan, dan menambah kekencangan kulit. Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya. Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran. Banyak minum air putih juga bisa dijadikan obat kencing darah akibat infeksi saluran kemih ringan atau batu saluran kemih yang berukuran kecil. Manfaat bagi Gigi Nah, mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya manfaat minum air turut mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut kita.
Siapa disini yang suka mengkonsumsi makanan maupun minuman yang manis-manis???
Nah, tanpa sadar kandungan gula dalam minuman dan makanan manis dapat menyebabkan kerusakan gigi. Ketika Anda makan makanan yang manis, bakteri di mulut akan mengubah gula menjadi asam.
Asam yang terus menumpuk dapat menyebabkan plak. Kemunculan plak pada akhirnya memicu berbagai masalah gigi, mulai dari bau mulut, karies gigi, gigi berlubang, dan lain sebagainya.
Disini manfaat minum air putih adalah untuk membantu membersihkan dan meluruhkan sisa makanan yang menempel di permukaan atau di sela-sela gigi dan juga membantu melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut Anda.
Produksi Air Liur Bertambah Selain itu, ternyata air putih juga berfungsi meningkatkan produksi air liur yang diperlukan untuk melembabkan mulut, menetralkan asam yang dihasilkan oleh plak serta membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di lidah, gusi, dan pipi.
Jika tidak dihilangkan, maka semua sel tersebut akan membusuk sehingga menimbulkan bau mulut. Bahkan, ada penelitian yang menemukan bahwa kandungan enzim di dalam air liur juga dapat membantu mencegah infeksi di mulut serta kerusakan gigi.
Mencegah Mulut Kering Dehidrasi merupakan salah satu dampak nyata dari kekurangan cairan dalam tubuh. Ketika kita mengalami dehidrasi, tubuh tentu akan memunculkan sejumlah gejala dimana salah satunya adalah mulut kering.
Kondisi mulut kering jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan bau mulut dan nafas tidak segar karena bakteri dan kuman lebih mudah bersarang dalam mulut. Dengan banyak minum air putih kondisi mulut kita akan selalu terjaga.
Memperkuat Enamel Gigi Enamel gigi merupakan salah satu bagian dalam rongga mulut yang akan mengalami kekeringan jika kita kurang minum air putih. Enamel adalah bagian terluar dari lapisan  gigi.
Lapisan ini bertugas untuk melindungi gigi dari kerusakan sekaligus menjadi jaringan paling kuat dalam tubuh manusia. Jika lapisan terluar ini rusak, tentu saja akan berdampak pada kesehatan gigi kita.
Kesimpulan Setelah mengetahui manfaat air putih bagi tubuh dan gigi, tentu saja kita harus selalu menjaga kebutuhan tubuh kita. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa setiap orang memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, dan aktivitas sehari-hari yang dilakukan.
Usahakan minum segelas air putih setelah menyikat gigi dan kumur, sebelum dan setelah bangun tidur. Manfaat air putih akan terasa jika kita mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. Silahkan dipraktekkan, semoga bermanfaat. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/manfaat-air-putih/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Man Who Allegedly Assaulted Ex Air Putih Rep To Be Charged In Court

Man Who Allegedly Assaulted Ex Air Putih Rep To Be Charged In Court

papar berkaitan - pada 29/3/2021 - jumlah : 231 hits
A man is expected to be slapped with two charges in court for assaulting a former Air Putih assemblyperson Terengganu police chief Roslee Chik said the suspect who is supposedly a friend of the victim Wan Ahmad Nizam Wan Abdul Hamid will be...
Penumpang Diizinkan Buka Puasa Di Dalam Mrt Tetapi Hanya Air Putih Dan Kurma

Penumpang Diizinkan Buka Puasa Di Dalam Mrt Tetapi Hanya Air Putih Dan Kurma

papar berkaitan - pada 13/4/2021 - jumlah : 226 hits
Penumpang dapat melanjutkan kegiatan membatalkan puasa di area beranda peron tidak berbayar
Padah Menanti Gara Gara Guna Lampu Cahaya Putih Inilah Risiko Yang Perlu Anda Ketahui

Padah Menanti Gara Gara Guna Lampu Cahaya Putih Inilah Risiko Yang Perlu Anda Ketahui

papar berkaitan - pada 10/4/2021 - jumlah : 183 hits
Kebanyakkan kenderaan kini dilihat menggunakan lampu bercahaya putih lebih cerah jenis High Intesity Discharge untuk pemanduan yang lebih jelas Namun demikian sedarkah anda terdapat bahaya yang menanti kerana lampu jenis itu boleh meningkat...
Satu Tahun Kepergian Glenn Fredly Istri Dan Penggemar Gelar Acara Tabur Mawar Putih

Satu Tahun Kepergian Glenn Fredly Istri Dan Penggemar Gelar Acara Tabur Mawar Putih

papar berkaitan - pada 8/4/2021 - jumlah : 233 hits
Tak terasa udah setahun berlalu ingatan publik akan sosok Glenn memang masih sangat lekat
Kapolri Dihadiahi Sorban Putih Saat Temu Kangen Dengan Ulama Banten

Kapolri Dihadiahi Sorban Putih Saat Temu Kangen Dengan Ulama Banten

papar berkaitan - pada 10/4/2021 - jumlah : 197 hits
Mantan Kabareskrim Polri itu menuturkan sejak dirinya menjabat Kapolda Banten hingga Kapolri saat ini tali silahturahim dengan para ulama dan tokoh masyarakat Banten tidak pernah putus sedikitpun
Tular Rakaman Dashcam Kemalangan Di Lampu Isyarat Myvi Putih Tak Bersalah

Tular Rakaman Dashcam Kemalangan Di Lampu Isyarat Myvi Putih Tak Bersalah

papar berkaitan - pada 3/4/2021 - jumlah : 252 hits
3 002 total views 3 002 views today Tular di media sosial rakaman dashcam menunjukkan sebuah kereta merempuh tiga kenderaan lain yang berhenti di lampu isyarat Kejadian yang berlaku di Bayan Lepas Pulau Pinang ini menyebabkan pemandu kender...
Rektor Unair Harap Vaksin Merah Putih Dapat Diproduksi Akhir 2021

Rektor Unair Harap Vaksin Merah Putih Dapat Diproduksi Akhir 2021

papar berkaitan - pada 14/4/2021 - jumlah : 179 hits
Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih optimistis vaksin Merah Putih untuk Covid 19 dapat diproduksi massal pada akhir 2021 Untuk saat ini vaksin masih dalam tahap uji coba pada hewan transgenik
Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

The Hardest Singing Show

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Jadilah Wanita Yang Mahal Thalia Baiduri Harap Wanita Jaga Darjat Jangan Bergaduh Kerana Buaya

Jpsm Mengesahkan Kegiatan Pembalakan Di Bukit Beserah Berlaku Dalam Kawasan Tanah Persendirian

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Tips Mudah Jadi Miskin

Baby Car Seat Malaysia Safety Standards What Parents Need To Know

Antara Momen Yang Umi Akan Rindu

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

Leave Pang Alone Skjcs Aren T Illegal Umno Man Tells Fadhli