Lapor Pak Jokowi Pemerintah Utang Rp 1 Triliun Ke Ratusan Rumah Sakit




 Rumah sakit tidak hanya menghadapi tantangan membludaknya pasien Covid-19. Tapi juga menghadapi tantangan baru dari sisi keuangan. Apa masalahnya?


Ratusan rumah sakit diketahui belum mendapatkan haknya dari pembayaran klaim pasien oleh pemerintah.


Sekjen Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Ichsan Hanafi mengatakan rumah sakit milik daerah atau swasta di wilayah Jabodetabek, tingkat okupansi atau keterisian sudah lebih dari 80 persen. Saat ini ada sekitar 2.900 rumah sakit di seluruh Indonesia.


Dari jumlah tersebut, 1.800 diantaranya adalah milik swasta. Hampir seluruh rumah sakit swasta, kata Ichsan menyediakan lebih dari 20.000 tempat tidur khusus untuk menangani pasien Covid-19.


Kendati demikian, dilansir CNBC Indonesia, sejak Oktober 2020, pemerintah belum membayar klaim biaya perawatan pasien Covid-19, nilainya hampir Rp 1 triliun.


Ichsan mengatakan, untuk satu rumah sakit pemerintah bisa berhutang biaya pengobatan hingga miliaran rupiah. Pemerintah, kata Ichsan berjanji melakukan pembayaran pada bulan Februari mendatang.


"Jadi memang yang berjalan pada Oktober, November, Desember ada tagihan, nilainya mungkin Rp 1 triliun, mendekati itu. Juga ada tagihan sebelum bulan itu, karena ada dispute," jelas Ichsan, Kamis (28/1/2021).


"Rp 1 triliun berasal dari ratusan rumah sakit swasta. Perjanjian, Februari akan ada pembayaran yang mungkin sudah ada kriteria untuk pembayaran. Pembayaran langsung dari Kemenkes ke rumah sakit. Anggarannya memang ada yang belum turun," kata Ichsan melanjutkan.


Dihubungi terpisah, Juru Bicara Kementerian Kesehatan yang juga dikenal sebagai Juru Bicara Pemerintah Untuk Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi mengatakan ada sejumlah prosedur yang membuat pemerintah belum membayarkan klaim yang sudah diajukan rumah sakit swasta.


Menurut Siti biasanya pembayaran klaim oleh pemerintah kepada rumah sakit swasta nilainya mencapai miliaran rupiah. Pasalnya, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit swasta terbilang cukup banyak.


"Kita memang ada untuk anggaran APBN itu masa berlaku satu tahun. Pada 15 Desember 2020, semua anggaran itu ditutup. Sehingga tidak bisa lagi ada pembayaran setelah 15 Desember," ujar Siti kepada CNBC Indonesia.


Secara prosedur, Siti menjelaskan, pembayaran klaim rumah sakit swasta harus terlebih dahulu melalui perhitungan jumlah klaim dan harus diverifikasi oleh BPJS Kesehatan. Dari BPJS Kesehatan, klaim tersebut diajukan kepada Kementerian Kesehatan untuk dibayarkan kepada rumah sakit.


Namun, sambung dia, seringkali verifikasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan membutuhkan waktu yang cukup lama. "Biasanya karena proses verifikasi di BPJS Kesehatan yang sedikit tertunda," tuturnya.


Oleh karena itu, pengajuan klaim yang sudah diajukan oleh rumah sakit swasta akan dibayarkan oleh Kemenkes setelah terverifikasi oleh BPJS Kesehatan. Namun, Siti memastikan pembayaran klaim yang diajukan oleh rumah sakit swasta akan dibayarkan oleh Kemenkes, setelah melakukan pemindahan anggaran 2020 ke anggaran 2021.


"Karena ini sudah melewati tanggun anggaran 2020, jadi nanti diajukan kembali untuk dibayarkan di 2021 ini, butuh proses. Tapi pasti akan kita bayar setelah kita memindahkan anggaran ke 2021. Tapi gak bisa langsung dibayarkan di Januari, karena 2021 butuh untuk proses pemindahan anggaran," jelas Siti.


"Kemungkinan akan kita bayarkan di Februari, karena ini juga ada proses di Kementerian Keuangan. Begitu proses di Kementerian Keuangan selesai, langsung kita bayarkan," kata Siti melanjutkan.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2021/01/lapor-pak-jokowi-pemerintah-utang-rp-1.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Geger Ekonom Indef Tuduh Jokowi Sembunyikan Utang Ratusan Triliun

Geger Ekonom Indef Tuduh Jokowi Sembunyikan Utang Ratusan Triliun

papar berkaitan - pada 16/1/2021 - jumlah : 128 hits
Ekonom senior INDEF Prof Didik Rachbini secara tak langsung mengaku kecewa dengan capaian Presiden Jokowi di bidang ekonomi Sebab sejak dua tahun terakhir utang negara terus mengalami pembengkakkan Itulah mengapa dia mengatakan pemerintah s...
Waspada Bunda Ratusan Anak Masuk Rumah Sakit Jiwa Karena Kecanduan Hp Atalia Kamil Angkat Bicara

Waspada Bunda Ratusan Anak Masuk Rumah Sakit Jiwa Karena Kecanduan Hp Atalia Kamil Angkat Bicara

papar berkaitan - pada 29/1/2021 - jumlah : 209 hits
Waspada Bunda Ratusan Anak Masuk Rumah Sakit Jiwa Karena Kecanduan HP Atalia Kamil Angkat BicaraKetua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Atalia Praratya Kamil prihatin dengan kasus anak anak yang kecanduan ponsel dan gamePasalnya seiring berjalan...
Utang Pemerintah Tembus Rp6 074 Triliun Sri Mulyani Sebut Karena Covid 19

Utang Pemerintah Tembus Rp6 074 Triliun Sri Mulyani Sebut Karena Covid 19

papar berkaitan - pada 18/1/2021 - jumlah : 121 hits
Menteri Keuangan Sri Mulyani buka suara mengenai terjadinya peningkatan signifikan terkait posisi utang pemerintah Sebagai informasi Kementerian Keuangan mencatat utang pemerintah hingga akhir Desember 2020 mencapai Rp6 074 56 triliun Denga...
Serukan Gerakan Wakaf Uang Jokowi Potensi 188 Triliun Pertahun

Serukan Gerakan Wakaf Uang Jokowi Potensi 188 Triliun Pertahun

papar berkaitan - pada 2/2/2021 - jumlah : 135 hits
Presiden Jokowi pada awal pekan ini meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang Gerakan ini merupakan salah satu program pengembangan ekonomi syariah untuk mendukung percepatan pembangunan nasional Jokowi juga menyebut potensi wakaf uang bisa m...
Istana Ogah Balas Surat Ahy Pd Pak Pratik Moeldoko Itu Anak Buah Jokowi Bukan Internal Demokrat

Istana Ogah Balas Surat Ahy Pd Pak Pratik Moeldoko Itu Anak Buah Jokowi Bukan Internal Demokrat

papar berkaitan - pada 5/2/2021 - jumlah : 157 hits
Pihak Istana mengakui sudah menerima surat dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono perihal adanya keterlibatan pejabat pemerintah dalam upaya pengambilalihan secara paksa Partai Demokrat Penolakan itu disampaikan langsung M...
Bantu Korban Gempa Sulbar Unair Kirim Tenaga Medis Dan Rumah Sakit Terapung

Bantu Korban Gempa Sulbar Unair Kirim Tenaga Medis Dan Rumah Sakit Terapung

papar berkaitan - pada 18/1/2021 - jumlah : 184 hits
Selain berisi sejumlah perlengkapan rumah sakit itu juga membawa setidaknya 18 orang tenaga medis yang disebut tim AJU I
Tengku Zulkarnain Terima Kasih Pak Presiden Jokowi

Tengku Zulkarnain Terima Kasih Pak Presiden Jokowi

papar berkaitan - pada 21/1/2021 - jumlah : 230 hits
Mantan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Tengku Zulkarnain menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo Ucapan terima kasih itu menanggapi kunjungan Jokowi ke Kalimantan Selatan yang memantau situasi dan korb...
Moeldoko Jawab Tuduhan Ahy Jangan Ganggu Pak Jokowi Ini Urusan Saya

Moeldoko Jawab Tuduhan Ahy Jangan Ganggu Pak Jokowi Ini Urusan Saya

papar berkaitan - pada 1/2/2021 - jumlah : 192 hits
Jangan ganggu Pak Jokowi dalam hal ini karena beliau dalam hal ini tidak tahu sama sekali enggak tahu apa apa dalam hal ini dalam isu ini jadi itu urusan saya Moeldoko ini bukan selaku KSP tegas Moeldoko
Ojk Realisasi Penyaluran Dana Pemerintah Di Bank Capai Rp272 Triliun Per 25 Januari

Ojk Realisasi Penyaluran Dana Pemerintah Di Bank Capai Rp272 Triliun Per 25 Januari

papar berkaitan - pada 1/2/2021 - jumlah : 123 hits
Selain itu hingga 4 Januari 2021 kredit perbankan yang direstrukturisasi oleh 101 bank telah mencapai Rp971 triliun dengan nasabah sejumlah 7 6 juta individu perusahaan
Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

The Hardest Singing Show

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Jadilah Wanita Yang Mahal Thalia Baiduri Harap Wanita Jaga Darjat Jangan Bergaduh Kerana Buaya

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting

Jpsm Mengesahkan Kegiatan Pembalakan Di Bukit Beserah Berlaku Dalam Kawasan Tanah Persendirian



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Tips Mudah Jadi Miskin

Baby Car Seat Malaysia Safety Standards What Parents Need To Know

Antara Momen Yang Umi Akan Rindu

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

Leave Pang Alone Skjcs Aren T Illegal Umno Man Tells Fadhli