Kerajaan Sriwijaya Sejarah Peninggalan Dan Penjelasan Prasasti


Peninggalan Prasasti Kerajaan Sriwijaya, itulah topik yang akan kita bahas kali ini. Meski memang ini adalah hal yang biasa namun kamu leum tenu mengenal betl apa saja prasasiti ini.

Karena sejatinya prasasti ini adalah peninggalan bersejarah yang cukup dicari oleh para kolekstor dan museum.

Karena peninggalan bersejarah memiliki nilai yang tidak bisa di uangkan atau disebutkan, sehingga jika salah satu peninggalan saja jatuh ke tangan yang nakal.

Maka bisa saja akan terkena denda atau hukuman, kira-kira kenapa begitu ? Semua itu karena benda-benda ini sangat langka dan bahkan tidak ada duanya sehingga itulah harganya tidak ternilai.

kita bisa mulai dari kerajaan yang sangat terkenal pada masanya, kerajaan Sriwijaya. Apa saja peninggalana& prasastinya ?

Lengkap Sejarah Prasasti Kerajaan SriwijayaBerikut ini terdapat 9 prasasti peninggalan dari kerajaan sriwijaya beserta gambarnya, antara lain:

Seperti namanya, prasasti ligor ditemukan di wilayah yang dahulunya bernama Ligor atau sekarang bernama Nakhon Si Thammarat, Thailand Selatan. Prasasti ini ditemukan di Thailand, sangat jauh dari pusat kerajaan Sriwijaya yakni di Palembang, Sungai Musi.

#Prasasti Kota Kapur
Tokoh penemu prasasti ini pertama kali dilaporkan oleh J.K Van Der Meulen, yakni terhadap bulan Desember tahun 1892.

Fakta menariknya, prasasti Kota Kapur adalah prasasti pertama yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Lalu, apa saja mengisi prasasti Kota Kapur? Berikut ini penjelasannya.
Orang pertama yang lakukan penelitian terhadap Prasasti Kota Kapur bernama H. Kern. Ia merupakan seorang pakar Epigrafi berasal dari Belanda yang bekerja di Bataviaasch Genootschap. Pada penelitiannya ini, ia berasumsi bahwasanya Sriwijaya adalah nama seorang raja.
Kemudian tokoh yang berjasa mengutarakan bahwasanya Sriwijaya adalah nama sebuah kerajaan adalah George Coedes. Dari mengisi prasasti Kota Kapur, ia sukses mengutarakan bahwasanya Sriwijaya merupakan nama sebuah kerajaan di Pulau Sumatera yang berdiri terhadap abad ke 7 M.
Ia termasuk menyebutkan bahwa kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan kuat yang pernah menguasai semua wilayah Nusantara bagian barat, beserta semenanjuang Malaya dan Thailand Selatan.
Sampai selagi ini, prasasti asli kota kapur berada di Museum Rijksmusem (museum kerajaan) di kota Amsterdam, Belanda dengan status dipinjamkan oleh Museum Nasional Indonesia. Lalu bagaimana mengisi naskah asli prasasti Kota Kapur? dan penjelasan terjemahannya?
Kota Kapur merupakan keliru satu dari lima prasasti kutukan yang dibuat oleh penguasa Kadatuan Sriwijaya, yakni oleh Dapunta Hyang. Berikut ini naskah asli dan terjemahan mengisi prasasti kota kapur menurut Coedes, pada lain:
Siddha titam hamba nvari i avai kandra kayet ni paihumpaan namuha ulu lavan tandrun luah makamatai tandrun luah vinunu paihumpaan hakairum muah kayet ni humpa unai tunai.
Umentern bhakti ni ulun haraki. unai tunai kami savanakta devata mahardika sannidhana. manraksa yan kadatuan çrivijaya. kami tuvi tandrun luah vanakta devata mulana yan parsumpahan.
paravis. kadadhi yan uran didalanna bhami paravis hanun. Samavuddhi lavan drohaka, manujari drohaka, niujari drohaka talu din drohaka. tida ya.
Marppadah tida ya bhakti. tida yan tatvarjjawa diy aku. dngan diiyan nigalarku sanyasa datua. dhava vuathana uran inan nivunuh ya sumpah nisuruh tapik ya mulan parvvanda datu çriwi-
jaya. Talu muah ya dnan gotrasantanana. tathapi savankna yan vuatna jahat. makalanit uran. makasuit. makagila. mantra gada visaprayoga. udu tuwa. tamval.
Sarambat. kasihan. vacikarana.ityevamadi. janan muah ya sidha. pulan ka iya muah yan dosana vuatna jahat inan tathapi nivunuh yan sumpah talu muah ya mulam yam manu-
ruh marjjahati. yan vatu nipratishta ini tuvi nivunuh ya sumpah talu, muah ya mulan. saranbhana uran drohaka tida bhakti tatvarjjava diy aku, dhava vua-
tna niwunuh ya sumpah ini gran kadachi iya bhakti tatvjjava diy aku. dngan di yam nigalarku sanyasa dattua. çanti muah kavuatana. dngan gotrasantanana.
Samrddha svasthi niroga nirupadrava subhiksa muah vanuana paravis chakravarsatita 608 din pratipada çuklapaksa vulan vaichaka. tatkalana
Yan manman sumpah ini. nipahat di velana yan vala çrivijaya kalivat manapik yan bhumi java tida bhakti ka çrivijaya.

Artinya:
Keberhasilan ! (disertai mantra persumpahan yang tidak dipahami artinya)
Wahai sekalian dewata yang berkuasa, yang tengah berkumpul dan merawat Kedatuan Sriwijaya ini; kamu sekalian dewa-dewa yang memulai permulaan segala sumpah !
Bilamana di pedalaman semua tempat yang berada di bawah Kadatuan ini dapat tersedia orang yang memberon­tak yang bersekongkol dengan para pemberontak, yang berbicara dengan pemberontak, yang mendengarkan kata pemberontak;
yang mengenal pemberontak, yang tidak berperilaku hormat, yang tidak takluk, yang tidak setia terhadap aku dan terhadap mereka yang oleh aku diangkat sebagai datu, biar orang-orang yang menjadi pelaku perbuatan-perbuatan berikut mati kena kutuk.

Supaaya sebuah ekspedisi untuk melawannya saat itu juga di bawah pimpinan datu atau sebagian datu Sriwijaya, dan biar mereka
dihukum dengan marga dan keluarganya. Lagipula biar semua perbuatannya yang jahat; seperti mengganggu :ketenteraman jiwa orang, menyebabkan orang sakit, menyebabkan orang gila, memakai mantra, racun, Mengenakan racun upas dan tuba, ganja,
saramwat, pekasih, memaksakan kehendaknya terhadap orang lain dan sebagainya, semoga perbuatan-perbuatan itu tidak berhasil dan menghantam mereka yang bersalah melaksanakan tingkah laku jahat itu; biar pula mereka mati kena kutuk. Tambahan pula biar mereka yang menghasut orang
supaya merusak, yang merusak batu yang ditaruh di tempat ini, mati terhitung kena kutuk; dan dihukum langsung. Biar para pembunuh, pemberontak, mereka yang tak berbakti, yang tak setia terhadap saya, biar pelaku tingkah laku tersebut
mati kena kutuk. Akan tetapi jikalau orang takluk setia kepada aku dan kepada mereka yang oleh aku diangkat sebagai datu, maka moga-moga bisnis mereka diberkahi, terhitung marga dan keluarganya
dengan keberhasilan, kesentosaan, kesehatan, kebebas­an dari bencana, kelimpahan segala­nya untuk semua negeri mereka ! Tahun Saka 608, hari pertama paruh terang bulan Waisakha (28 Februari 686 Masehi), terhadap kala itulah
kutukan ini diucapkan; pemahatannya berlangsung disaat bala tentara Sriwijaya baru berangkat untuk menyerang bhumi jawa yang tidak takluk kepada Sriwijaya.

#Prasasti Hujung Langit
Prasasti Hujung Langit merupakan prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di desa Haur Kuning, Lampung.

Sama seperti prasasti lainnya, prasasti ini terhitung ditulis pakai bahasa Melayu Kuno dan aksara Pallawa.

Susunan pesan didalam prasasti ini tidak memadai mengetahui dikarenakan tingkat keausan batunya benar-benar tinggi.

Akan tetapi, setelah diidentifikasi prasasti ini diperkirakan berasal berasal dari tahun 997 Masehi dan isinya menyebutkan berkenaan bantuan tanah sima.

#Prasasti Kedukan Bukit
Pada tanggal 29 November 1920, M. Batenburg menemukan sebuah batu bertulis di Kampung Kedukan Bukit, Kelurahan 35 Ilir, Palembang-Sumatera Selatan. Prasasti berukuran 45 × 80 cm ini ditulis pakai bahasa Melayu Kuno dan aksara Pallawa.

Isinya menceritakan bahwa seorang utusan Kerajaan Sriwijaya bernama Dapunta Hyang sudah mengadakan sidhayarta (perjalanan suci) pakai perahu.

Dalam perjalanan yang disertai 2.000 pasukan tersebut, ia sudah berhasil menaklukan daerah-daerah lain. Prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya ini kini disimpan di Museum Nasional Indonesia.

#Prasasti Leiden
Prasasti peninggalan Kerajaan Sriwijaya setelah itu adalah Prasasti Leiden. Prasasti ini ditulis di sebuah lempeng tembaga dan ditulis didalam bahasa Sansekerta dan Tamil.

Saat ini prasastu Leiden berada di Musium Belanda. Isinya menceritakan jalinan baik pada dinasti Chola berasal dari Tamil bersama dengan dinasti Sailendra berasal dari Sriwijaya, India Selatan.

#Prasasti Karang Berahi
Prasasti Karang Brahi ditemukan oleh Kontrolir L.M. Berkhout terhadap tahun 1904 di tepian Batang Merangin, Dusun Batu Bersurat, Desa Karang Berahi, Kecamatan Pamenang, Merangin-Jambi.

Sama seperti prasasti Telaga Batu, Prasasti Palas Pasemah, dan Prasasti Kota Kapur, prasasti ini menyebutkan berkenaan kutukan terhadap mereka yang berbuat jahat dan tidak setia terhadap sang Raja Sriwijaya.

#Prasasti Palas Pasemah
Prasasti Palas Pasemah merupakan prasasti pada batu peninggalan Sriwijaya. Menurut sejarahnya, prasasti ini ditemukan di Desa Palas Pasemah, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.

Prasasti ini punyai peran perlu di dalam memberi tambahan informasi kepada masyarakat mengenai jejak masa lalu, terlebih bagi pada generasi muda. Prasasti merupakan sumber peristiwa yang ditulis pada batu dan dibikin oleh raja yang berkuasa pada masa lalu.

Prasasti Palas Pasemah ditulis pakai bhs Melayu Kuno dengan aksara Pallawa.

Isi prasasti ini berisi 13 baris. Namun benar-benar disayangkan, tidak berisi informasi mengenai angka tahun. Namun berdasarkan penelitian pada wujud aksaranya, prasasti palas pasemah diperkirakan dibikin pada akhir abad ke 7 masehi.

Isi prasasti Palas Pasemah sama layaknya kota kapur, yakni mengenai kutukan bagi tiap-tiap orang yang tidak tunduk dan patuh pada perintah atau kekuasaan Kerajaan Sriwijaya.

#Prasasti Telaga Batu
Prasasti Telaga Batu dipahat pada sebuah batu berjenis Andesit, ukuran prasasti ini memadai besar.

Tingginya menggapai 118 cm, kala lebarnya 148 cm. Pada bagian atas prasasti terkandung hiasan 7 ekor kepala ular kobra, tetapi dibagian bawah sedang terkandung layaknya pancuran atau cerat yang biasa untuk mengalirkan air.

Informasi yang tercantum pada prasasti Telaga Batu pakai bhs Melayu Kuno dengan huruf Pallawa. Tulisan pada batu jumlahnya benar-benar banyak dan panjang, yakni lebih kurang 28 baris.

Namun garis besar mengisi Prasasti Telaga Batu perihal dengan kutukan pada siapa saja yang melaksanakan kejahatan di Kerajaan Sriwijaya dan tidak taat pada perintah Datu.

Menurut Casparis, ia berpendapat bahwasanya orang-orang yang dimaksud adalah orang berbahaya yang berpotensi melaksanakan perlawanan kepada kedatuan Sriwijaya, supaya mesti untuk di sumpah.

Orang-orang yang mesti di sumpah yakni mulai berasal dari rajaputra (putra raja), kumaramatya (menteri), bhupati (bupati), senapati (panglima), nayaka (tokoh lokal terkemuka), pratyaya (bangsawan), haji pratyaya (raja bawahan), dandanayaka (hakim), vasikarana (ahli senjata), catabhata (tentara), marsi haji (pelayan raja) dan tetap banyak lagi.

Dibandingkan dengan 4 prasasti kutukan lainnya yang sudah bahas, prasasti Telaga Batu merupakan yang paling lengkap sebab berisi nama-nama pejabat pemerintahan. Prasasti ini termasuk menguatkan pendapat bahwasanya pusat kerajaan Sriwijaya berada di kota Palembang.

#Prasasti Ligor
Seperti namanya, prasasti ligor ditemukan di wilayah yang dahulunya bernama Ligor atau saat ini bernama Nakhon Si Thammarat, Thailand Selatan.

Prasasti ini ditemukan di Thailand, amat jauh berasal dari pusat kerajaan Sriwijaya yaitu di Palembang, Sungai Musi.

Prasasti Ligor teridiri berasal dari pahatan yang di tulis terhadap dua sisi. Bagian pertama disebut prasasti Lior A atau dikenal bersama nama manuskrip Viang Sa.

Kemudian anggota ke dua disebut Prasasti Ligor B. Prasasti Ligor ke dua ini beraksara Kawi, berangkat tahun 775 masehi.

Menurut para ahli, prasasti ligor B ini dibuat oleh Maharaja Dyah Pancapana kariyana Panamkarana, salah satu raja dari wangsa Sailendra kerajaan Sriwijaya.

Isi prasasti ligor A yaitu mengenai raja Sriwijaya, yaitu raja dari segala raja yang ada di dunia, raja merupakan pendiri Trisamaya caitya untuk Kajara.

Kemudian isi dibagian kedua adalah tentang nama Visnu yang bergelar Maharaja. Visnu berasal dari keluarga Sailendravamsa, dijuluki sebagai Sesavvarimandavimathana atau diartikan sebagai pembunuh bagi musuh-musuh yang sombong tidak bersisa.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS Sejarah Tentang Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta dengan Gambarnya.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://hematinternet.blogspot.com/2021/12/kerajaan-sriwijaya-sejarah-peninggalan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Snowdrop Dikecam Penaja Tarik Diri Dek Dakwaan Putar Belit Sejarah Jtbc Beri Penjelasan

Snowdrop Dikecam Penaja Tarik Diri Dek Dakwaan Putar Belit Sejarah Jtbc Beri Penjelasan

papar berkaitan - pada 21/12/2021 - jumlah : 184 hits
Meskipun baru dua episod ditayangkan namun Snowdrop terus menerima pelbagai kritikan dek tuduhan memutarbelitkan sejarah ARTIKEL BERKAITAN Bukan sahaja dikritik penonton malah pelbagai jenama yang menaja drama berkenaan turut memberikan per...
Kerajaan Galak Pegawai Perkhidmatan Awam Pakai Batik Setiap Khamis

Kerajaan Galak Pegawai Perkhidmatan Awam Pakai Batik Setiap Khamis

papar berkaitan - pada 2/12/2021 - jumlah : 401 hits
KERAJAAN GALAK PEGAWAI PERKHIDMATAN AWAM PAKAI BATIK SETIAP KHAMISSemalam Perdana Menteri Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob telah mengumumkan tentang pemakaian batik di kalangan penjawat awam Jabatan Perkhidmatan Awam juga telah mengeluarkan P...
Nasib La Ada Dalam Kerajaan Melayu Isle

Nasib La Ada Dalam Kerajaan Melayu Isle

papar berkaitan - pada 2/12/2021 - jumlah : 138 hits
ASUWADI ASWADDuit ada pun belum tentu dapat beli minyak masak zaman kerajaan Melayu Islam jadi kerajaan Sebab itu nak jadi pemimpin ni kita kena pilih kebijaksanaan bukan sebab mereka ada gelaran Ustaz Ulama saja Kecuali mereka di gelar ula...
Isu Bn Naik Barang Naik Dato Zaharin Balun Kerajaan Peni

Isu Bn Naik Barang Naik Dato Zaharin Balun Kerajaan Peni

papar berkaitan - pada 3/12/2021 - jumlah : 171 hits
ISU BN NAIK BARANG NAIK DATO ZAHARIN BALUN KERAJAAN PENIAGA MENTERI GAGAL RAKYAT MENDERITA SILA SUPPORT SUBSCRIBE MABA CHANNEL SILA SUBSCRIBE LINK DIBAWAH
Pas Kerajaan Rakyat Senang

Pas Kerajaan Rakyat Senang

papar berkaitan - pada 3/12/2021 - jumlah : 168 hits
Teringat Pas kata dulu pilih Pas jadi kerajaan Pas akan atasi masalah kemiskinan Skrg Pas adalah sebahagian dari kerajaan Bertambah lingkup adalah kenaikan harga barang makanan sampai kpd barangan alatganti kenderaan menyiksa rakyat yg seda...
Video Tular Kerajaan Tidak Bertanggungjawab Isu Kenaikan Harga Dimanipulasi Pm

Video Tular Kerajaan Tidak Bertanggungjawab Isu Kenaikan Harga Dimanipulasi Pm

papar berkaitan - pada 3/12/2021 - jumlah : 178 hits
Oleh Perdana Menteri Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob bertanyakan sesuatu kepada peniaga sayur sayuran ketika mengadakan tinjauan harga barang di Myfarm Outlet Kasih Putrajaya semalam GAMBAR Abd Razak Aid PERDANA Menteri Datuk Seri Ismail Sab...
Undi 18 Kerajaan Akan Tunaikan Janji

Undi 18 Kerajaan Akan Tunaikan Janji

papar berkaitan - pada 2/12/2021 - jumlah : 178 hits
Penubuhan Himpunan Malaysia Yang Lebih Baik perlu untuk memastikan setiap janji kerajaan termasuk pelaksanaan Undi 18 dapat dilunaskan Presiden Angkatan Belia Islam Malaysia Muhammad Faisal Abdul Aziz berkata ia kerana setakat ini pelbagai ...
Harga Barang Naik Anwar Kata Kerajaan Ismail Sabri Gagal

Harga Barang Naik Anwar Kata Kerajaan Ismail Sabri Gagal

papar berkaitan - pada 2/12/2021 - jumlah : 294 hits
December 1 2021 Kerajaan dilihat gagal menguruskan kemelut kenaikan harga barang apabila tidak mengemukakan sebarang tindakan drastik untuk mengatasi isu berkenaan Ketua Pembangkang Datuk Seri Anwar Ibrahim berkata agensi kerajaan yang sepa...
Barang Naik Kerajaan Bn Tidak Tahu Guna Big Data Pantau Bekalan Sim Tze Tzin

Barang Naik Kerajaan Bn Tidak Tahu Guna Big Data Pantau Bekalan Sim Tze Tzin

papar berkaitan - pada 1/12/2021 - jumlah : 219 hits
Rakyat Malaysia rugi apabila kerajaan Pakatan Harapan dijatuhkan oleh BN dan PN melalui Langkah Sheraton pada Mac 2020 Sekiranya kerajaan PH masih berkuasa pemantauan harga dan agihan bekalan makanan ketika ini telah dilakukan menggunakan t...
Bank Negara Seeks To Overturn Unfair Dismissal Ruling

No Pc Needed Blend Work And Play Effortlessly With This New Lg Myview Monitor

Woorarra House By Rptecture Architects In The Yarra Valley Australia

Maldini Sidney Goyang Kanan Kiri Chord

Tular Kejadian Kepala Air Di Lata Iskandar Lata Kinjang

The Knox Journals Tired Of Prying Eyes On Your Personal Information Here S How To Stop It

Fitnah Azmin Ali Rosakkan Hari Lahir Saya Deepak Jaikishan

Lori Dipandu Remaja Terbakar Rempuh Treler Penumpang Maut



Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal


Effective Email Communication

Akhyar Rashid Kembali Berlatih Hari Ini

Biodata Azizulhasni Awang Raja Pecut Asia

Biodata Aaron Chia Juara Bwf World Championship 2022

40 Senarai Aktiviti Sukaneka Hari Guru Popular Dan Menarik

Berakhirnya Karier 4 Lagenda Badminton Dunia