Kafir Karena Bisikan Dalam Hati


Kafir Karena Bisikan Dalam Hati? Pak Ust, sy sering denger bisikan di hati yg berat banget diucapkan. Sampe kyk2 bisa batalin iman. Ngehina Islamlah dll. Bikin gelisah. Apa bener ust, bisa kafir krn bisikan sprti itu?
Jawaban:
Bismillah walhamdulillah was sholaatu wassalam’ala Rasulillah wa ba’du.
Perasaan gelisah, mendengar bisikan-bisikan buruk seperti itu, adalah suatu kebahagiaan dan nikmat. Insyaallah itu sebagai tanda kejujuran iman. Karena hati yang bercahaya dengan iman, tidak akan merasa tenang dengan segala hal yang berbau dosa.
Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda,
البر مااطمأن إليه النفس واطمأن إليه القلب. والإثم ماحاك في النفس و تردد في الصدر وإن أفتاك الناس وأفتوك.
Kebaikan adalah apa saja yang menenangkan hati dan jiwamu. Sedangkan dosa adalah apa yang menyebabkan hati bimbang dan cemas meski banyak orang mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kebaikan.” (HR. Ahmad, At-Thabrani dan dan Al Baihaqi)
Kejadian yang sama, juga pernah dialami oleh sebagian sahabat yang mulia. Mereka pernah curhat kepada Nabi shallallahu’alaihi wasallam tentang bisikan-bisikan jahat yang begitu berat jika diucapkan.
إنّا نجد في أنفسنا ما يتعاظم أحدنا أن يتكلم به
“Kami mendapati dalam diri kami bisikan-bisikan yang terasa berat untuk kami ucapkan.”
فقال : أو قد وجدتموه؟
“Apakah kalian benar telah mendapati perasaan berat saat mendengar bisikan itu?”tanya Nabi memastikan.
“Iya…” Jawab mereka kompak.
Nabi kemudian bersabda,
ذاك صريح الإيمان
“Itulah tanda iman yang nyata.”
(HR.Muslim)
Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan hadis di atas,
أما معاني الأحاديث وفقهها: فقوله ﷺ: ذلك صريح الإيمان ومحض الإيمان معناه استعظامكم الكلام به هو صريح الإيمان، فإن استعظام هذا وشدة الخوف منه ومن النطق به فضلا عن اعتقاده إنما يكون لمن استكمل الإيمان استكمالا محققا وانتفت عنه الريبة والشكوك.
Makana hadis: sabda Nabi shallallahu’alaihi wasallam, “Itulah tanda iman yang nyata dan kemurnian iman.” maknanya adalah, perasaan berat yang dirasakan untuk mengucapkan kalimat bisikan itu, itulah tanda nyata adanya iman. Karena beratnya hati dan perasaan takut dari akibat kalimat kufur itu, dan takut mengucapkannya apalagi meyakininya, ini tidak akan terjadi kecuali pada seorang yang berupaya menyempurnakan imannya. Mewujudkan kesempurnaan yang dapat mengusir segala keraguan. (Al Minhaj, 2/154)
Bisikan setan seperti itu, dampaknya kepada orang beriman, hanya sebagai bisikan. Karena dengan iman yang Allah karuniakan padanya, ia dapat melawan dan menolak bisikan-bisikan jahat itu.
Ada kisah menarik dari sepupu Nabi shallallahu’alaihi wasallam; Abdullah bin Abbas radhiallahu anhuma. Beliau mengisahkan,
“Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam didatangi seseorang. Dia berkata, “Sungguh aku merasakan dalam jiwaku yang seandainya aku menjadi burung merpati lebih aku sukai daripada aku mengucapkannya.”
Nabi shallallahu alaihi wa sallam kemudian bersabda,
الحمد لله الذي رد أمره إلى الوسوسة
“Segala puji bagi Allah yang hanya dapat menggoda orang mukmin berupa bisikan.” (HR. Abu Daud)
Itu diantara cara Rob kita yang mulia, menguji iman kita. Untuk membedakan, mana yang benar setia imannya, mana yang sekedar omongan.
أَحَسِبَ ٱلنَّاسُ أَن يُتۡرَكُوٓاْ أَن يَقُولُوٓاْ ءَامَنَّا وَهُمۡ لَا يُفۡتَنُونَ
Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman,” dan mereka tidak diuji?
وَلَقَدۡ فَتَنَّا ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِهِمۡۖ فَلَيَعۡلَمَنَّ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ صَدَقُواْ وَلَيَعۡلَمَنَّ ٱلۡكَٰذِبِينَ
Sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta. (QS. Al-Ankabut, 2 – 3)
Maka, bisikan kufur yang yang terdengar dalam hati kita, tidak menyebabkan kekafiran, selama kita ingkari. Perasaan gelisah dan upaya Anda menanyakan perihal bisikan jahat tersebut, adalah sebagai bentuk pengingkaran. Sebagaimana yang telah diupayakan oleh sebagian sahabat Nabi shallallahu’alaihi wasallam yang mengalami pengalaman yang sama, mereka merasakan kesempitan dada kemudian curhat kepada Nabi shallallahu’alaihi wasallam. Bahkan reaksi hati kita untuk gelisah, tidak tenang, kemudian bertanya solusi, adalah tanda kejujuran iman.
Doa Berlindung dari Bisikan Buruk Ada beberapa doa, yang bisa kita ucapkan untuk berlindung dari kejahatan bisikan-bisikan buruk itu. Diantaranya adalah berikut :
[1] Tersebut dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
يأتي الشيطان أحدكم فيقول من خلق كذا ؟ من خلق كذا ؟ حتى يقول من خلق ربك؟! فإذا بلغه فليستعذ بالله ولينته
“Setan akan mendatangi salah seorang di antara kalian, lalu dia akan bertanya, ‘siapa yang menciptakan ini, siapa yang menciptakan itu?”
Hingga akhirnya dia bertanya, “Siapa yang menciptakan tuhanmu?”
Jika sampai kepadanya hal tersebut, maka hendaknya dia berlindung kepada Allah (berta’awwudz) dan berhenti (tidak meneruskan).
Inilah doanya, membaca ta’awwudz :
A’UDZUBILLAHI MINAS SYAITHOONIR ROJIIM
Artinya : Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.
[2] Atau dengan memperbanyak membaca surat An Nas. Karena di dalam surat ini, terdapat doa berlindung dari bisikan-bisikan setan yang terkutuk..
قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ *مَلِكِ ٱلنَّاسِ * إِلَٰهِ ٱلنَّاسِ *مِن شَرِّ ٱلۡوَسۡوَاسِ ٱلۡخَنَّاسِ * ٱلَّذِي يُوَسۡوِسُ فِي صُدُورِ ٱلنَّاسِ * مِنَ ٱلۡجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ
Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Aku berlindung dari kejahatan bisikan setan yang bersembunyi. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. Dari (golongan) jin dan manusia.” (QS.An-Nas, 1 – 6)
Nabi shalallahu alaihi wa sallam selalu rutin membaca surat ini, bersama surat Al Falaq dan Al Ikhlas, setiap pagi dan petang, masing-masing dibaca tiga kali.
Dari Abdullah bin Khubaib –radhiyallahu ‘anhu-. Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– pernah bersabda kepadanya:
قُلْ : ” قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ” ، وَالمُعَوِّذَتَيْنِ ، حِينَ تُمْسِي وَتُصْبِحُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ، تَكْفِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ
“Katakanlah: “Katakanlah bahwa Allah itu Maha Esa” (surat Al-Ikhlas), dan kedua surat perlindungan (surat Al-Falaq dan An-Nas), pada waktu sore dan pagi hari, sebanyak 3x. Niscaya kamu akan dicukupkan dari segala sesuatu”.
(HR. Tirmidzi: 3575 dan telah dishahihkannya, Abu Daud, dishahihkan oleh Nawawi di dalam Al Adzkar: 107)
Demikian pula setiap selesai sholat.
Uqbah bin Amir radhiallahu ‘anhu berkata,
أَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقْرَأَ بِالْمُعَوِّذَاتِ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkanku agar membaca surat Al-Mu’awwidzat (Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas) setiap selesai menunaikan shalat.” (Sahih; H.R. Abu Daud, no. 1523; Shahih Sunan Abi Daud, no. 1348)
Baca Juga : 
Zikir dan Doa Sesudah Shalat Fardhu

***
Dijawab oleh Ustadz Ahmad Anshori
(Alumni Universitas Islam Madinah, Pengajar di PP Hamalatul Qur’an Yogyakarta)
Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android. Download Sekarang !!
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK KONFIRMASI DONASI hubungi: 087-738-394-989

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://konsultasisyariah.com/35780-kafir-karena-bisikan-dalam-hati.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sakit Hati Dengar Kabar Istri Nikah Lagi Rudianto Tusuk Halima Hingga Tewas Begini Faktanya

Sakit Hati Dengar Kabar Istri Nikah Lagi Rudianto Tusuk Halima Hingga Tewas Begini Faktanya

papar berkaitan - pada 19/10/2019 - jumlah : 88 hits
Motif kasus penusukan di Pasar Kereneng Denpasar Bali pada Selasa malam terungkap Penusukan yang dilakukan pria bernama Rudianto itu menewaskan seorang wanita Halima Rudianto dan Halima diketahui merupakan pasangan suami istri yang menikah ...
Wanita Sensitif Dengan Body Shaming Tapi Bila Suami Yang Buat Lagi Luluh Hati Isteri

Wanita Sensitif Dengan Body Shaming Tapi Bila Suami Yang Buat Lagi Luluh Hati Isteri

papar berkaitan - pada 19/10/2019 - jumlah : 162 hits
Seperti mana makanan ada tarikh luputnya barang barang semakin buruk dan rosak begitu jugalah dengan kita sebagai manusia Itulah lumrah kehidupan yang tidak boleh dielakkan Seorang suami pasti akan perasan akan perubahan si isteri selepas b...
Ria Ricis Ingatkan Untuk Hati Hati Dengan Orang Yang Suka Menjelekkan Sindir Siapa

Ria Ricis Ingatkan Untuk Hati Hati Dengan Orang Yang Suka Menjelekkan Sindir Siapa

papar berkaitan - pada 18/10/2019 - jumlah : 60 hits
Ria Ricis mengingatkan untuk hati hati dengan tipe orang yang suka membicarakan keburukan orang lain Hal ini pun langsung mendapat beragam komentar dari warganet
20 Meme Miris Yang Mewakili Hati Orang Tua Duh Cuma Bisa Senyum Ngilu Sambil Mengurut Dada

20 Meme Miris Yang Mewakili Hati Orang Tua Duh Cuma Bisa Senyum Ngilu Sambil Mengurut Dada

papar berkaitan - pada 20/10/2019 - jumlah : 96 hits
Mana nih ibu ibu yang baru duduk semenit anak sudah memanggil manggil dari ruang sebelah
Awas Pedih Ulu Hati Yang Berpanjangan Boleh Menyebabkan Kanser

Awas Pedih Ulu Hati Yang Berpanjangan Boleh Menyebabkan Kanser

papar berkaitan - pada 20/10/2019 - jumlah : 100 hits
Pedih ulu hati merupakan keadaan yang dialami oleh ramai orang malah lebih kerap terjadi kepada ibu hamil Apabila keadaan ini terjadi pasti kita rasa tidak selesa di bahagian dari perut ke abdomen dada atau kerongkong seperti rasa panas dan...
Jokowi Harus Hati Hati Jika Ingin Akomodir Gerindra Dan Demokrat

Jokowi Harus Hati Hati Jika Ingin Akomodir Gerindra Dan Demokrat

papar berkaitan - pada 20/10/2019 - jumlah : 70 hits
Jokowi Harus Hati Hati Jika Ingin Akomodir Gerindra dan Demokrat Jika akhirnya semua partai masuk dalam koalisi maka yang akan terjadi adalah ketidakpercayaan dari publik karena merasa tidak ada yang mewakili jika ada kebijakan yang diangga...
039 Boleh Bida Nombor Hingga Puas Hati 039 Metrotv

039 Boleh Bida Nombor Hingga Puas Hati 039 Metrotv

papar berkaitan - pada 20/10/2019 - jumlah : 123 hits
SELARAS perkembangan teknologi Jabatan Pengangkutan Jalan memperkenalkan sistem JPJeBid untuk orang ramai membida nombor pendaftaran kenderaan yang lebih mesra pengguna Langkah itu dianggap tepat pada masanya kerana sistem ini menjadi kayu ...
Selamba Panggil Permaisuri Agong Che Minah Reaksi Tuanku Buat Ramai Senang Hati

Selamba Panggil Permaisuri Agong Che Minah Reaksi Tuanku Buat Ramai Senang Hati

papar berkaitan - pada 20/10/2019 - jumlah : 201 hits
Raja Permaisuri Agong Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah sememangnya dikenali sebagai kerabat diraja yang mempunyai keperibadian yang merendah diri dan mendekati rakyat Oleh itu tidak hairanlah Raja Permaisuri Agong sering menda...
Bekas Suami Datuk Seri Vida Selamat Bernikah Mengejutkan Rupa Rupanya Ini Wanita Yang Jadi Isteri Barunya

Anak Pelakon Kena Dakwa

Kementan Amankan Produksi Padi Dari Serangan Penggerek Di Subang

5 Pjs Bupati Di Sumsel Resmi Mulai Bekerja Selama Masa Kampanye Pilkada

Diberi Makan Daging Babi Kuda Ringgo Kongsi Kisah Dipenjara Di Venezuela

Media Perlu Membetulkan Tajuk Keputusan Prn Sabah

Peminat Terkejut Lihat Babybump Rupanya Loca B Tuju K Clique Dah Kahwin

Zynakal Akui Bukan Anak Yang Baik Ibu Pernah Cakap Jangan Datang Kubur Dia



Resepi Sultana Scone Paling Mudah

Realiti Sebenar Kerjaya Dalam Bidang Pembangunan Videogame

Senarai Lagu Tugasan Konsert Akhir Big Stage 2020 Minggu 8

Keputusan Markah Peserta Konsert Separuh Akhir Big Stage 2020 Minggu 7

5 Selebriti Terkenal Yang Kini Bergelar Pendakwah Berpengaruh


7 Tips Cara Surirumah Simpan Duit

Covid19 Kes Baru 115 Semakin Membimbangkan

Mula Membaca Bersama Faris Farah

Set Buku Adik Bijak Baca

Cara Menghidupkan Komputer Yang Baik Dan Benar

Khalifah Aku Dan Duit Chord