Kabar Baik Bulan Depan Beli Mobil Bebas Ppnbm Harga Jadi Lebih Murah




 Industri otomotif merupakan salah satu sektor manufaktur yang terkena dampak pandemi Covid-19 paling besar. Untuk menggeliatkan kembali pertumbuhan agar kontribusi terhadap perekonomian nasional, Kemenperin mengusulkan kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian agar dapat segera melakukan relaksasi Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) dan melakukan penyesuaian terhadap tarif PPnBM di PP 73/2019.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyambut baik usulan itu dan menerangkan bahwa relaksasi PPnBM dapat meningkatkan purchasing power dari masyarakat dan memberikan jumpstart pada perekonomian.


Stimulus khusus juga diberikan di sejumlah negara lain di dunia untuk industri otomotif selama pandemi. Seperti misalnya, pengurangan pajak penjualan sebesar 100 persen untuk CKD (mobil yang dirakit di dalam negeri) dan potongan hingga 50 persen untuk CBU (mobil yang dirakit di negara asalnya) yang dilakukan oleh Malaysia. Selain itu, terdapat kebijakan subsidi untuk kendaraan mobil listrik yang dilakukan oleh China, Jerman, dan Prancis yang sudah diimplementasikan pada tahun 2020.


Dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi saat ini, Menko Airlangga mengatakan, relaksasi akan dilakukan secara bertahap. Relaksasi PPnBM diusulkan untuk dilakukan sepanjang tahun 2021, dengan skenario PPnBM 0 persen (Maret-Mei), PPnBM 50 persen (Juni-Agustus), dan 25 persen (September-November).


Dengan skenario relaksasi PPnBM dilakukan secara bertahap, maka diperhitungkan dapat terjadi peningkatan produksi yang akan mencapai 81.752 unit. Adanya relaksasi ini, estimasi terhadap penambahan output industri otomotif akan dapat menyumbangkan pemasukan negara sebesar Rp1,4 triliun.


“Kebijakan tersebut juga akan berpengaruh pada pendapatan negara yang diproyeksi terjadi surplus penerimaan sebesar Rp1,62 triliun,” ungkap Menko Airlangga.


Pulihnya produksi dan penjualan industri otomotif akan membawa dampak yang luas bagi sektor industri lainnya. Airlangga menambahkan, dalam menjalankan bisnisnya, industri otomotif dinilai memiliki keterkaitan dengan industri lainnya (industri pendukung), di mana industri bahan baku berkontribusi sekitar 59 persen dalam industri otomotif.


“Industri pendukung otomotif sendiri menyumbang lebih dari 1,5 juta orang dan kontribusi PDB sebesar Rp 700 triliun," ujar Airlangga.


Industri otomotif juga merupakan industri padat karya, saat ini, lebih dari 1,5 juta orang bekerja di industri otomotif yang terdiri dari lima sektor, yaitu pelaku industri tier II dan tier III (terdiri dari 1000 perusahaan dengan 210.000 pekerja), pelaku industri tier I (terdiri dari 550 perusahaan dengan 220.000 pekerja), perakitan (22 perusahaan dan dengan 75.000 pekerja), dealer dan bengkel resmi (14.000 perusahaan dengan 400.000 pekerja), serta dealer dan bengkel tidak resmi (42.000 perusahaan dengan 595.000 pekerja).


Usulan Perubahan PP 73/2019


Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 73 tahun 2019 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menurunkan Emisi Gas Buang yang bersumber dari kendaraan bermotor. Peraturan tersebut diundangkan tahun 2019 dan akan diberlakukan pada Oktober 2021.


"Perubahan PP ini diharapkan dapat mendorong peningkatan pendapatan pemerintah, menurunkan emisi gas buang, dan meningkatkan pertumbuhan industri kendaraan bermotor nasional. Revisi PP 73/2019 ini akan mengakselerasi pengurangan emisi karbon yang diperkirakan akan mencapai 4,6 juta ton CO2 pada tahun 2035,” ungkap Menko Airlangga.


 


Di samping itu, skema pajak PPnBM berbasis flexy engine (FE) dan CO2 berdasarkan PP 73/2019 akan mampu mendorong pertumbuhan kendaraan rendah emisi dengan memberikan gap pajak yang cukup dengan kendaraan konvensional, sekaligus meminimalkan penurunan industri lokal (teknologi konvensional) dengan menetapkan kisaran pajak sesuai daya beli masyarakat.


Industri pendukung kendaraan listrik juga akan mengalami kenaikan dan diharapkan pada tahun 2025 produksi kendaraan atau mobil listrik nasional untuk roda 4 dapat mencapai 20 persen dari kapasitas produksi atau mencapai 400.000 kendaraan.


Airlangga menjelaskan, usulan perubahan PP 73/2019 mempertimbangkan infrastruktur dari industri otomotif nasional, sehingga perlu dilakukan peningkatan secara gradual, yang nantinya dapat dievaluasi kembali melihat peningkatan dari infrastruktur kendaraan listrik dan kondisi industri otomotif nasional.


“Usulan perubahan PP 73/2019 akan memberikan dampak positif, di antaranya Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai atau BEV menjadi satu satunya yang mendapatkan preferensi maksimal PPnBM 0%. Selain itu, usulan tarif PPnBM untuk PHEV sebesar 5 persen sejalan dengan prinsip semakin tinggi emisi CO2, maka tarif PPnBM semakin tinggi nilai PPnBM-nya,” paparnya.


Harmonisasi skema PPnBM ini sekaligus memberikan insentif produksi kendaraan listrik di Tanah Air semakin lebih atraktif, hal ini tidak terlepas dari selisih pajak yang cukup preferable dengan teknologi kendaraan lainnya. 


Menurut Airlangga, perubahan terhadap PP73/2019 diperlukan untuk menyesuaikan dengan kondisi dunia otomotif internasional, di mana kendaraan listrik terus mengalami kenaikan di Eropa dan Amerika Serikat. Selain itu, dapat mendorong investasi di industri kendaraan bermotor nasional, baik dari sektor hulu maupun hilir yang dapat mendorong penyerapan tenaga kerja. 


“Diperkirakan investasi yang akan masuk senilai lebih dari Rp 50 triliun sampai dengan lima tahun yang akan datang,” ungkapnya.
***


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2021/02/kabar-baik-bulan-depan-beli-mobil-bebas.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+bagibagi%2FcFXc+%28bagibagi.info%29

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ini Bocoran Mobil Yang Bebas Ppnbm Bulan Depan

Ini Bocoran Mobil Yang Bebas Ppnbm Bulan Depan

papar berkaitan - pada 12/2/2021 - jumlah : 58 hits
Pemerintah akhirnya mengabulkan harapan asosiasi mengenai pembebasan Pajak Penjualan Barang Mewah mobil Mulai bulan depan atau Maret 2021 relaksasi PPnBM akan dilakukan secara bertahap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Harta...
Power Bank Harga Murah Dan Berbaloi Untuk Korang Beli

Power Bank Harga Murah Dan Berbaloi Untuk Korang Beli

papar berkaitan - pada 10/2/2021 - jumlah : 99 hits
Agak lama rasanya tak beli power bank Sebabnya sebelum ini selalu dapat percuma bila hadir sertai product launch atau event sejak bertahun tahun lepas Namun memandangkan sudah setahun tidak ada event maka tidak adalah peluang untuk dapat ga...
Harga Suzuki Sx4 Cross Toyota Rush Dan Daihatsu Terios Setelah Bebas Ppnbm

Harga Suzuki Sx4 Cross Toyota Rush Dan Daihatsu Terios Setelah Bebas Ppnbm

papar berkaitan - pada 12/2/2021 - jumlah : 51 hits
Relaksasi soal pajak nol persen pembelian mobil baru kabarnya sudah disetujui oleh pemerintah Ini berdasarkan keterangan resmi yang diinformasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Kamis Menteri Koordinator Bidang Pereko...
Tesla Akan Dijual Secara Rasmi Di Singapura Harga Lebih Murah Berbanding Toyota Camry

Tesla Akan Dijual Secara Rasmi Di Singapura Harga Lebih Murah Berbanding Toyota Camry

papar berkaitan - pada 10/2/2021 - jumlah : 65 hits
Berita hangat tahun ini ialah Tesla ingin melabur di Indonesia untuk membina kilang bateri kereta elektrik terbesar dunia Ramai tertanya tanya bagaimana pula dengan Malaysia Perasaan kecewa ini kami yakin akan bertambah apabila Tesla mengum...
Pdpr Nasib Baik Ada Pakej Celcom Internet Unlimited Murah

Pdpr Nasib Baik Ada Pakej Celcom Internet Unlimited Murah

papar berkaitan - pada 9/2/2021 - jumlah : 125 hits
Akhirnya aku nekad tutup Digi Khair Kena cari tawaran internet yang lebih jimat dalam situasi PKP ni Yelah dalam situasi sekarang yang menyebabkan anak anak berkurung di rumah je dan terpaksa mengikuti PdPR maka mak ayah kena bijak mengatur...
Usaha Untuk Masa Depan Yang Lebih Hijau Biogreen Week 1 0

Usaha Untuk Masa Depan Yang Lebih Hijau Biogreen Week 1 0

papar berkaitan - pada 15/2/2021 - jumlah : 101 hits
Oleh Dr Mohd Noor Hisham Mohd Nadzir Dr Bokhary Zainal Noor Farah Adilah Mat Yusof Muhammad Hafizzudin Ibrahim Nur Syaherah Mohamad Sabri Nur Allya Muhamad Rizal Nur Afiqah Mad Nor Kelab Mahasiswa Biologi UPM Pemuliharaan terhadap alam seki...
Harga Minyak Petrol Dan Diesel Bulan Februari 2021

Harga Minyak Petrol Dan Diesel Bulan Februari 2021

papar berkaitan - pada 5/2/2021 - jumlah : 194 hits
Harga minyak petrol dan diesel bulan Februari 2021 Disini ada perkongsian mengenai harga minyak petrol RON95 RON97 dan diesel terkini bagi setiap minggu bagi bulan Januari tahun 2021 Untuk info sebelum ini KERAJAAN PH telah membuat penetapa...
Hiburan Mahu Rm88 888 Tahun 2021 Akan Lebih Bahagia Dengan Peraduan Beli Menang Nivea

Hiburan Mahu Rm88 888 Tahun 2021 Akan Lebih Bahagia Dengan Peraduan Beli Menang Nivea

papar berkaitan - pada 1/2/2021 - jumlah : 61 hits
Disebabkan oleh tahun 2020 yang agak kelam kerana kita diserang wabak bahaya pastinya semua berdoa dan berharap agar tahun 2021 akan lebih cerah dan bermakna Bagi mengubah mood kita supaya menjadi ekstra bersemangat kita seharusnya merebut ...
Baru 6 Hari Berpantang Diuji Pemergian Suami Anak Lelaki Kereta Dirempuh Arah Belakang

Lokman Adam Setuju Mahathir Betul

Rentas Negeri Daerah Di Seluruh Negara Dilarang Mulai 10 Mei Hingga 6 Jun

Tajuddin Tak Payah Kelentong Mengaku Sahaja Zahid Najib Cuba Runding Dengan Muhyiddin

Daddy Stitch Jahitan Ekstra Untuk Isteri Lepas Bersalin Doktor Jelaskan Ia Menyakitkan Untuk Si Isteri

Mco Tarawih Aidilfitri Prayers Allowed In Ft Jawi

Why Hide Is Doing More Harm Than Good

Melayu Luar Bandar Pilih Perikatan Nasional Survey



Chrislam Agama Baru Yang Menyatukan Ajaran Kristian dan Islam

Kisah Raja Ponteng Kerja Itali 15 Tahun Ponteng Tapi Gaji Jalan

Maxis Tawarkan Subsidi Sehingga RM300 60GB Internet Prihatin Sebulan Menerusi Kempen KauBoleh

5 Faedah Utama Beli Belah Dalam Talian Yang Jarang Diperkatakan

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Cukup Derita Itu Slot Samarinda TV3


Health Benefits Of Strawberries

Tim Penyidik Jiwasraya Diadukan Ke Jamwas Kejagung

Kebakaran Di Penjaringan Berasal Dari Ledakan Kompor Saat Penghuni Bikin Kue Lebaran

Jokowi Rakyat Displin Prokes Dan Pemerintah Upayakan Vaksin Kita Ikhtiar Akhiri Covid

Demitox Dan Cho Cereal Dari Demi Healthcare Jom Sihat

Lirik Lagu Aina Abdul Syukur Lebaran