Jepang Khawatir Infeksi Corona Lebih Besar Dari Yang Diungkap


Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah ahli mempertanyakan pendekatan pemerintah dalam melakukan pengetesan di tengah melonjak kasus Covid-19. Hal tersebut memicu kekhawatiran jika infeksi virus corona justru lebih tinggi dari yang dilaporkan pemerintah Jepang.

Pada Rabu (4/3) lalu, Jepang mencatat 33 orang yang dinyatakan positif menderita Covid-19. Jumlah tersebut terhitung sebagai angka penyebaran tertinggi dalam sehari sejak kasus Covid-19 dirilis oleh Kementerian Kesehatan.

Penyebaran virus corona di Jepang tercatat mencapai 1.023 orang dengan 706 diantaranya berasal dari kapal pesiar Diamond Princess.

Direktur Eksekutif Institut Penelitian Tata Kelola Medis Jepang, Masahiro Kami mengatakan kemungkinan angka infeksi virus corona jauh lebih tinggi dari yang dilaporkan. Tingkat infeksi yang diungkap pemerintah diduga hanya fenomena 'gunung es'.

Lihat juga: Jurnalis Malaysia didakwa karena posting Terkait Corona

Kendati pasien sudah melalui tahap pengecekan kesehatan, Kami menduga ada banyak orang yang tidak terdiagnosa. Hanya saja, sebagian besar orang tidak menunjukkan gejala atau memiliki gejala ringan dan tidak memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit.

Departemen Kesehatan Jepang mengeluarkan imbauan bagi orang untuk melakukan tes kesehatan jika memiliki gejala berupa demam 37,4 derajat Celcius, gejala flu, atau kelelahan ekstrem hingga masalah pernapasan selama empat hari atau lebih. Bagi mereka yang memiliki gejala tersebut diharuskan mengkarantina diri.

Pedoman yang sama juga mencatat warga lanjut usia atau orang yang kurang fit dalam dua hari atau lebih sebagai prioritas untuk tes kesehatan. Saran ini diberikan untuk mencegah orang membanjiri klinik dan rumah sakit untuk pengecekan corona.

Pemerintah tak menampik jika banyak orang yang ingin melakukan pengetesan tes virus corona. Untuk itu pihak Kemenkes Jepang berencana memperluas kisaran target dengan memasukkan orang dengan gejala ringan mendapat izin tes kesehatan.

Kendati demikian, kondisi tersebut tak serta merta menurunkan kecemasan publik - atau kondisi parahnya menghentikan penyebaran virus corona.

Mengutip CNN, ahli epidemologi di Universitas Hokkaido, Hiroshi Nishiura bersama pemerintah Jepang menciptakan model statistik untuk membantu memprediksi penyebaran corona. Nishiura mengatakan Jepang kemungkinan memiliki sekitar 3.000 kasus virus corona atau jauh lebih tinggi dari angka yang diungkap.

Sementara itu, Direktur Institute for Population Health King's College London, Kenji Shibuya membuka kemungkinan tingkat infeksi virus corona meningkat karena semakin banyak orang yang dites.

"Untuk mengurangi kecemasan publik, tes (virus corona) di Jepang harus lebih banyak, dengan prioritas warga senior yang paling berisiko," kata Shibuya.

Kemungkinan Kondisi Darurat Nasional

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengatakan tengah mempertimbangkan kemungkinan untuk memasukkan krisi akibat corona sebagai keadaan darurat nasional.

Pemerintah lokal akan diberi izin untuk memberlakukan larangan pertemuan publik dan mendorong orang untuk tinggal di rumah.

Di sisi lain, Shibuya mengatakan pemerintah harus fokus menyiapkan rencana darurat jika terjadi wabah corona yang lebih besar. Selain memperluas batasan tes virus corona, pemerintah harus berupaya mencegah infeksi pad aorang tua di rumah, rumah sakit, dan panti jompo.

"Jika warga senior terinfeksi, mereka menjadi sakit parah dan tingkat kematiannya lebih dari 10 persen," ujarnya. (CNN/evn)

Foto: Infeksi virus corona di Jepang saat ini 1.023 orang dengan 706 berasal dari kapal pesiar Diamond Princess. (Foto: (Lim Hwa-young/Yonhap via AP)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200306171831-113-481209/jepang-khawatir-infeksi-corona-lebih-besar-dari-yang-diungkap

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2020/03/jepang-khawatir-infeksi-corona-lebih.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Lipi Khawatir Dampak Virus Corona Buat Harga Makanan Mahal Jelang Lebaran 2020

Lipi Khawatir Dampak Virus Corona Buat Harga Makanan Mahal Jelang Lebaran 2020

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 207 hits
Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Agus Eko Nugroho memaparkan lebih dari 495 jenis komoditas dengan tujuan ekspor China akan terimbas Sementara sekitar 499 jenis barang impor dari China diperkirakan akan menyusut atau bahkan menghilang d...
Negatif Virus Corona Mahasiswa Asal Jepang Sempat Diisolasi Kembali Ke Negaranya

Negatif Virus Corona Mahasiswa Asal Jepang Sempat Diisolasi Kembali Ke Negaranya

papar berkaitan - pada 10/3/2020 - jumlah : 185 hits
Banu menjabarkan karena berasal dari Jepang yang masuk negara dengan status positif Corona maka mahasiswa itu ditangani dengan standar penanganan pasien virus Corona
9 Kebiasaan Di Seluruh Dunia Yang Mengalami Perubahan Akibat Infeksi Virus Corona

9 Kebiasaan Di Seluruh Dunia Yang Mengalami Perubahan Akibat Infeksi Virus Corona

papar berkaitan - pada 4/3/2020 - jumlah : 151 hits
Tidak hanya secara individu sejumlah negara juga membuat panduan bagi warganya untuk menghindari interaksi fisik Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi persebaran dari COVID 19
Yang Lebih Bahaya Dari Corona

Yang Lebih Bahaya Dari Corona

papar berkaitan - pada 10/3/2020 - jumlah : 646 hits
Apa sih yang lebih bahaya dari Corona Posting ditampilkan lebih awal di
Liburkan Siswa Karena Khawatir Corona Sekolah Harus Konsultasi Ke Dinas Pendidikan

Liburkan Siswa Karena Khawatir Corona Sekolah Harus Konsultasi Ke Dinas Pendidikan

papar berkaitan - pada 5/3/2020 - jumlah : 161 hits
Pelaksana Tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana meminta sekolah untuk berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan sebelum memutuskan meliburkan sekolah karena kekhawatiran penyebaran virus corona a...
Khawatir Fenomena Gunung Es Idi Minta Pemerintah Perluas Screening Corona

Khawatir Fenomena Gunung Es Idi Minta Pemerintah Perluas Screening Corona

papar berkaitan - pada 5/3/2020 - jumlah : 119 hits
Daeng menilai tepat langkah Presiden Joko Widodo untuk merenovasi rumah sakit khusus di Pulau Galang Kepulauan Riau Sebab menurutnya perlu rumah sakit khusus yang jauh dari orang sehat
Wanita Hamil Miliki Risiko Lebih Tinggi Terinfeksi Virus Corona

Wanita Hamil Miliki Risiko Lebih Tinggi Terinfeksi Virus Corona

papar berkaitan - pada 5/3/2020 - jumlah : 216 hits
Wanita hamil mengalami perubahan imunologis dan psikologis sehingga mungkin lebih rentan terhadap infeksi virus pernapasan termasuk COVID 19 terang penyataan dari Centers for Disease Control and Prevention
Pasien Virus Corona Di Indonesia Makin Banyak Pengusaha Tak Khawatir Investor Kabur

Pasien Virus Corona Di Indonesia Makin Banyak Pengusaha Tak Khawatir Investor Kabur

papar berkaitan - pada 11/3/2020 - jumlah : 131 hits
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani mengapresiasi transparansi pemerintah dalam penanganan pasien virus corona Sebab transparansi membuat investor yakin pemerintah mampu mengatasi masalah ini Dia mengatakan meski pasien corona di Indo...
Identitas Tersebar Kasus 1 Positif Virus Corona Khawatir Tak Diterima Tetangga

Identitas Tersebar Kasus 1 Positif Virus Corona Khawatir Tak Diterima Tetangga

papar berkaitan - pada 10/3/2020 - jumlah : 127 hits
Kemudian dia mengatakan tim medis sedang berkomunikasi dan melakukan intervensi psikologis untuk kejiwaan pasien 01
Diet Suku Suku Separuh Jom Amalkan

Airasia Santan Menu Baru Harga

Kelahi Selepas Kemalangan Lelaki Bawa Kereta Lawan Arus

Koleksi Kad Pokemon Dilelong Rm330 000

Pas Dikecam Balun Polis Bukan Fahaman Ekstremis

Majlis Perkahwinan Anak Saudara

Yuka Kharisma Cinta Indah Buat Kanda Chord

Muslims Rebuke Rais Yatim S No No To Sarawak S Proposal Of Conducting Friday Sermons In English



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


15 Breathtaking Mediterranean Powder Room Ideas From Classic To Modern

Durioo Cara Daftar Subscription

A Lone Wolf Does Not Materialise Naturally

Temui Onew Di Malaysia Dalam Guess Onew Fanmeeting 2024 Pada 27 Julai 2024

168slot 168slot Biz 13 Jun 2024 168slot 168 Top 35 By Christa

Puaka Cuti Semester