Ikuti Langkah Ini Agar Selamat Dari Fitnah Dajjal


Akidah Ahlussunnah wal jama’ah meyakini kedatangan Dajjal di akhir zaman nanti. Kemunculannya adalah fitnah atau ujian terbesar yang dihadapi manusia di muka bumi ini.
Saking besarnya fitnah Dajjal, tak seorang Nabipun diutus kecuali dia mewanti-wanti umatnya dari fitnah Dajjal.
Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu menyampaikan pesan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
مَا بُعِثَ نَبِيٌّ إِلَّا أَنْذَرَ أُمَّتَهُ الأَعْوَرَ الكَذَّابَ، أَلاَ إِنَّهُ أَعْوَرُ، وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ، وَإِنَّ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مَكْتُوبٌ كَافِرٌ “Tidaklah diutus seorang nabi, melainkan dia mengingatkan kaumnya tentang si buta sebelah, sang pendusta. Ketahuilah Dajjal itu buta sebelah dan Tuhan kalian tidak buta sebelah. Diantara dua matanya tertulis: Kafir” (HR. Bukhari 7131).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan, kehadirannya adalah fitnah terbesar bagi manusia,
مَا بَيْنَ خَلْقِ آدَمَ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ خَلْقٌ أَكْبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ “Sejak penciptaan Adam sampai hari Kiamat tidak ada satu makhluk yang lebih besar fitnahnya (menjadi ujian bagi manusia pen.) daripada Dajjal.” (HR. Muslim).
Pengetahuan tentang kiat agar kita terlindungi dari fitnah Dajjal, sangatlah penting. Karena, kita semua menyadari bahwa saat ini kita hidup di akhir zaman.
Sudah sekian banyak tanda-tanda kiamat telah terbukti bermunculan, seperti tersebarnya kebodohan tentang agama Allah, maraknya pembunuhan dan perzinahan, dan lain sebagainnya.
Entah masih berapa lama lagi dia akan muncul, hanya Allah yang tahu pastinya. Yang menjadi tanggungan kita, adalah mengilmui tentang Dajjal dan cara membentengi diri dari fitnahnya.
Karena bila Nabi-Nabi sebelumnya saja, yang jaraknya masih sangat jauh dengan zaman kemunculan Dajjal, mereka telah mewanti umatnya dari tipu daya Dajjal, terlebih kita yang saat ini berada di penghujung zaman dunia.
Bahkan Nabi shallallahualaihi wa sallam saja, saat beliau masih hidup beliau sampai pernah berpesan seperti ini,
ان يخرج وأنا فيكم فأنا حجيجه دونكم-صلى الله عليه و سلم يعني أكفيكم إياه- و إلا فامرؤ حجيج نفسه والله خليفتي على كل مسلم “Jika Dajjal keluar dan aku ada di tengah-tengah kalian, maka aku yang akan mengalahkan dia untuk membela kalian (shalallahu ‘alaihi wa sallam, artinya : aku melindungi kalian darinya). Jika aku telah tiada, maka seorang melindungi dirinya sendiri dan Allah yang menggantikan aku untuk melindungi setiap muslim.” (HR. Muslim no. 2937)
Seakan beliau telah siaga menghadapi kehadiran Dajjal. Padahal, zaman beliau masihlah panjang dengan zaman Dajjal, bila dibanding dengan zaman kita berada saat ini.
Apa Saja Trik Selamat dari Dajjal?
1. Menjauhlah Dari Keberadaan Dajjal
Saat Dajjal keluar, jangan sesekali mencoba mendekat. Meski kita memandang ilmu dan iman sudah dirasa cukup. Karena syubhat yang dimunculkan Dajjal, sangat berbisa dan teruji menggoncang iman.
Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda,
من سمع بالدجال فلينأ عنه فوالله إن الرجل ليأتيه وهو يحسب أنه مؤمن
فيتبعه مما يبعث به من الشبهات أو لما يبعث به من الشبهات هكذا قال
“Siapa yang mendengar keberadaan Dajjal,‏‎ hendaknya dia menjauh darinya. Sungguh demi Allah ! Ada seorang mendatanginya dalam keadaan dia mengira bahwasanya dia itu beriman, namun pada akhirnya dia pmalah menjadi pengikutnya, disebabkan syubhat-syubhat yang dia sampaikan.” (HR. Ahmad).
Dalam hadis yang lain, Nabi menerangkan,
ليفرن الناس من الدجال في الجبال “Sungguh orang-orang saat Dajjal keluar nanti akan melarikan diri menghindar darinya, sampai ke gunung-gunung.” (HR Muslim)
2. Kenali Dajjal
Bila kondisi memaksa berpapasan dengan Dajjal, maka kenalilah ciri-cirinya. Nabi shallallahua’alaihi wa sallam telah mengabari tentang ciri-cirinya dalam sabda-sabda Beliau.
Maka layaklah kita menyanjung, menghormati, mencintai dengan penuh kasih, untuk orang terkasih kita Muhammad shallallahua’alaihi wa sallam atas ilmu berharga ini.
Kelak Dajjal akan mempoklamirkan dirinya sebagai Tuhan. Melalui kesaktian-kesaktian yang ada pada dirinya, dia akan memaksa orang-orang menjadi penyembahnya.
Diantara kemampuan dahsyatnya, dia mampu memerintah langit untuk menurunkan hujan, dan mampu menghentikan hujan untuk berhenti berintik, seakan berada dalam kendalinya.
Dia juga mampu menggerakkan awan, mengeluarkan harta-harta yang tersimpan di perut bumi dan kemampuan luarbiasa lainnya. Banyak orang terkecoh dengan kesaktiannya ini, sehingga mau mempercayainya sebagai Tuhan.
Namun ingat…!!
Allah yang maha mulia tidaklah buta sebelah. Allah tuhan yang sebenarnya tidaklah butuh makan minum. Allah maha sempurna dengan terkumpul segala sifat yang kesempurnaan pada Dzat, kedudukan dan perbuatanNya. Sementara Dajjal, matanya buta sebelah, dia manusia biasa seperti layaknya manusia, butuh makan, buang hajat, tidur dan lain sebagainya. Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,
أَلاَ إِنَّهُ أَعْوَرُ، وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ، وَإِنَّ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مَكْتُوبٌ كَافِرٌ Kenalilah Dajjal itu matanya buta sebelah, sementara Tuhan kalian tidak buta sebelah. Diantara dua matanya tertulis : كَافِرٌ (Kafir). ” (HR. Bukhari 7131).
Dalam riwayat lain diterangkan, bahwa tulisan ini dapat dibaca oleh setiap orang beriman, baik dia bisa baca maupun tak bisa baca tulis, atau tak mengerti tulisan arab sekalipun.
Dalam hadis Ibnu Umar diterangkan, mata yang picek itu seperti anggur yang menonjol keluar,
كَأَنَّ عَيْنَهُ عِنَبَةٌ طَافِيَةٌ Matanya yang buta itu bagaikan anggur yang menonjol.
Model rambutnya keriting. Nabi terangkan,
إِنَّهُ شَابٌّ، قَطَطٌ، عَيْنُهُ طَافِيَةٌ، كَأَنِّي أُشَبِّهُهُ بِعَبْدِ الْعُزَّى بْنِ قَطَنٍ
“Sesungguhnya dia adalah seorang pemuda, rambutnya sangat keriting, matanya menonjol, seolah-olah aku sedang menyerupakannya dengan ‘Abdul ‘Uzza bin Quthn.” (HR. Muslim).
Dan tak mungkin Allah Tuhan yang sebenanrnya, dapat dilihat di dunia.
لَّا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْأَبْصَارَ
وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ

(Di dunia) Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan; dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-An’am : 103)
Maka…. Jangan sampai terkecoh !
3. Hafalkan Sepuluh Ayat Pertama Surat Al-Kahfi
Ingat-ingatlah petuah Rasulullah shallallahualaihi wa sallam ini bila memang umur bertemu dengan masa Dajjal. Bacalah 10 ayat surat Al-Kahfi.. Iya, 10 ayat saja! tidak lebih. Cukup sepuluh ayat awal surat al kahfi sudah cukup membuat Dajjal kelabakan dengan izin Allah.
فَمَنْ أَدْرَكَهُ مِنْكُمْ، فَلْيَقْرَأْ عَلَيْهِ فَوَاتِحَ سُورَةِ الْكَهْفِ Siapa diantara kalian yang menjumpainya, maka bacalah dihadapannya pembukaan surat Al-Kahfi… (HR. Muslim).
Dalam hadis Abu Darda’ radhiyallahu’anhu Nabi shallallahualaihi wa sallam menjelaskan,
مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, niscaya dia akan terlindungi dari fitnah Dajjal. (HR. Muslim, Ahmad, Ibnu Hibban dan yang lainnya).
Apa gerangan hikmahnya perintah membaca 10 ayat pertama Al Kahfi saat bertemu Dajjal?
Syaikh Umar Sulaiman Al-Asyqor menjelaskan dalam buku beliau “Al-Qiyamah As-Shughro”,
قيل لأن في أولها من العجائب و الأيات التي تثبت قلب من قرأها بحيث لا يفتن بالدجال, ولا يستغرب ما جاء به الدجال ولم يؤثر فيه Ada ulama yang menerangkan, bahwa di awal surat Al Akhfi terkandung ayat-ayat yang menakjudkan, yang dapat mengokohkan hati pembacanya. Sehingga dia tidak akan terfitnah oleh Dajjal, tidak akan heran dengan kemampuannya, dan tidak akan terpengaruh olehnya. (Al-Qiyamah As-Shughro, hal. 258).
Keempat, rutinkan membaca doa ini setelah selesai tasyahhud akhir, sebelum salam.
Dalam hadis riwayat Imam Muslim di kitab Shahih beliau, dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ ، يَقُولُ : اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ Bila kalian tasyahhud, berlindunglah kepada Allah dari empat hal, beliau mengucapkan:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ Allahumma innii a’uudzubika min ‘adzaabi jahannam, wamin adzaabil qobri, wamin fitnatil mahya wal mamaati, wa min syarri fitnatil masiihid dajjal.
Ya Allah aku berlindung kepada Engkau dari azab Jahannam, siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari keburukan fitnah Al-Masih Dajjal.
5. Masuklah ke Salah Satu Dua Tanah Suci, Makkah atau Madinah
Karena Dajjal tak akan mampu memasuki dua kota yang mulia ini.
Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu’anhu menyampaikan hadis dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,
لَيْسَ مِنْ بَلَدٍ إِلاَّ سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ إِلاَّ مَكَّةَ وَالْمَدِينَةَ وَلَيْسَ نَقْبٌ مِنْ أَنْقَابِهَا إِلاَّ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ صَافِّينَ تَحْرُسُهَا فَيَنْزِلُ بِالسَّبَخَةِ فَتَرْجُفُ الْمَدِينَةُ ثَلاَثَ رَجَفَاتٍ يَخْرُجُ إِلَيْهِ مِنْهَا كُلُّ كَافِرٍ وَمُنَافِقٍ “Tidak ada satu negeri pun melainkan akan dikunjungi oleh Dajjal, kecuali Makkah dan Madinah. Tidak ada gang/Lorong di kota itu melainkan ada malaikat-malaikat yang berbaris menjaganya. Ketika Dajjal memasuki Sab’khoh (daerah pinggiran Madinah, pent.) bergoncanglah kota Madinah sebanyak tiga kali. Lalu keluarlah dari Madinah orang-orang kãfir dan munãfik.”
Sekian…
Semoga Allah melindungi penulis dan pembaca sekalian dari fitnah Dajjal.
Wallahua’lam bis showab.
Sumber: konsultasisyariah.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/ikuti-langkah-ini-agar-selamat-dari-fitnah-dajjal/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Waktu Selamat Untuk Hamil Semula Ialah Selepas 3 Kali Haid Ikuti Cara Berpantang Selepas Keguguran

Waktu Selamat Untuk Hamil Semula Ialah Selepas 3 Kali Haid Ikuti Cara Berpantang Selepas Keguguran

papar berkaitan - pada 21/1/2019 - jumlah : 311 hits
Setelah mengalami keguguran anda kini perlu memulihkan diri Ambil masa supaya diri bersedia dan mempersiapkan diri untuk hamil semula Bagaimana dan bila masa yang sesuai untuk anda hamil Ikuti informasi yang disediakan Dr Lilian George Paka...
Bagaimana Nak Pastikan Susu Tak Berkurang Ketika Di Luar Negara Ikuti Langkah Penghasilan Susu Yang Betul

Bagaimana Nak Pastikan Susu Tak Berkurang Ketika Di Luar Negara Ikuti Langkah Penghasilan Susu Yang Betul

papar berkaitan - pada 27/1/2019 - jumlah : 336 hits
Jika anda masih menyusukan anak anda dan anda perlu ke luar negara hal ini merisaukan kerana ia melibatkan tempoh masa yang lama dan penerbangan antarabangsa Apakah panduan dan tip yang boleh anda lakukan supaya penghasilan susu tidak berku...
4 Langkah Jitu Agar Generasi Milenial Cepat Jadi Jutawan

4 Langkah Jitu Agar Generasi Milenial Cepat Jadi Jutawan

papar berkaitan - pada 31/1/2019 - jumlah : 208 hits
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh GoBankingRates pada 2017 menemukan bahwa mayoritas generasi milenial memiliki tabungan kurang dari USD 1 000 atau setara Rp 14 09 juta Bahkan saat ini semakin banyak yang tidak memiliki tabungan sa...
Ecostore Selamat Semulajadi Dan Mesra Alam

Ecostore Selamat Semulajadi Dan Mesra Alam

papar berkaitan - pada 30/1/2019 - jumlah : 362 hits
What do you think of when you imagine New Zealand Bagi Xu selain ia terkenal dengan produk tenusu dan Pavlova nya yang super sedap negara New Zealand juga amat terkenal sebagai destinasi percutian yang eco friendly dengan alam semulajadi ya...
Usai Bebas Ahok Sempat Temui Megawati Ucapkan Selamat Ulang Tahun

Usai Bebas Ahok Sempat Temui Megawati Ucapkan Selamat Ulang Tahun

papar berkaitan - pada 29/1/2019 - jumlah : 247 hits
Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengungkap pertemuan antara Basuki Tjahaja Purnama dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri Pria yang akrab disapa Ahok itu menemui Megawati setelah bebas pada Kamis
Ebby Yus Selamat Berangkat Ke Umrah Dan Beliau Pergi Dengan Tajaan Seorg Sahabat Allahu Murah Rezeki Sahabat Itu

Ebby Yus Selamat Berangkat Ke Umrah Dan Beliau Pergi Dengan Tajaan Seorg Sahabat Allahu Murah Rezeki Sahabat Itu

papar berkaitan - pada 30/1/2019 - jumlah : 384 hits
PELAWAK Ebby Yus selamat berangkat ke Makkah bagi menunaikan ibadah Umrah pada Isnin bersama seorang sahabat Menurut pelawak itu pemergian selama dua minggu dibiayai seorang sahabat prihatin yang mahu dirahsiakan namanya Saya berharap sepan...
Cara Buat Ekstrak Pandan Asli Secara Homemade Lagi Selamat Dan Mudah

Cara Buat Ekstrak Pandan Asli Secara Homemade Lagi Selamat Dan Mudah

papar berkaitan - pada 30/1/2019 - jumlah : 452 hits
Salam semua Dah penghujung bulan 1 dah Tak lama nak masuk bulan 2 dah Nak masuk Tahun Baru Cina dah Cuti sekolah pun dak lama dah ni Macam mana azam korang dah tercapai tak Ke situ pulak kan Lama rasanya tak share resepi yang homemade maklu...
Pulang Ke Kampung Selamat Bercuti Semua

Pulang Ke Kampung Selamat Bercuti Semua

papar berkaitan - pada 2/2/2019 - jumlah : 335 hits
Assalamualaikum semua mama dalam perjalanan Pulang ke Kampung sekarang ni alhamdulillah jalanraya menghala ke selatan melalui PLUS highway sangat clear Tak jem pun Tentu Korang pun ramai yang balik Kampung atau bercuti bersama keluarga Sela...
Lafaz Sumpah Agong Ke 16 Al Sultan Abdullah Selamat Tiba Di Istana Negara

Lafaz Sumpah Agong Ke 16 Al Sultan Abdullah Selamat Tiba Di Istana Negara

papar berkaitan - pada 31/1/2019 - jumlah : 406 hits
Foto oleh Bernama SEPANG Sultan Pahang Al Sultan Abdullah Ri ayatuddin Al Mustafa Billah Shah selamat tiba di Lapangan Terbang Antarabangsa Kuala Lumpur di sini hari ini bagi menghadiri Istiadat Melafaz Sumpah dan Menandatangani Surat Sumpa...
Standby Guys Pengurangan Subsidi Petrol Bakal Bermula

Imf Menyokong Prakiraan Pertumbuhan Kdnk Malaysia Pada 2024 Kepada 4 4

Ultimate Guide To Ghibli Park

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy

Afidavit Zahid Mungkin Jejas Hubungan Dengan Anwar

Pengasas Pbrs Joseph Kurup Meninggal Dunia

Gugurnya Dosa Waktu Solat



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Hawthorn Hood House By Bent Architecture In Victoria Australia

Clear Air Over Najib S Supplementary Order Anwar And Ag Told

De Fam S Popular Local Raya Tune Alamak Raya Lagi Finds Its Way To Nippon Via Social Media

Boycott Gone Sour Malays Returning To Mcdonald S Insulted And Called Dogs Pigs By Fellow Malays

Tips For Achieving Your Saving Goals

Gunung Ruang Meletus Ini Senarai Penerbangan Mas Airasia Yang Dibatalkan