Cara Membuat Artikel Di Wordpress Untuk Pemula


Setelah berhasil menginstall dan membuat website di WordPress, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat artikel di WordPress untuk mengisi konten pada website tersebut.
Cara membuat artikel di WordPress pada umumnya sangat mudah, hanya saja untuk pemula yang baru mencoba menggunakan platform WordPress, tentunya akan sedikit membingungkan.
Mengingat ada banyak sekali menu yang terlihat pada bagian dashboard-nya. Terlebih lagi kalo kamu install plugin WordPress, maka menu pada dashboard tersebut akan ikut bertambah.
Tapi tenang saja, jangan khawatir. Pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan secara lengkap bagaimana cara membuat artikel di WordPress, beserta semua fungsi yang ada pada text editor untuk membuat artikel di WordPress.
Cara Membuat Artikel di WordPress Sebelum mengikuti cara ini, pastikan kamu telah menginstall dan membuat website di WordPress. Entah itu di localhost menggunakan XAMPP, ataupun di penyedia layanan hosting yang kamu sewa. Lalu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Masuk ke dashboard WordPress.
2. Pilih menu Posts dan klik Add New.

3. Pada Text Editor, masukan judul dan tulis sebuah artikel. Setelah selesai, klik Publish untuk mempostingnya.

Seandainya artikel belum selesai, kamu bisa klik menu Save Draft atau bisa juga mengklik menu Preview untuk melihat hasilnya sebelum kamu mempostingnya. Sampai sini kamu sudah berhasil membuat artikel di WordPress, silahkan buka website kamu untuk melihat hasilnya.
Untuk beberapa kasus, tampilan text editornya ada yang berbeda seperti gambar diatas. Hal itu dikarenakan, WordPress telah mengupdate versinya lebih tinggi dan lebih baik dari sebelumnya, sehingga tampilan text editor pun ikut berubah menjadi versi terbaru.
Tapi sayangnya, untuk sebagian orang yang tidak terbiasa dengan tampilan baru tersebut, akan kurang nyaman dan sedikit membingungkan pada saat digunakan. Maka dari itu, kamu bisa mencoba text editor WordPress versi lama dengan menginstall plugin classic editor, sama seperti gambar diatas.
Menambahkan Gambar di WordPress Setelah mengetahui cara membuat artikel di WordPress, kamu juga perlu mengetahui cara menambahkan gambar di artikel WordPress. Karena tanpa adanya gambar, artikel akan terasa membosankan.
Coba bayangkan, seandainya kamu membuat artikel tutorial, dimana terdapat langkah demi langkah yang harus kamu jelaskan, tetapi tidak memperlihatkan caranya menggunakan gambar, hanya sekedar tulisan saja. Apakah nanti pembaca akan mudah mengerti? tentunya tidak.
Maka dari itu, perlu adanya satu atau dua gambar yang harus ditambahkan pada artikel sebagai perlengkap agar artikel terlihat lebih menarik dan jelas dalam penyampaiannya pada saat artikel tersebut diposting.
Berikut adalah cara menambahkan gambar pada postingan artikel WordPress.
1. Pada Text Editor WordPress, pilih  menu Add Media.
2. Selanjutnya pilih Upload Files, klik Select Files, pilih gambar dan klik Insert inti post.

3. Selesai, sampai sini kamu sudah berhasil menambahkan gambar di dalam postingan artikel.
Cara lain untuk menambahkan gambar tanpa harus menguploadnya adalah dengan memanfaatkan fitur Insert from URL. Artinya, kamu hanya perlu memasukan link URL gambarnya saja dan secara otomatis akan muncul dengan sendirinya.
Tapi kelemahannya adalah, jika sumber gambar dari URL tersebut terhapus, maka gambar di dalam postingan juga akan ikut terhapus.
Selain gambar, kamu juga bisa memasukan berbagai media lainnya, seperti video dan musik. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan artikel yang akan kamu buat. Jangan sampai, memasukan hal-hal yang tidak penting, karena akan memakan banyak memori penyimpanan hosting dan juga bisa memberatkan postingan.
Menambahkan Categories dan Tags di WordPress Kategori dan Tag adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh WordPress untuk mengelompokan suatu postingan. Kolom pilihan ini terletak disebelah kanan text editor, tepat dibawah kolom untuk mempublish artikel.

Tidak menggunakannya pun tidak masalah selama postingan yang kamu buat hanya memiliki satu niche (pembahasan) saja. Jika lebih, disarankan untuk menggunakannya. Fitur ini juga bagian dari peta situs website yang membantu pembaca untuk menemukan artikel berdasarkan pembahasannya.
Pengelompokan artikel berdasarkan kategori dan tag juga tentunya akan mempermudah kamu dalam membuat menu dan sub-menu nantinya.
Menambahkan Featured Image di WordPress Setiap postingan memerlukan yang namanya thumbnail, yaitu sebuah gambar yang mewakilkan isi dari postingan. Tanpa thumbnail, artikel yang tampil pada halaman depan website hanya berupa judul saja dan membuat artikel tersebut akan terlihat kurang menarik untuk di klik oleh pembaca.

Kolom untuk menambahkan thumbnail pada postingan WordPress terletak disebelah kanan bawah dari text editor. Masih dalam satu barisan dengan kolom publish, categories dan tags. Pilih Set featured image, pilih gambar dan selesai.

Mengganti Permalink Postingan di WordPress Biasanya permalink akan mengikuti judul postingan, tapi kamu bisa mengubahnya secara manual agar lebih SEO Friendly dan mengandung kata kunci. Klik edit pada bagian permalink, letaknya dibawah kolom untuk mengisi judul postingan.

Kesimpulan Menulis artikel bukanlah pekerjaan yang mudah, perlu sedikit berfikir untuk merangkai kata dan menyusunnya menjadi kalimat-kalimat yang nyaman untuk dibaca oleh manusia ataupun mesin pencari.
Setelah mengikuti tutorial ini, kamu telah paham bagaimana cara membuat artikel di WordPress beserta fungsi fitur yang digunakan untuk mendukung proses penulisan artikel. Langkah selanjutnya kamu hanya perlu memahami bagaimana cara mengelola website menggunakan WordPress lebih jauh lagi, karena masih banyak hal yang bisa dibuat.
Mungkin cukup hanya sekian penjelasannya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang masih belajar, semoga berhasil dan terus berkembang.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/cara-membuat-artikel-di-wordpress/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Membuat Posting Seo Di Blogger Versi Yoast Seo

Cara Membuat Posting Seo Di Blogger Versi Yoast Seo

papar berkaitan - pada 28/6/2021 - jumlah : 153 hits
Tips SEO Blog kali ini membahas Cara Membuat Posting Blog SEO Friendly Versi Plugin WordPress Yoast SEO Plugin ini terbukti ampuh membantu blog WP menembus halaman satu Google ANDA yang ngeblog dengan blog selfhosted CMS WordPress atau meng...
Cara Membuat Status Whatsapp Tidak Blur Dan Tetap Tajam

Cara Membuat Status Whatsapp Tidak Blur Dan Tetap Tajam

papar berkaitan - pada 16/6/2021 - jumlah : 97 hits
kucingtekno com WhatsApp menjadi salah satu aplikasi paling populer untuk berkirim pesan dan menelpon Selain untuk sarana komunikasi berbalas pesan atau Chat WhatsApp juga terkenal dengan fitur update status nya Status WhatsApp merupakan fi...
Cara Membuat Aneka Kerajinan Dari Sabun Batang Lebih Bermanfaat Kan

Cara Membuat Aneka Kerajinan Dari Sabun Batang Lebih Bermanfaat Kan

papar berkaitan - pada 23/6/2021 - jumlah : 142 hits
Bisa jadi ide buat pajangan cantik pengharum ruangan bahkan bisnis suvenir
Cara Mudah Membuat Slide Bervideo Dengan Hanya Menggunakan Smartphone

Cara Mudah Membuat Slide Bervideo Dengan Hanya Menggunakan Smartphone

papar berkaitan - pada 19/6/2021 - jumlah : 181 hits
Siapa sangka kemajuan teknologi hari ini begitu memudahkan urusan kerja manusia hari ini Terutama sekali selepas wujudnya Android yang percuma bagi kegunaan manusia berbanding Microsoft atau Apple Terbaru adalah cara untuk membuat slide dal...
Cara Membuat Made With Love Di Blogger

Cara Membuat Made With Love Di Blogger

papar berkaitan - pada 25/6/2021 - jumlah : 58 hits
Pernah gak sih kamu lihat di beberapa blog ada tulisan Made With Love dengan Read more
Cara Install Plugin Wordpress Dengan Mudah

Cara Install Plugin Wordpress Dengan Mudah

papar berkaitan - pada 24/6/2021 - jumlah : 103 hits
Dengan cara install plugin WordPress kamu bisa menambahkan berbagai fitur tambahan untuk mendukung kinerja website Tapi sebaliknya tanpa tambahan plugin maka website yang kamu buat akan terkesan sederhana dan biasa saja Jadi sederhananya fu...
8 Cara Menulis Artikel Seo Friendly Berkualitas

8 Cara Menulis Artikel Seo Friendly Berkualitas

papar berkaitan - pada 25/6/2021 - jumlah : 52 hits
Menulis artikel SEO Friendly yang berkualitas sangatlah penting hal itu dilakukan agar artikel
Another Selangor Forest At Risk Of Being Developed

Magistrate Saved My Life Says Single Mum After Lock Up Ordeal

Tak Mandi Situ Tapi Sungai Hulu Yam Baharu Tempat Buang Makhluk Halus

Dilema Kluster Katak Oh Katak Oh Katak Dimana Kamu Nak Tanding

Masya Allah Bijak Nya Dia Hairul Azreen Kongsi Telatah Alisa Aisyah Baca Alif Ba Ta Ramai Yang Ger4m

Jawatan Kosong Penolong Pemeriksa Kilang Dan Jentera Gred Ja29

Animasi Malaysia Omar Dan Hana Jadi Pilihan Paul Pogba

Filem Dendam Kesuma



The Ultimate Descent Terjunan dari Puncak Gunung Everest Dengan Paragliding

Kalau Nak Tahu Selepas Kahwin Yusuf Bahrin Zizi Kirana Dedah Rahsia

Bolehkah Anda Menangkap Gambar Orang Lain Tanpa Kebenaran

Kisah Anak Penyanyi Legenda Frank Sinatra Diculik Penjenayah

Zizi Kirana Berkahwin Ini 10 Fakta Biodata Suaminya Yusuf Bahrin


Melaka Fasa 2 Dah

Sbobet Sbobet Ufabet369

Kim Seonho Ungguli Ranking Reputasi Jenama Pelakon Drama Bagi September Ini

Best Je Penonton Bincang Sebab Rating Hometown Cha Cha Cha Kian Menurun

11 Cerita Kelakuan Orang Kaya Yang Bikin Gagal Paham Semoga Kita Bisa Begini Juga

Pesan Penting Untuk Cowok Saat Disuruh Pasangannya Belanja Ke Warung Tenang Jangan Panik