Bijak Mengatur Keuangan Manfaatkan Pinjaman Sesuai Kebutuhan


Sebagai seorang yang memiliki latar belakang pendidikan dibidang Akuntansi Keuangan, melihat begitu banyak bermunculannya perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa peminjaman uang secara online ini tentu saja akan memberikan kemudahan bagi siapa saja yang membutuhkan “dana mendesak”.
Sengaja Blogger Borneo memberikan tanda kutip pada kata “dana mendesak” karena ada beberapa hal yang harus benar-benar dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online. Berikut ini akan dijelaskan secara detail mengenai beberapa hal tersebut, antara lain:
Legalitas Perusahaan Hal pertama yang harus diperhatikan adalah legalitas perusahaan penyedia jasa peminjaman dana secara online tersebut, apakah sudah memiliki izin resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia. Jika perusahaan tersebut terdaftar, maka otomatis semua aturan terkait hak dan kewajiban bagi kedua belah pihak debitur maupun kreditur akan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di Indonesia.
Banyak aturan yang harus dipenuhi oleh perusahaan penyedia jasa peminjaman dana secara online jika ingin dapat mendapatkan izin resmi dari OJK dan BI, beberapa diantaranya yaitu: Penentuan Tingkat Suku Bunga Pengembalian, Sistem Pendaftaran dan Hak Penggunaan Identitas Pribadi Calon Peminjam. Selain itu juga diatur mengenai mekanisme denda bagi para peminjam yang belum mampu untuk memenuhi kewajibannya hingga tanggal jatuh tempo yang telah disepakati sebelumnya.
Mekanisme Peminjaman Setelah yakin dengan status perusahaan penyedia jasa peminjaman secara online ini, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah mekanisme pendaftaran untuk pertama kali melakukan peminjaman dana. Perhatikan apakah prosesnya terlalu berbelit-belit atau sebaliknya cukup mudah dan cepat untuk dilakukan.
Secara prosedural, ketika melakukan pendaftaran melalui laman website atau aplikasi resmi milik perusahaan tersebut, data-data yang diminta, antara lain: Kartu Identitas Pribadi (E-KTP atau Paspor), Nomor Rekening Bank Milik Pribadi, Nomor Handphone, Alamat Email, dan Data Penghasilan Per Bulan. Jadi sebelum mengajukan, persiapkan dulu beberapa dokumen ini.
Jangka Waktu Pencairan Setelah proses pendaftaran dan pengajuan selesai dilakukan, para calon peminjam tinggal menunggu keputusan apakah layak untuk mendapatkan pinjaman atau tidak. Apabila disetujui pengajuannya, maka tinggal menunggu proses pencairan dana pinjaman ke rekening yang telah didaftarkan sebelumnya. Normalnya jangka waktu pencairan sekitar 1-3 hari dari proses pengajuan.
Nah, dari beberapa perusahaan penyedia jasa pinjaman online OJK yang secara resmi telah terdaftar, salah satu diantaranya yang dapat menjadi rekomendasi adalah TUNAIKU.COM.
Pinjaman Online OJK Dilihat dari laman profil website resminya diketahui bahwa TUNAIKU merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2014. TUNAIKU adalah salah satu bentuk produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991.
Selain berada dibawah naungan bank resmi, TUNAIKU dan Amar Bank juga berdiri dibawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Dibandingkan dengan perusahaan fintech sejenis yang ada di Indonesia, TUNAIKU fokus pada 2 hal penting yaitu keamanan dan fleksibilitas.
Berbeda dengan situs fintech biasanya, TUNAIKU berdiri dibawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga dari segi keamanan data nasabah tidak perlu diragukan lagi keamanannya.
Sedangkan dari sisi fleksibilitas, TUNAIKU juga cukup berbeda karena menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah berbeda dengan situs fintech yang lebih banyak memberikan limit kecil dan tenor pendek.
Pinjam Berdasarkan Kebutuhan Bukan Keinginan Di sesi penutup tulisan ini, Blogger Borneo ingin memberikan gambaran sebelum mengajukan pinjaman online ini, pertimbangkan akan kebutuhan dana yang akan digunakan. Apakah sifatnya hanya bersifat konsumtif semata, atau digunakan untuk kebutuhan mendesak dan bisa juga untuk penambah modal usaha.
Semua aturan dan syarat-syarat telah dibuat dan disetujui oleh kedua belah pihak. Jadi para peminjam secara otomatis harus patuh dan tunduk pada ketentuan yang telah disepakati bersama pada saat proses pengajuan disetujui dan dana pinjaman dicairkan. Bijak dalam mengatur keuangan, gunakan dana pinjaman Anda sesuai kebutuhan bukan keinginan. (DW)
 
 
 


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/bijak-mengatur-keuangan-manfaatkan-pinjaman-sesuai-kebutuhan/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=bijak-mengatur-keuangan-manfaatkan-pinjaman-sesuai-kebutuhan

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
8 Tips Mengatur Keuangan Ala Adele Pelit Ke Diri Sendiri Dan Nggak Gengsi Beli Barang Bekas

8 Tips Mengatur Keuangan Ala Adele Pelit Ke Diri Sendiri Dan Nggak Gengsi Beli Barang Bekas

papar berkaitan - pada 9/10/2020 - jumlah : 289 hits
Jangan sampai beli barang hanya karena gengsi nggak bakalan kumpul duitmu sampai nanti nanti
Cara Buat Duit Online Yang Sesuai Untuk Semua Yang Berani Mencuba

Cara Buat Duit Online Yang Sesuai Untuk Semua Yang Berani Mencuba

papar berkaitan - pada 26/10/2020 - jumlah : 372 hits
Cara Buat Duit Online Yang Sesuai Untuk Semua Yang Berani Mencuba Artikel kali ini Paksu akan kongsikan kepada tuan puan The post appeared first on
Mahathir Calon Yang Paling Sesuai

Mahathir Calon Yang Paling Sesuai

papar berkaitan - pada 26/10/2020 - jumlah : 163 hits
Samada secara SD atau di Parlimen Tun adalah tokoh yang paling sesuai untuk negara kerana pengalamannya aura dan kesaksamaannya dalam mengurus negara untuk kepentingan rakyat selari dengan titah Tuanku Tetapi jika pemimpin dan parti masih m...
Pmi Jember Makamkan 105 Jenazah Sesuai Protokol Covid 19

Pmi Jember Makamkan 105 Jenazah Sesuai Protokol Covid 19

papar berkaitan - pada 25/10/2020 - jumlah : 167 hits
Menurutnya sebanyak 105 jenazah tersebut terhitung sejak diluncurkan nya layanan ambulans jenazah COVID 19 PMI Jember pada 20 April hingga 24 Oktober 2020
Rombakan Kabinet Tidak Sesuai Ahmad Jazlan

Rombakan Kabinet Tidak Sesuai Ahmad Jazlan

papar berkaitan - pada 25/10/2020 - jumlah : 223 hits
PUTRAJAYA Rombakan Kabinet yang menjadi polemik ketika ini disifatkan tidak sesuai dilaksanakan ketika negara sedang berdepan pandemik Covid 19 Pengerusi Biro Perhubungan UMNO Kelantan Datuk Ahmad Jazlan Yaakub berkata kerajaan sebaliknya p...
Pes Tomato Penyedap Makanan Sesuai Masak Menu Special Anak 6 Bulan Ke Atas

Pes Tomato Penyedap Makanan Sesuai Masak Menu Special Anak 6 Bulan Ke Atas

papar berkaitan - pada 24/10/2020 - jumlah : 375 hits
Mommy yang ada anak usia 6 bulan dan mula makan pasti dah macam macam senarai makanan nak bagi pada anak kan Cumanya cara penyediaan untuk setiap menu tu perlu juga ada kreativiti untuk pastikan anak bosan makanan yang sama Bagi yang baru p...
Bagaimana Cara Mudah Jana Pendapatan Di Rumah Sesuai Untuk Semua

Bagaimana Cara Mudah Jana Pendapatan Di Rumah Sesuai Untuk Semua

papar berkaitan - pada 27/10/2020 - jumlah : 626 hits
Bagaimana Cara Mudah Jana Pendapatan Di Rumah Sesuai Untuk Semua Ramai yang tercari cari bagaimana cara mudah jana pendapatan di rumah The post appeared first on
Pendirian Umno Sokong Muhyiddin Hanya Sementara Tunggu Waktu Sesuai Untuk Bertindak Semula

Pendirian Umno Sokong Muhyiddin Hanya Sementara Tunggu Waktu Sesuai Untuk Bertindak Semula

papar berkaitan - pada 27/10/2020 - jumlah : 304 hits
Shahbudin HusinWalaupun keputusan mesyuarat MT UMNO semalam memberi gambaran tidak lebih seperti wal hasil balik asal realitinya kedudukan Muhyiddin Yassin belum boleh dikira benar benar selamat Dalam mesyuarat itu keputusan yang dibuat ial...
Kerja Sambilan Di Rumah Tanpa Modal Besar Sesuai Untuk Semua

Kerja Sambilan Di Rumah Tanpa Modal Besar Sesuai Untuk Semua

papar berkaitan - pada 28/10/2020 - jumlah : 483 hits
Kerja Sambilan Di Rumah Tanpa Modal Besar Sesuai Untuk Semua Kepada anda yang tercari cari bisnes atau kerja sambilan di rumah The post appeared first on
Towards More Comprehensive Pension Reform

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Berebut Kasih

Reaching Out

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Ask Your Idol About Ops Lalang Don T Be A Hypocrite Fahmi To Saddiq

How Much Longer For Mou On Allocations For Opposition Mps Says Syed Saddiq

Calon Pn Kuala Kubu Baru Ceo Syarikat Tutup



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Jetama Taja Sabah Fc Rm5 Juta Musim Ini

Legoland Malaysia Resort Empowers Teachers And Students To Conquer The Legoland School Challenge 2024

Prk Kkb Pertandingan Parti Atau Pertandingan Kaum

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Piza Potato Gnocchi Di The Spot By Chinoz Tiada Tandingan