Benarkah Setan Bisa Ikut Makan Bersama Manusia


Salah satu adab makan dalam Islam adalah membaca doa. Namun kadangkala kita lupa membaca doa karena terlalu bersemangat untuk makan.
Nah, di saat demikianlah ternyata setan dapat ikut makan bersama manusia.
Dalam sebuah hadis riwayat Abu Daud, disebutkan bahwa ada seorang sahabat yang makan dan tidak menyebut nama Allah, ketika itu Rasulullah SAW sedang berada di dekatnya.
Saat makanan laki-laki tersebut hanya tersisa satu suap, ia pun membaca “Bismillahi awwaluhu wa aakhirahu” (Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).
Melihat kejadian tersebut, Rasulullah SAW pun tersenyum kemudian berkata “Setan terus makan bersamanya, namun tatkala ia menyebutkan nama Allah Azza wa Jalla, setan pun memuntahkan apa yang ada di perutnya”
Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, disebutkan juga bahwa setan dapat ikut makan malam bersama orang yang lupa menyebut nama Allah, tidak hanya itu, setan bahkan bisa menginap di rumahnya.
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ ﷺ يَقُولُ إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ Dari Jabir bin ‘Abdullah; Sesungguhnya dia mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Jika seseorang menyebut nama Allah ketika hendak masuk rumahnya dan ketika hendak makan, maka setan berkata; “Kalian (bangsa setan) tidak bisa menginap dan tidak bisa makan!” Jika seseorang tidak menyebut nama Allah ketika hendak masuk rumahnya, maka setan berkata; “Kalian bisa masuk dan bisa menginap.” Jika seseorang tidak menyebut nama Allah sewaktu hendak makan, maka setan berkata; “Kalian bisa menginap dan makan malam.” (HR Muslim)
Lalu, apakah makna setan dapat makan bersama manusia?
Sebagian ulama mengatakan bahwa setan benar-benar makan bersama manusia sehingga ia tak merasa kenyang. Karena sesungguhnya setan pun makan dan minum seperti manusia.
Meskipun kita tidak dapat melihat setan makan dan bagaimana caranya. Namun Nabi SAW pernah menyatakan bahwa setan makan dengan tangan kirinya.
Pendapat ini dikuatkan dengan hadis riwayat Ahmad, bahwa suatu ketika Nabi Saw pernah menyantap makanan bersama enam orang sahabatnya, lalu datang seorang Arab badui dan ia ikut makan dua suapan tanpa menyebut nama Allah.
Namun ternyata makanan itu justru menjadi tidak cukup. Rasulullah Saw pun bersabda,
“Jika ia menyebut nama Allah, niscaya makanan itu akan cukup untuk kalian. Oleh karena itu jika salah satu dari kalian makan makanan, hendaklah ia menyebut nama Allah. Dan jika ia lupa menyebut nama Allah di awalnya, maka hendaklah mengucapkan ‘Bismillahi awwaluhu wa aakhirohu’ (Dengan menyebut nama Allah di awal dan akhirnya).”
Sebagian ulama lain mengatakan bahwa maksud setan ikut makan adalah hilangnya keberkahan. Jadi meskipun volume makanan tidak berkurang, keberkahannya lah yang berkurang atau bahkan hilang seluruhnya.
Namun ketika kita membaca doa di pertengahan, maka keberkahan itu pun kembali ke makanan.
Sesungguhnya keberkahan dapat terputus jika perbuatan kita tidak diawali dengan menyebut nama Allah SWT. Rasulullah Saw bersabda
كُلُّ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لَا يُبْدَأُ فِيهِ بِحَمْدِ اللهِ، فَهُوَ أَقْطَعُ “Segala perkara yang tidak diawali dengan pujian kepada Allah maka ia terputus” (HR Ibnu Hibban)
Jika keberkahan hilang, maka makanan yang kita makan tidak dapat mendatangkan kebaikan, misalnya tidak menghasilkan tenaga atau justru menyebabkan kantuk dan lain sebagainya.
Kesimpulannya, setan memang benar-benar ikut makan bersama orang yang tidak menyebut nama Allah.
Oleh karena itu, sebelum makan hendaknya kita senantiasa membaca doa agar makanan yang kita makan menghasilkan keberkahan dan manfaat.
Wallahu a’lam bisshowab.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/benarkah-setan-bisa-ikut-makan-bersama-manusia/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kunci Anak Sendirian Tanpa Makan Minum Ibu Ikut Kekasih

Kunci Anak Sendirian Tanpa Makan Minum Ibu Ikut Kekasih

papar berkaitan - pada 4/3/2019 - jumlah : 314 hits
Tidak berhati perut Kanak kanak berusia tujuh tahun dipercayai dikurung ibu kandungnya di sebuah rumah di Taman Hijrah di sini sejak Rabu akhirnya diselamatkan malam tadi Sepanjang tempoh lima hari dikurung mangsa dilaporkan tinggal sendiri...
Malam Ini Supermoon Terjadi Di Indonesia Benarkah Bisa Akibatkan Tsunami Ini Jawabannya

Malam Ini Supermoon Terjadi Di Indonesia Benarkah Bisa Akibatkan Tsunami Ini Jawabannya

papar berkaitan - pada 19/2/2019 - jumlah : 187 hits
Fenomena bulan super alias supermoon diprediksi terjadi di Indonesia pada Selasa sore hingga malam ini Supermoon juga diprediksi akan memengaruhi pola pasang maksimal air laut Masyarakat pesisir pantai di beberapa wilayah Indonesia diminta ...
Hukum Makan Katak Ikut Mazhab

Hukum Makan Katak Ikut Mazhab

papar berkaitan - pada 1/3/2019 - jumlah : 662 hits
Berikut secara ringkasnya pandangan pelbagai mazhab mengenai hukum makan katak Mazhab Syafie Ulama ulama mazhab Syafie berpendapat katak tidak harus dimakan kerana selain berdasarkan hadis hadis yang disebut di atas katak juga tergolong kat...
Prabowo Tidak Boleh Lagi Ada Yang Gantung Diri Karena Tidak Bisa Makan

Prabowo Tidak Boleh Lagi Ada Yang Gantung Diri Karena Tidak Bisa Makan

papar berkaitan - pada 23/2/2019 - jumlah : 236 hits
Calon Presiden Nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri undangan Ramah Tamah bersama Tokoh Pengusaha dan Warga Tionghoa di Selecta Royal Ballroom Kota Medan Jumat malam Dalam sambutannya Prabowo mengungkapkan bahwa niatnya menjadi Presiden...
5 Pola Makan Sederhana Yang Bisa Menjaga Kesehatanmu Secara Luar Biasa

5 Pola Makan Sederhana Yang Bisa Menjaga Kesehatanmu Secara Luar Biasa

papar berkaitan - pada 2/3/2019 - jumlah : 258 hits
Pola makan dan jenis makanan yang kamu konsumsi memiliki efek yang sangat besar terhadap kesehatan tubuhmu Munculnya penyakit serta menjaga kesehatan dapat kamu lakukan dari pola makan ini
Go Jek Disarankan Tak Ikut Perang Tarif Sebab Bisa Ganggu Inovasi

Go Jek Disarankan Tak Ikut Perang Tarif Sebab Bisa Ganggu Inovasi

papar berkaitan - pada 3/3/2019 - jumlah : 216 hits
Go Jek sudah punya desain dan ekosistem bisnis yang lebih matang sehingga memiliki konsumen dan mitra pengemudi yang loyal Keunggulan ini merupakan modal yang jauh lebih berharga ketimbang ikut berusaha menguasai pasar lewat strategi perang...
Panduan Beri Ubat Untuk Anak Jika Kena Makan Lebih Dari Sekali Ikut Betul Betul Waktu Ini

Panduan Beri Ubat Untuk Anak Jika Kena Makan Lebih Dari Sekali Ikut Betul Betul Waktu Ini

papar berkaitan - pada 1/3/2019 - jumlah : 518 hits
Pengambilan ubat perlu diambil dengan cara yang betul bagi mendapatkan kesan optimum terhadap sesuatu simptom atau penyakit Ini juga dapat mengelakkan kesan yang tidak diingini Bagaimanapun ada sesetengah ibu bapa masih lagi keliru pemberia...
Beli Tiket Kereta Buat Mudik Di Tiket Com Bisa Dapat Potongan Harga Dan Diberi Makan

Beli Tiket Kereta Buat Mudik Di Tiket Com Bisa Dapat Potongan Harga Dan Diberi Makan

papar berkaitan - pada 21/2/2019 - jumlah : 244 hits
Untuk lebih memberikan layanan terbaik pada masa penjualan tiket kereta api Lebaran tiket com memberikan promo potongan Rp 30 000 yang mulai berlaku tanggal 18 hingga 24 Februari 2019
Konsert Cinta Di Awan Siti Nurhaliza Tambah Lagi Sehari

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

Dibunuh Kerana Tak Mahu Rujuk Selepas Bercerai Mayat Disumbat Dalam Bagasi

Saya Harap Isu Aliff Aziz Tak Jejaskan Saya Cari Rezeki Di Malaysia Aaron Aziz

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Sustainability And Metal Buildings A Data Driven Approach To Eco Friendly Construction

Biasa Dari Negeri Yang Tak Pernah Lihat Kepesatan Negeri Yang Lebih Maju Dia Nampak Kedai Proses Ayam Ja

Contoh Inspirasi Poster Ucapan Selamat Hari Pekerja 2024



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Henry Ridley Kuala Tembeling Jerantut 1911

10 Toner Untuk Kulit Berminyak 2024

Mesyuarat Negara Negara Asean Dalam Bidang Sains Dan Teknologi Kuantum

Drama Framed Lakonan Mimi Lana Meerqeen

Sarapan Pagi

Pas Quashing Of Zafrul S Affidavit Raises Concerns About Govt S Integrity