Begini Cara Perpanjang Sim Online Tanpa Antre Dan Ga Pake Ribet


Saat ini, bila Anda ingin membuat atau perpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) bisa dilakukan secara online, lho. Layanan ini diresmikan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sejak akhir tahun 2015.
Layanan ini dibuat sebagai inovasi baru guna mempermudah masyarakat dalam proses perpanjang SIM online, sehingga masyarakat tidak perlu lagi repot-repot mengantri.
Anda tahu tidak? Layanan ini dibuat bukan hanya untuk melayani perpanjang masa berlaku SIM saja. Untuk Anda yang ingin membuat SIM baru, Anda bisa membuat secara online.
Dengan adanya layanan pembuatan atau perpanjang sim secara online ini, jelas sangat membantu masyarakat dengan cepat, praktis, dan tentunya lebih efisien.
Sehingga, untuk Anda yang tidak punya waktu untuk datang ke Samsat. Anda sudah bisa melakukannya secara online.
Meski terbilang mudah, tapi masih banyak yang belum tahu bagaimana cara untuk membuat atau perpanjang SIM online ini. Dikutip dari TunaiKita, berikut informasinya untuk Anda yang ingin perpanjang sim online dengan mudah dan cepat. Simak, yuk!
Dimana Dapat Melakukan Perpanjang SIM
Untuk yang belum tahu, Anda bisa melakukan perpanjangan SIM baik secara online atau tidak, umumnya Anda bisa melakukannya di tiga lokasi berikut, yakni:
1. Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas)
Kantor Satpas tersebar di berbagai daerah di Indonesia, Anda bisa melakukan perpanjang SIM dengan langsung datang ke kantor Satpas terdekat yang ada di wilayah tempat tinggal.
Selain perpanjangan, Satpas juga melayani aplikasi pembuatan SIM baru sekaligus.
2. Gerai SIM
Selain Satpas, Anda juga bisa langsung mendatangi gerai SIM untuk melakukan perpanjangan SIM. Anda bisa menjumpai gerai SIM di sejumlah tempat keramaian, salah satunya di mal atau pusat perbelanjaan.
Jika tidak memiliki waktu di hari kerja, tidak perlu khawatir karena gerai SIM akan tetap buka pada hari Minggu.
3. SIM Keliling
SIM keliling merupakan mobil khusus untuk melayani perpanjangan SIM yang bisa Anda temukan di lokasi dan waktu tertentu. Dengan adanya SIM keliling ini, Anda tidak perlu datang ke kantor Satpas.
SIM keliling khusus hanya melayani perpanjangan SIM, tidak untuk melayani pembuatan SIM, juga SIM keliling hanya bisa memperpanjang SIM A dan SIM C saja.
Meskipun begitu, SIM keliling sangat membantu masyarakat yang ingin perpanjang SIM namun jauh dari kantor Satgas.
Syarat Perpanjang SIM Online
Sebelum melakukan perpanjangan SIM, Anda harus melengkapi syarat-syarat yang diberikan. Pada dasarnya, sama seperti perpanjang sim secara offline, Anda harus melengkapi syarat sebagai berikut:
KTP asli yang masih berlaku SIM lama Surat keterangan lulus ujian terampil simulator Surat kesehatan mata Isi formulir perpanjang SIM Selain syarat-syarat yang harus dilengkapi, Anda juga harus mempersiapkan biaya untuk perpanjang SIM, diantaranya:
SIM A, harus mempersiapkan biaya sekitar Rp 80 ribu. SIM C, harus mempersiapkan biaya sekitar Rp 75 ribu. Dan untuk biaya asuransi kecelakaan sebesar Rp 30 ribu, tetapi ini tidak wajib untuk dibayarkan Hal yang terpenting adalah Anda jangan sampai telat untuk perpanjang SIM, ya! Jika SIM hilang, Anda harus segera mengurusnya.
Anda bisa mempersiapkan semua syarat yang dibutuhkan selambat-lambatnya 14 hari sebelum tanggal berlaku SIM kamu habis.
Jika melebihi batas waktu berlaku SIM, Anda harus membuat SIM baru lagi. Jadi, pastikan Anda tidak lewat dari waktu yang sudah ditentukan.
Cara Perpanjang SIM Online
Untuk perpanjang SIM online berikut prosedur yang harus diikuti, di antaranya:
1. Pendaftaran di Web Registrasi SIM Online
Pendaftaran perpanjang SIM online bisa Anda lakukan dengan mengunjungi website Korlantas Polri. Berikut panduan untuk melakukan pendaftaran online perpanjang SIM:
Pertama Anda bisa buka website http://sim.korlantas.polri.go.id kemudian masuk ke dalam pilihan menu registrasi online, lalu pilihlah menu Pendaftaran SIM Online.
Kemudian Anda akan melihat Informasi Pendaftaran Online yang terdapat di halaman yang sama. Anda juga dapat melihat lokasi Satpas, keterangan persyaratan, panduan penggunaan website dan formulir data permohonan yang wajib diisi.
Saat memilih kantor Satpas dan lokasi yang ingin dituju, pastikan Anda memilih lokasi yang terdekat dengan tempat tinggal. Karena hal ini akan berpengaruh kepada proses perpanjangan sim Anda.
Jika Anda datang ke tempat selain yang dipilih, maka proses penerbitan SIM tidak dapat dilakukan. Setelah selesai memilih lokasi kantor Satpas pada website, Anda bisa langsung lanjut mengisi data pribadi di formulir selanjutnya.
Setelah mengisi formulir data pribadi, Anda bisa lanjut mengisi formulir informasi Data Keadaan Darurat.
Di halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk mengisi Konfirmasi Data Input, dan pastikan semua informasi yang dimasukkan telah sesuai.
Setelah semuanya selesai dan dipastikan sesuai dengan data pribadi, Anda bisa memilih tanggal pengambilan SIM.
Langkah terakhir, klik kirim dan setelah itu akan muncul halaman konfirmasi registrasi online bahwa Anda telah berhasil melakukan perpanjangan dan akan mendapatkan bukti registrasi online yang akan dikirim melalui e-mail. Dengan begitu Anda telah menyelesaikan registrasi SIM online.
2. Pembayaran aplikasi perpanjangan SIM online
Tahap berikutnya setelah pendaftaran online, yakni Anda dapat melakukan pembayaran biaya yang ditagihkan untuk perpanjangan SIM langsung ke ATM, EDC, ataupun teller di seluruh lokasi Bank BRI.
3. Pemerikasaan Kesehatan
Untuk memperpanjang SIM secara online, Anda akan diminta menjalani pemeriksaan kesehatan.
Pada tahapan ini, Anda harus menyiapkan surat keterangan kesehatan mata untuk proses perpanjangan SIM karena itu menjadi salah satu persyaratan wajib.
Jadi, pastikan Anda melakukan tes buta warna untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan mata.
4. Kunjungi Satpas/Gerai/SIM Keliling
Setelah Anda memilih tanggal kedatangan, Anda bisa mengunjungi Satpas/ Gerai/ Sim keliling yang telah dipilih saat registrasi online.
Pastikan Anda meyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan sebelum mengunjungi Satpas tersebut. Pihak kepolisian akan memeriksa data yang dimasukan pada website pendaftaran.
Bila data sesuai, maka pihak kepolisian akan melakukan proses identifikasi dan verifikasi meliputi pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan.
5. Pengambilan SIM
Selesai menjalani semua prosedur dan persyaratan perpanjang SIM online. Anda bisa menunggu panggilan untuk mengambil SIM yang sudah jadi.
Pihak kepolisian akan memanggil nama Anda begitu SIM selesai dicetak. Biasanya ini tidak akan memakan waktu lama.
Lakukan Perpanjangan SIM Online Kamu
Setelah Anda mengetahui syarat dan prosedur perpanjang SIM online, kini saatnya Anda mencoba perpanjang SIM secara online.
Jika sebelumnya perpanjang SIM menjadi sesuatu yang merepotkan, karena Anda harus datang langsung ke kantor Satpas di daerah sekitar, harus menghabiskan waktu untuk datang langsung dan mengantri, sekarang kamu sudah bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja secara online.
Bagaimana? Jauh lebih efisien bukan? Tapi sebelum melakukan perpanjangan SIM, pastikan Anda mempersiapkan syarat-syarat yang diminta, ya!
Sumber: liputan6.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/begini-cara-perpanjang-sim-online-tanpa-antre-dan-ga-pake-ribet/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Begini Cara Mudah Untuk Jaga Tubuh Tetap Sejuk Ketika Tidur

Begini Cara Mudah Untuk Jaga Tubuh Tetap Sejuk Ketika Tidur

papar berkaitan - pada 18/2/2019 - jumlah : 256 hits
Cuaca yang serba tak menentu seperti saat ini membuat kadang kala malam hari bisa sangat panas Kondisi gerah di malam hari ini bisa membuat tidurmu jadi terganggu dan tak nyenyak
Begini Cara Rasulullah Meruqyah Diri Sendiri Dan Keluarganya

Begini Cara Rasulullah Meruqyah Diri Sendiri Dan Keluarganya

papar berkaitan - pada 18/2/2019 - jumlah : 263 hits
Ruqyah merupakan cara menyembuhkan penyakit dengan membacakan ayat ayat al Qur an dengan meniatkan untuk melindungi diri dan menyembuhkan diri dari penyakit Dalam Islam umat Muslim disunnahkan untuk meruqyah diri sendiri sebagaimana dikatak...
Begini Cara Mudah Dan Singkat Untuk Berantas Bakteri Penyebab Bau Sepatu

Begini Cara Mudah Dan Singkat Untuk Berantas Bakteri Penyebab Bau Sepatu

papar berkaitan - pada 20/2/2019 - jumlah : 266 hits
Untuk melakukan hal ini disarankan menggunakan pembersih tangan dengan kadar alkohol setidaknya 60 persen Diketahui bahwa pembersih dengan kadar alkohol antara 60 hingga 95 persen lebih efektif untuk memberantas bakteri
Bertukar Piyama Begini Cara Ruben Onsu Bahagiakan Sarwendah Lewat Cara Sederhana

Bertukar Piyama Begini Cara Ruben Onsu Bahagiakan Sarwendah Lewat Cara Sederhana

papar berkaitan - pada 20/2/2019 - jumlah : 197 hits
Sesederhana ini kok menghibur dan membahagiakan istri yang lagi hamil Pantes aja jadi pasangan favorit
Cara Melacak Orang Lewat No Hp Mudah Dan Ga Pake Lama

Cara Melacak Orang Lewat No Hp Mudah Dan Ga Pake Lama

papar berkaitan - pada 24/2/2019 - jumlah : 343 hits
Perkembangan teknologi terutama smartphone tentu saja bisa mempermudah siapa saja untuk mendapkan informasi Termasuk sebuah informasi yang mungkin mustahil untuk didapatkan yaitu melacak seseorang dengan nomor ponsel mereka Melalui bantuan ...
Di Balik Foto Instagram Yang Kece Ternyata Begini Cara Bikinnya Cukup Pakai Alat Yang Ada Di Rumah

Di Balik Foto Instagram Yang Kece Ternyata Begini Cara Bikinnya Cukup Pakai Alat Yang Ada Di Rumah

papar berkaitan - pada 14/2/2019 - jumlah : 289 hits
Ternyata bikin foto IG yang ngehits nggak harus dengan properti mahal Cukup tau angel nya dan lebih kreatif aja
Undur Undur Ternyata Berkhasiat Menyembuhkan Gangren Akibat Diabetes Begini Cara Konsumsinya

Undur Undur Ternyata Berkhasiat Menyembuhkan Gangren Akibat Diabetes Begini Cara Konsumsinya

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 220 hits
Meski bikin geli dan sepintas tidak ada gunanya ternyata undur undur mujarab untuk mengatasi ancaman diabetesmu
Sscasn Resmi Dibuka Ini Panduan Cara Daftar Online Penerimaan Pppk

Sscasn Resmi Dibuka Ini Panduan Cara Daftar Online Penerimaan Pppk

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 228 hits
Pemerintah saat ini kembali mempersiapkan proses rekrutmen pegawai Namun penerimaan kali ini bukan untuk calon pegawai negeri sipil laiknya tahun lalu Melainkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahap I yang akan dimulai Februari 2...
Begini Cara Pramugari Dilatih Sebelum Layak Terbang Di Awan Biru

Begini Cara Pramugari Dilatih Sebelum Layak Terbang Di Awan Biru

papar berkaitan - pada 11/2/2019 - jumlah : 454 hits
Kerjaya di awan biru sebagai kru penerbangan sememangnya menjadi kerjaya idaman kebanyakkan ramai orang terutamanya di kalangan wanita Meskipun kerjaya bergelar sebagai pramugari itu cukup popular namun tidak ramai yang mengetahui proses se...
Pesanan Buat Sang Suami

Hari Pekerja 2024 Sejarah Tema Sambutan

Kisah Bekas Pekerja Kfc Dan Boikot

Parents More Involved In Autistic Children S Learning Post Pandemic

Pks Sebut Nama Wali Kota Depok Mohammad Idris Masuk Kandidat Pilkada Jabar

Masih Beraya

Drama Khilaf Yang Tertulis

Continuous Learning



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Kopi Surat Cinta Kota Damansara

8 Aneka Resepi Kuih Tradisional Berasaskan Pisang

Beyond Pregnancy And Weight Loss Maryland Breast Augmentation Solutions

Anwar Mahu Saman Individu Sebar Fitnah Isu Kasino

Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Lawatan Ke Arab Saudi Buka Peluang Syarikat Malaysia Sertai Projek Mega