Apa Sebab Sebuah Lagu Sulit Diterima Orang Ramai


Ilustrasi artikel. (Dok. IslamicTunesNews)Setiap penyanyi tentu mendambakan karya lagu yang dirilisnya dapat diterima oleh orang ramai, agar pesan pada lagu tersebut sampai pada masyarakat luas. 
Sebelum karya lagu dirilis oleh para penyanyi dengan tim produksinya akan mengemas lagu tersebut secara matang dan profesional. Mulai dari penulisan lirik, membuat irama yang berjiwa, olah vokal yang bagus, hingga penggarapan musik yang diharapkan mampu mengantarkan lagu pada jiwa pendengarnya. 
Langkah promosipun dilakukan, dalam sinergi dan strategi demi menembus pasar, serta optimalisasi pemanfaatan media sosial dan media promosi lainnya. 
Pada titik tertentu kadang timbul pertanyaan pada diri sendiri, kenapa lagu tersebut tidak mampu mendapatkan respon dari masyarakat. Ditandai dengan minimnya komen pada postingan lagu tersebut, baik di akun media sosial, YouTube, dan lainnya. Tidak salah jika disimpulkan bahwa karya lagu tersebut belum mampu menggelitik jiwa pendengarnya. 
Sebelum melahirkan sebuah karya lagu, ada baiknya kita memperkaya diri dulu dengan banyak referensi lagu, dan menganalisa penyebab lagu tersebut bisa meraih kesuksesan. 
Adapun beberapa ikhtiar yang dapat kita lakukan sebelum memproduksi karya lagu adalah sebagaimana berikut. 
A. Penentuan tema lagu 
Tema sebuah lagu akan menentukan pendengar untuk ikut terbawa pada lirik yang dilantunkan. Lirik yang universal akan mampu menjangkau berbagai lapisan masyarakat dan kalangan usia. Lirik yang baik dan everlasting adalah lirik yang lugas dengan sentuhan diksi untuk melahirkan nilai sastra yang multi interprestasi. Karya lagu yang baik adalah yang mengutamakan keperluan masyarakat, bukan idealisme sebagai seorang seniman, demi mempengaruhi mereka agar selalu berperilaku baik sesuai syariat. 
Unsur humaniora atau sisi kemanusiaan yang jamak dialami oleh orang jadi langkah praktis bagi sebuah lagu untuk mudah diterima masyarakat luas. 
Pemilihan tema dari isu terkini juga bagus bagi sebuah lagu untuk dapat diterima, namun sebaiknya tetap dikemas dengan lirik yang tak berbatas waktu agar tidak bersifat temporary. 
B. Aransemen Musik 
Masyarakat ingin memperoleh sajian lagu dengan kemasan musik yang sedang tren. Memasukan unsur musik lawas tidak ada salahnya, namun bagaimana upaya kita untuk mensenyawakannya agar menjadi sebuah sajian baru. 
C. Vocal Recording 
Menyanyi bukan sekadar melantunkan lagu dengan indah. Sebelum menyanyikan sebuah lagu kita perlu mengilhami terlebih dahulu kata demi kata pada liriknya. Apakah itu ungkapan bahagia, kesedihan, kebimbangan, penegasan, pertanyaan, ajakan, dan berbagai jenis emosional lainnya. Dari sinilah upaya penjiwaan atau soul sebuah lagu dapat kita wujudkan. 
Pengucapan setiap suku kata harus jelas, karena bernyanyi itu konsep dasarnya adalah berbicara. Jika yang kita bicarakan tidak jelas, tentu yang mendengarnya tidak paham dengan apa yang kita ucapkan. 
D. Mixing dan Mastering 
Panduan dalam melakukan mixing dan mastering sebuah lagu sebaiknya kembali pada prinsip dasar sebuah alat musik dan vokal, agar sebuah lagu makin nyaman untuk didengar. 
Sebelum melakukan mixing, kita bisa memperhatikan dulu posisi para personal grup musik saat di atas panggung. Akan jelas terlihat susunan siapa yang paling depan dan siapa yang di belakang. Dari situ bisa jadi panduan bagi kita saat mengatur level volume, mulai dari vokal, gitar, piano, violin, flute, drum, dan alat musik lainnya. 
Lagu solois yang musiknya diaransemen secara full midi oleh arranger mungkin tidak menjadi persoalan dalam mengatur volume setiap instrument musik saat proses mixing dilakukan. Permasalahan bisa terjadi pada grup musik, di mana salah seorang personal kadang menginginkan alat musik yang dimainkannya lebih menonjol terdengar. Dan adakalanya kecenderungan personal yang melakukan mixing yang menonjolkan alat musik tertentu tanpa nengindahkan ketentuan dasarnya. 
Bagaimanapun, yang menjadi ujung tombak pada sebuah lagu adalah vokal, apalagi nasyid, yang ingin melekatkan pesan-pesan dakwahnya pada pendengar lewat lirik lagunya. Volume vokal memang harus lebih menonjol dari aransemen musik. Ini bisa dibuktikan saat kita mendengar sebuah lagu nasyid dari kejauhan melalui toa masjid. 
Namun itu semua jika kita mengacu pada selera umum masyarakat pada saat ini, akan tetapi standar baku antara vokal dan aransemen musik tetap pada level volume yang sama. 
Sebuah lagu yang sudah dibuat dengan lirik dan irama yang bagus akan bisa kita reka sendiri nasibnya jika dilantunkan tanpa soul, aransemen musik yang hampa filosofi, pengucapan yang tidak jelas, dan mixing yang kurang tepat. Meskipun kita kerja keras mempromosikannya, ibarat kue yang dijajakan keliling kampung, jika tak enak orang hanya mencicipi saja tanpa menghabiskannya, dan mustahil akan mau memutar lagi lagu tersebut. 
Sebuah karya yang bagus kadang tidak langsung meletup saat dirilis, ada masa yang tepat baginya untuk naik. Karena sebuah karya ketika dilayarkan akan menemukan nasib dan muaranya sendiri. Simpanan emas yang akan berkilauan pada waktunya. 
Akan tetapi, semua tetap kembali kepada kehendak Allah SWT yang akan menentukan orang yang akan dinaikkan derajat dan kemuliannya, beserta karyanya. Dengan menjaga ibadah, kesantunan pada orangtua, menjalin silaturahmi dan merawatnya, insyaa Allah, ada jalan dari-Nya. Wallahu a’lam. (*)

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://news.islamictunes.net/2019/10/apa-sebab-sebuah-lagu-sulit-diterima.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Viral Gabungkan Tarian Lagu Blackpink 4 Kanak Kanak Hiburkan Warganet

Viral Gabungkan Tarian Lagu Blackpink 4 Kanak Kanak Hiburkan Warganet

papar berkaitan - pada 25/7/2020 - jumlah : 204 hits
Nampaknya empat kanak kanak ini sentiasa membuatkan peminat tidak jemu melihat mereka Tular beberapa kali selepas bakat mereka yang berlakon dalam beberapa drama lucu sekali gus menjadikan mereka semakin dikenali dilaman sosial Ini kerana p...
Lirik Lagu Anji Dia

Lirik Lagu Anji Dia

papar berkaitan - pada 25/7/2020 - jumlah : 175 hits
Lirik Lagu Anji DiaDi suatu hari tanpa sengajakita bertemuAku yang pernah terlukakembali mengenal cintaHati ini kembali temukansenyum yang hilangSemua itu karena diaOh Tuhan kucinta dia Ku sayang dia rindu dia inginkan diaUtuhkanlah rasa ci...
Lirik Lagu Melamar Rindu Tajul

Lirik Lagu Melamar Rindu Tajul

papar berkaitan - pada 25/7/2020 - jumlah : 174 hits
Hadirnya dirimuKu rasa bagaikan emas permataDirimu wajahmuSemakin kian bermain di mindaHadirnya dijiwaKurasa sesuatu detik yang indahDirimu oh sayangkuMengajar aku ertinya bercintaKu rasa dirimuBagaikan permata bersinarKu harap dirimuMenjad...
Lirik Lagu 12 Tahun Terindah Bunga Citra Lestari

Lirik Lagu 12 Tahun Terindah Bunga Citra Lestari

papar berkaitan - pada 24/7/2020 - jumlah : 538 hits
Lirik Lagu 12 Tahun Terindah Bunga Citra LestariTerdiam ku disini termenungMemikirkan dirimuJalani hari biru bersamaVersi kecil dirimuTuk memahamiTuk menerimaOh terima kasihTuhan kau telah berikan12 tahun terindahBersama dirinyaMenjalani ci...
Lirik Lagu Sampai Isa Isarb

Lirik Lagu Sampai Isa Isarb

papar berkaitan - pada 24/7/2020 - jumlah : 624 hits
Lirik Lagu Sampai Isa Isarb Sampai aku sampai Sampai atas puncak ramai Ramai yang cuba jatuhkan aku Ludah ke langit pun tak sampai ku Kita sudah sampai Ok ok kita sampai Jap jap kita sampai Ok ok kita sampai Jap jap kit kit kit Bukan senang...
Intel Mengalami Godaman Data Serius Maklumat Sulit Sebanyak 20gb Kini Menjadi Tatapan Umum

Intel Mengalami Godaman Data Serius Maklumat Sulit Sebanyak 20gb Kini Menjadi Tatapan Umum

papar berkaitan - pada 8/8/2020 - jumlah : 214 hits
Bagai jatuh kemudian ditimpa tangga Itu mungkin perumpamaan yang paling sesuai untuk digunakan buat Intel sekarang selepas pelbagai laporan keluar mengenai isu terbaru yang membelenggu syarikat pembuat cip tersebut Tom s Hardware melaporkan...
Hubungan Sulit Si Isteri Akhirnya Terbongkar

Hubungan Sulit Si Isteri Akhirnya Terbongkar

papar berkaitan - pada 13/8/2020 - jumlah : 322 hits
LIMA Hubungan sulit pasangan yang sudah berkahwin memang sukar untuk disembunyikan Inilah yang terjadi kepada seorang lelaki di Lima Peru yang berjaya mengetahui hubungan sulit isterinya semasa dia sedang melayari aplikasi Google Maps Stree...
Marion Jola Rilis Lagu Baru Aduh Aduhmarionjola Langsung Trending Twitter

Marion Jola Rilis Lagu Baru Aduh Aduhmarionjola Langsung Trending Twitter

papar berkaitan - pada 24/7/2020 - jumlah : 591 hits
Marion Jola Rilis Lagu Baru Aduh AduhMarionJola Langsung Trending TwitterPenyanyi Marion Jola kembali hadir melalui lagu terbarunya kali ini berjudul Aduh yang merupakan single pertama setelah album perdana MARION yang dirilis pada Juli 201...
Lirik Lagu Lost Frequencies One More Night Ft Easton Corbin Arti Terjemahan

Lirik Lagu Lost Frequencies One More Night Ft Easton Corbin Arti Terjemahan

papar berkaitan - pada 25/7/2020 - jumlah : 202 hits
Terjemahan Lirik Lagu Lost Frequencies One More Night ft Easton Corbin Lirik Terbaru Lagu One More Night sudah dilengkapi dengan Arti dan Terjemahannya dalam Bahasa Indonesia Baca Juga Lirik Lagu David James If I Were You Arti Terjemahan Da...
Jenis Pelaburan Terbaik Di Malaysia

Kenaikkan Harga Hotel Bajet Bakal Jejaskan Industri Pelancongan Negara

Datin Thalia Terkilan Dengan Sikap Buruk Pembantu Rumahnya

Pm Political Stability Making Malaysia Valued Investment Destination

Honor Lancar Empat Peranti Baharu Honor Pad 9 5g Honor X7b 5g Honor Magicbook X 16 Honor Band 9

Either You Are For The Working Class Or Against It Anwar You Can T Both Run With The Foxes And Hunt With The Hounds

Persatuan Hotel Bajet Sarankan Penggunaan Pekerja Asing Untuk Industri Perhotelan

Kkb Polls Respect Mca S Decision To Boycott Campaign



8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik


Masverse Unveils Groundbreaking Blockchain Platform

Update Daftar Link 50 Anggota Aktif Komunitas Blogger Pontianak

Time Crunched Car Care How Mobile Washes Save The Day

Semakin Ramai Kanak Kanak Masuk Hospital Akibat Vape E Rokok

Home Detention Najib Keputusan Lembaga Pengampunan Atau Bukan

Mainkan Peranan Anda Dan Gunakan Semangat Pasukan Untuk Menaikkan Piala Thomas