Al Qur Tentang Kapal Kapal Raksasa



Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Peminat Sains Qur’an/Dosen Pasca Sarjana Magister Teknik Sipil UIR

              Allah SWT berfirman, “Milik-Nya perahu-perahu yang berlayar di lautan bagaikan gunung-gunung yang tinggi.” (Ar-Rahman: 24). “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah perahu-perahu yang berlayar di lautan seperti gunung-gunung yang tinggi.” (Asy-Syura: 32). Kedua ayat ini memberikan petunjuk berupa perumpamaan perahu-perahu layar bagaikan gunung-gunung yang tinggi. Atau menginformasikan kelak adanya kapal-kapal raksasa yang besar dan tingginya menyerupai gunung.

            Dr. Nahdiah Thayyarah dalam (buku pintar Sains Dalam Al-Quran). Rasulullah hidup di daerah gurun yang jauh dari pantai. Selain itu, perahu layar pada zaman beliau pun masih kecil ukurannya. Dan tidak logis pada masa itu untuk meyerupakan perahu-perahu itu dengan gunung-gunung yang tinggi.

            Coba kita lihat, perahu-perahu yang menyerupai gunung pada zaman kita sekarang. Apa itu? Benar, bisa jadi ‘Kapal Pesiar’. Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Kapal pesiar (bahasa Inggris: cruise ship atau cruise liner) adalah kapal penumpang yang dipakai untuk pelayaran pesiar. Penumpang menaiki kapal pesiar untuk menikmati waktu yang dihabiskan di atas kapal yang dilengkapi fasilitas penginapan dan perlengkapan bagaikan hotel berbintang. Sebagian kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Lama pelayaran pesiar bisa berbeda-beda, mulai dari beberapa hari sampai sekitar tiga bulan tidak kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Kapal pesiar berbeda dengan kapal samudra (ocean liner) yang melakukan rute pelayaran reguler di laut terbuka, kadang antar benua dan mengantarkan penumpang dari satu titik keberangkatan ke titik tujuan yang lain. Kapal yang lebih kecil dan sarat air kapal yang lebih rendah digunakan sebagai kapal pesiar sungai.

Miliarder Rusia Roman Abramovich tidak bisa lagi mengklaim menjadi pemilik “Superyacht” atau kapal pesiar terbesar di dunia. Tidak setelah kemunculan “Azzam”, yang kini menjadi kapal pesiar mewah terbesar dan terpanjang di dunia. Kapal dengan panjang 590 kaki ini, 57 kaki lebih panjang dari “Eclipse”, kapal pesiar milik Abramovich. Biaya pembangunan kapal tersebut sangat fantastis mencapai US$ 605 juta setara dengan Rp. 6,1 triliun. Dipastikan biaya operasionalnya pun selangit. Mengutip laman CNN, Sabtu (20/7/2013), “Azzam” raksasa ini memiliki luas melebihi lapangan sepak bola, lebih besar dari kapal angkatan laut AS Arleigh Burke dan lebih luas daripada kapal pesiar populer manapun.

            Berikut ini tiga kapal pesiar bagaikan gunung yang terbesar dan tertinggi di dunia yang saya kutip dari (http://id.berita.yahoo.com/). Pertama. Azzam mempunyai, Panjang: 590 kaki, Kecepatan Tertinggi: 31,5 knot dan Total Daya: 94 ribu horsepower (hp). Azzam tak hanya menjadi kapal pesiar super terbaru dan terbesar di dunia, tapi juga merupakan yang tercepat. Pada percobaannya di North Sea, kecepatannya mencapai 31,5 knot atau 37 mil per jam. Kapal ini didesain selama satu tahun sebelum akhirnya menelan waktu tiga tahun untuk membangunnya. Biaya yang dihabiskan untuk mendirikan kapal ini sebesar US$ 609 juta. Jumlah itu sekitar setengah dari biaya kapal terbesar pada 2012, Eclipse. Kedua. Eclipse, mempunyai, Panjang: 553 kaki, Kecepatan tertinggi: 25 knot. Dengan harga hampir US$ 1,2 miliar, Eclipse menjadi kapal termahal di dunia. Kapal ini dilengkapi dengan dua tempat pendaratan helikopter,  11 kamar tamu, dua kolam renang dan gedung pesta. Eclipse bisa mengangkut 30 penumpang dan 75 kru kapal. Meski rincian kapal ini masih belum dikonfirmasi, tapi perkiraan panjang kapal diperkirakan mencapai 53 atau 57 kaki. Seorang pengusaha Rusia, Roman Abramovich tercatat membelinya pada tahun 2010 lalu. Ketiga. Dubai mempunyai, Panjang:  531 kaki, Kecepatan tertinggi: 26 knot dan Total Daya: 38.500 hp. Dubai dikatakan memiliki kolam renang berlantai marmer dan satu lahan pendaratan helikopter dengan angkutan seberat 10 ton. Terdapat 115 kamar, termasuk kamar tamu dan kru kapal. Kapal ini mampu menempuh jarak hingga 8.500 mil.

            Apakah Anda kenal dengan Freedom Ship? Apakah kapal yang satu ini termasuk salah satu  Ramalan Al-Quran tentang kapal-kapal raksasa yang menyerupai gunung? Sumber dari (http://www.tribunnews.com/), menjelaskan ramalan sebuah kapal raksasa yang spektakuler. Inilah Kapal Freedom, kapal pesiar impian futuristik yang mungkin saja akan menjadi kenyataan. Mungkin Anda pernah melihat ilustrasi sejenis ini di media-media Iptek atau publikasi-publikasi ilmiah di luar sana. Dengan segala kemajuan teknologi di abad 21 rasanya tidak ada yang tidak mungkin untuk diwujudkan. Menurut keterangan di situs resminya, proyek “Freedom Ship” ini nantinya kira-kira akan terlihat seperti ini: Bayangkan 25 bangunan-bangunan tinggi sepanjang 1 mil di New York dijejerkan; lalu bayangkan lagi semua itu terapung di atas air. “Freedom Ship” mempunyai kesamaan sedikit dengan kapal pesiar biasa; yang sebenarnya tidak lebih dari sebuah kapal tongkang (perahu seret) yang besar. Tapi bagaimana jika kapal raksasa ini ditujukan untuk sebuah perjalanan pelayaran yang butuh penjelajahan perlahan mengelilingi dunia, sepanjang garis pantai dan menyelesaikan satu putaran bumi tiap 3 tahun? Bahkan ada yang menyebutkan ini seperti sebuah negara yang merdeka. Bisa saja, “Freedom Ship” akan menjadi konstruksi buatan manusia terbesar di muka bumi jika berhasil dibuat meski harus dengan sedikit keajaiban mengingat proyek mega-konstruksi seperti ini sangat rawan gagal total. Sabagai catatan konsep di atas hampir sama dengan konsep yang dicetuskan tahun 1928, yaitu konsep bandar udara di atas bangunan raksasa! Arsitek-arsitek Los Angeles mengharapkan nantinya pesawat-pesawat pribadi akan menggantikan mobil di masa datang. Landasan pesawat diatas atap ini memiliki panjang 300 meter. Atau perhatikan mimpi futuristik “Dermaga Bandar Udara New York” oleh arsitek Harry B. Brainerd. Subhanallah Allahu Akbar, benar-benar bagaikan gunung-gunung tinggi.

Bila pada zaman Nabi Muhammad sama sekali tidak terlintas tentang kapal-kapal raksasa semacam uraian di atas. Lalu, siapakah yang mengajar kepada beliau tentang pengetahuan ini pada abad 1.400 tahun yang lalu? Yang mengajarkan kepada beliau adalah Allah SWT, pencipta langit dan bumi, penguasa arsy yang agung yang menurunkan Al-Quran yang mulia kepada beliau.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://danau-berita-blog.blogspot.com/2015/03/al-qur-tentang-kapal-kapal-raksasa.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Atta Halilintar Diduga Lecehkan Gerakan Sholat Ini Ayat Al Qur An Tentang Mengolok Olok

Atta Halilintar Diduga Lecehkan Gerakan Sholat Ini Ayat Al Qur An Tentang Mengolok Olok

papar berkaitan - pada 16/11/2019 - jumlah : 287 hits
Atta Halilintar yang dikenal sebagai Youtuber kondang dilaporkan ke polisi karena diduga melecehkan gerakan salat Kuasa hukum Ruhimat sebagai pelapor Firdaus Owiobo menjelaskan bahwa dugaan penistaan agama tersebut terdapat pada salah satu ...
Hishammuddin Kenapa Salahkan Saya Isu Lewat Peroleh Kapal Tldm

Hishammuddin Kenapa Salahkan Saya Isu Lewat Peroleh Kapal Tldm

papar berkaitan - pada 22/11/2019 - jumlah : 152 hits
Bekas menteri pertahanan Hishammuddin Hussein membidas tuduhan yang mengaitkannya dengan kelewatan perolehan enam kapal Tentera Laut Diraja Malaysia jenis kapal tempur pesisir pantai Beliau berkata serangan yang mengaitkannya dengan kelewat...
Kenapa Tiket Kapal Terbang Pergi Sabah Sarawak Lagi Mahal Dari Pergi Filipina Dan Indonesia Ini Jawapannya

Kenapa Tiket Kapal Terbang Pergi Sabah Sarawak Lagi Mahal Dari Pergi Filipina Dan Indonesia Ini Jawapannya

papar berkaitan - pada 22/11/2019 - jumlah : 615 hits
Anda semestinya tertanya tanya mengapa harga tiket penerbangan menjadi sangat mahal dan dalam beberapa situasi lain harga tiket dijual pada harga yang murah Sebagai contoh persoalan yang sering bermain di dada media sosial mengapa harga tik...
Kapal Tenggelam Disambar Petir Di Nias Selatan 1 Nelayan Meninggal 4 Hilang

Kapal Tenggelam Disambar Petir Di Nias Selatan 1 Nelayan Meninggal 4 Hilang

papar berkaitan - pada 22/11/2019 - jumlah : 120 hits
Korban selamat berenang ke tepian menggunakan jeriken Mereka kemudian melaporkan kejadian itu ke pos TNI AL Pulau Pini jelas Sukroadi
Bakamla Tangkap Kapal Pengangkut 35 Ton Bbm Ilegal Di Perairan Cilegon

Bakamla Tangkap Kapal Pengangkut 35 Ton Bbm Ilegal Di Perairan Cilegon

papar berkaitan - pada 21/11/2019 - jumlah : 108 hits
BBM tersebut diduga didapat dari hasil penggelapan atau pemindahan muatan dari kapal tunda di sekitar perairan tersebut
Gerindra Dukung Menteri Edhy Lelang Kapal Pencuri Daripada Tenggelamkan

Gerindra Dukung Menteri Edhy Lelang Kapal Pencuri Daripada Tenggelamkan

papar berkaitan - pada 21/11/2019 - jumlah : 142 hits
Gerindra Dukung Menteri Edhy Lelang Kapal Pencuri daripada Tenggelamkan Karena itu Gerindra membiarkan Edhy mencari cara lain untuk mengatasi kapal pencuri ikan Salah satunya dengan membiarkan kapal pencuri itu dilelang
Gerindra Bela Menteri Edhy Prabowo Batasi Penenggelaman Kapal

Gerindra Bela Menteri Edhy Prabowo Batasi Penenggelaman Kapal

papar berkaitan - pada 19/11/2019 - jumlah : 172 hits
Gerindra Bela Menteri Edhy Prabowo Batasi Penenggelaman Kapal Ia mengingatkan bahwa Edhy Prabowo tidak mengubah kebijakan Menteri sebelumnya yakni Susi Pujiastuti
Orang Terjun Dari Kapal Sebab Dengar Kena Panggil Cerita Pengalaman Ayah Kerja Atas Kapal Menginsafkan

Orang Terjun Dari Kapal Sebab Dengar Kena Panggil Cerita Pengalaman Ayah Kerja Atas Kapal Menginsafkan

papar berkaitan - pada 21/11/2019 - jumlah : 786 hits
Dunia ini penuh dengan perkara yang tidak dijangka dan mungkin tidak ingin dilihat oleh kita semua termasuk di laut yang terbentang luas Sesiapa sahaja yang bekerja di kapal atau offshore pasti sudah lali dengan laut bergelora yang sangat m...
Kenapa Setiap Kapal Terbang Ada Limit Berat Masa Check In Bag

Kenapa Setiap Kapal Terbang Ada Limit Berat Masa Check In Bag

papar berkaitan - pada 23/11/2019 - jumlah : 314 hits
Korang kena faham kenapa setiap airlines kena limit kan KG untuk check in bag juga hand carry bukan saje ii x nk bg korg check in lebh dri allowance yg korang dapat nak taw sebb ape stiap airlines bole check in 30kg or 1 pieces sekadar gamb...
Lesson In Economics From Hawkers Rebellion

Banjir Besar Dubai 2024 Ustaz Azhar Idrus

Lirik Lagu Cinta Setandan Pisang Eda Ezrin Den Manjo

Too Soon To Tell Analyst Says On Mipp S Prospects In Pn

Puasa Tarwiyah 2024 Maksud Hari Tarwiyah Hukum Berpuasa

Govt Opposition Should Agree On Redelineation Formula Says Bersatu Man

Kuala Kubu Baharu Of Fortress On Estuary And Lee S Legacy

Malaysia Bersedih Kehilangan 10 Wira Negara



Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023


Uncover The Secrets Of Riversweeps The Online Casino That S Different

Isteri Bersubahat Dengan Suami Melakukan Amang Seksual Terhadap Remaja 17 Tahun

Mb S Son Five Others Remanded In Rm600 000 False Claim Probe Under Macc

Dilema Calun Prk Kkb Melayu Atau Cina

Beli Rak Rempah 3 Tingkat

The Friendly S Music Pub By Kvadrat Architects In Astana Kazakhstan