7 Obat Kolesterol Alami Yang Mudah Dicari Dari Bawang Putih Sampai Ketumbar


Foto: Getty Images/iStockphoto/Anetlanda
Jakarta - Kadar kolesterol jahat yang meningkat di dalam darah dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Beberapa jenis obat kolesterol alami diyakini bisa membantu menurunkannya.
Sebenarnya kolesterol dibutuhkan dalam tubuh untuk membangun sel-sel baru. Kolesterol membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D, menghasilkan asam empedu untuk mencerna lemak dan menghasilkan sejumlah hormon. Akan tetapi, jika kadar kolesterol melampaui batas normal, beberapa penyakit akan mengintai, seperti serangan jantung dan stroke.
Baca juga: Catat, Ini 10 Obat Kolesterol Ampuh dan Mudah DicariMeningkatnya kolesterol bisa terjadi akibat:
Mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti gorengan, fast food, dan makanan olahanSering mengonsumsi minuman kemasan dan es krimKurangnya olahragaFaktor keturunanBeberapa keluhan yang muncul seperti pusing, pegal, tangan dan kaki terasa sakit, sering kesemutan, hingga nyeri di dada. Untuk menurunkan kolesterol, bisa gunakan bahan-bahan alami yang keberadaannya mudah didapat, berikut di antaranya:
1. Bawang PutihBawang putih sudah sejak lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis. Sebab, mengandung senyawa flavonoid dan saponi.
Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat kolesterol alami, caranya sangat mudah. Makan tiga sampai empat siung setiap hari, jangan lupa banyak minum air untuk menghindari dehidrasi akibat zat diuretik yang terkandung dalam bawang putih.
2. KunyitWarna kuning pada kunyit mengandung kurkumin, sehingga berkhasiat menguras asam empedu. Masakan yang mengandung bahan kunyit sangat bermanfaat bagi pengidap kelesterol tinggi. Sifat kunyit tersebut berguna untuk menekan pengaruh buruk lemak jenuh.
Jika ingin mengonsumsi makanan yang bersantan, sebaiknya campurkan bumbu kunyit ke dalamnya. Kunyit dalam hidangan bersantan mampu menetralkan pengaruh buruknya.
3. SeledriObat kolesterol alami lainnya adalah seledri. Bahan masakan dengan aroma yang khas ini mampu menurunkan hipertensi dan kolesterol pada tubuh secara efektif. Di dalam seledri terdapat kandungan ekstrak heksana yang mampu menurunkan tekanan darah.
Selain itu, kandungan metanol dan etanol di dalam seledri dapat membuat sirkulasi darah meningkat sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah. Cara mengonsumsi seledri sebagai obat kolesterol alami bisa dibuat sebagai jus. Mengonsumsi jus seledri sebanyak satu gelas sehari dapat menurunkan tekanan darah dengan maksimal.
4. Daun SalamDaun salam yang biasa digunakan untuk bumbu masakan, juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Caranya dengan menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun salam yang sudah bersih dan rebus dengan 3 gelas air. Jika tinggal tersisa satu gelas, saring air rebusan daun salam. Lebih baik mengonsumsi di saat malam hari. Tidak hanya untuk menurunkan kolesterol jahat, daun salam juga dapat bermanfaat untuk mengatasi asam urat.
5. Daun SirsakMasyarakat sudah lama memanfaatkan jus buah sirsak dan rebusan daun sirsak untuk menurunkan berat badan dan juga sebagai obat kolesterol alami. Berdasarkan penelitian, ternyata air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang mempunyai efek menghambat pembentukan kolesterol.
Cara membuatnya, cukup rebus beberapa lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih terlebih dulu, kemudian rebus di air mendidih dan saring. Konsumsi air rebusan daun sirsak selagi hangat.
6. KetumbarKetumbar tidak hanya digunakan untuk membuat aroma masakan lebih sedap dan menggoda saja. Namun, ketumbar juga bisa digunakan sebagai obat penurun kolesterol jahat. Di dalam biji ketumbar juga terkandung beberapa jenis asam yang efektif membantu mencegah pengendapan kolesterol dalam darah.
Air ketumbar dapat diminum untuk membantu menurunkan kolesterol jahat. Caranya dengan memasak dua sendok ketumbar dengan air mendidih dan saring. Konsumsi dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Bisa pula ditambahkan dengan sedikit madu sebagai pemanis rasa.
7. Cuka ApelCuka sari apel merupakan obat kolesterol alami yang mudah dicari. Dengan mengonsumsi cuka sari apel dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein).
Kandungan serat larut yang terdapat pada sari cuka apel dapat menyerap kolesterol jahat dan lemak dalam tubuh. Serat larut ini juga menambahkan massa yang akan membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membuat porsi makan berkurang.
Cara mengonsumsi sari cuka apel dengan mencampurkan segelas air dan satu sendok teh sari cuka apel organik. Minum dua sampai tiga kali sehari setidaknya selama satu bulan agar hasil yang didapat maksimal.
Baca juga: Pentingnya Rutin Medical Check Up Sejak Muda, Apa Saja?

Simak Video "Hati-hati Kolesterol Naik! Perhatikan Tips Mengonsumsi Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
kolesterolciri-ciri kolesterol tinggikadar kolesterolobat kolesterol

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://www.casmair.com/2021/12/7-obat-kolesterol-alami-yang-mudah.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sambal Goreng Garing Campuran Ikan Bilis Bawang Goreng Rose Bawang Putih Crispy

Sambal Goreng Garing Campuran Ikan Bilis Bawang Goreng Rose Bawang Putih Crispy

papar berkaitan - pada 28/12/2021 - jumlah : 155 hits
Siapa peminat sambal goreng garing di sini Memang sumpah sedap sambal goreng garing ni Nak jadi kudap kudap pun boleh nak buat makan dengan nasi panas pun boleh Di sini kita sertakan resipi sambal goreng garing ni daripada Masfaliza Ab Jaaf...
Belajar Bahasa Sabah Dengan Mudah

Belajar Bahasa Sabah Dengan Mudah

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 349 hits
Bahasa Sabah atau loghat Sabah tidak sama dengan Bahasa Indonesia walaupun bunyi macam sama Bahasa Sabah banyak dipengaruhi oleh bahasa Kadazan Dusun Bajau Tausug Murut Tagalog Bahasa Sabah juga berbeza ikut kawasan contohnya yang di Papar ...
Bayar Zakat Lzs Dengan Cara Lebih Mudah

Bayar Zakat Lzs Dengan Cara Lebih Mudah

papar berkaitan - pada 15/12/2021 - jumlah : 321 hits
Assalamualaikum hai semua Dah hujung hujung tahun ni dah selesai ke bayaran potongan zakat korang Ha bayar kat negeri kelahiran bukan negeri bekerja Hurmmmm bukanlah tak boleh tapi kalau ada kesusahan atau apa apa kecemasan yang memerlukan ...
Diskaun Saman Pdrm Dilanjutkan Hingga 31 Disember 2021 Dan Ini Cara Bayar Saman Yang Lebih Cepat Dan Mudah

Diskaun Saman Pdrm Dilanjutkan Hingga 31 Disember 2021 Dan Ini Cara Bayar Saman Yang Lebih Cepat Dan Mudah

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 290 hits
DISKAUN SAMAN PDRM DILANJUTKAN HINGGA 31 DISEMBER 2021 DAN INI CARA BAYAR SAMAN YANG LEBIH CEPAT DAN MUDAH Diskaun Saman PDRM Lanjut Hingga Akhir Disember Ya ianya dilanjutkan Pengumuman awal tarikh bayarannya sehingga 12 12 2021 Kemudian i...
Pakar Kongsi Cara Mudah Nak Tahu Anak Perlu Jumpa Pakar Terapi Pertuturan Ataupun Tidak

Pakar Kongsi Cara Mudah Nak Tahu Anak Perlu Jumpa Pakar Terapi Pertuturan Ataupun Tidak

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 223 hits
Perkara yang paling membimbangkan mama papa tentu sekali anak tidak bercakap tidak mahu bercakap ataupun lambat bercakap dari usia sepatutnya Masalah kelewatan bahasa mungkin tidak nampak serius bagi bayi tetapi apabila kanak kanak meningka...
Ini Cara Mudah Bayar Saman Pdrm Diskaun 80 Guna Mesin Atm Tak Perlu Berbaris Panjang Lagi

Ini Cara Mudah Bayar Saman Pdrm Diskaun 80 Guna Mesin Atm Tak Perlu Berbaris Panjang Lagi

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 206 hits
Rakyat Malaysia berpusu pusu membayar tunggakan saman mereka sejak beberapa hari ini Ada yang sanggup berbaris panjang ke Balai Polis semata mata untuk membayar saman diskaun sebanyak 80 Tapi tahukah anda bahawa anda boleh untuk membayar sa...
Begini Cara Daftar Blt Anak Sekolah Rp3 4 Juta Yang Mudah Cepat

Begini Cara Daftar Blt Anak Sekolah Rp3 4 Juta Yang Mudah Cepat

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 184 hits
Terdapat bermacam ketentuan buat memperoleh BLT untuk anak sekolah mulai dari Rp 3 4 juta setahun Rincian siswa SD MI Sederajat merupakan Rp 900 000 per tahun ataupun Rp 75 000 per bulan ataupun Rp 1 5 juta per tahun ataupun Rp 125 000 per ...
Pesanan Buat Sang Suami

Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Continuous Learning

Embark On The Journey Of Family Togetherness With Sharp This Parents Day

Pengangguran Hilang Kerja Dan Kerja Luar Bidang



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting

They Travelled For Hours To Celebrate Raya With Us

Tinta Bernoktah

Peluang Bisnis Digital Apa Yang Bagus Tahun 2024