Usulan Program Kreativitas Mahasiswa


        

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA  USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
cara membuat tas dari kain flanel - JUDUL PROGRAM :

“TARING TARAF”  (TAS JARING TALI RAFIA)
PERPADUAN ANYAMAN JARING TALI RAFIA DAN LIMBAH PLASTIK DETERGEN, SEBAGAI INOVASI KERAJINAN  TANGAN DARI LIMBAH YANG BERNILAI EKONOMIS
BIDANG KEGIATAN :
PKM KEWIRAUSAHAAN (PKM-K)

Diusulkan oleh:
Siti Maimanah                4211414021/ 2021
Afnia Adillah    4211414022/ 2021
Kapindo Estuning Khoirul Umah    2501414094/ 2021
Mutaharoh    / 2012


UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG
2021

RINGKASAN
    Setiap orang tidak dapat lepas dari sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari. Plastik telah menjadi komponen penting dalam kehidupan modern saat ini yang serba praktis dan efisien. Plastik memiliki sifat ringan dan kuat, tahan terhadap korosi, transparan dan mudah diwarnai, serta sifat insulasinya yang cukup baik. Sifat itulah yang membuat plastik dapat eksis hingga saat ini. Berbagai produk dibuat dari plastik sesuai kegunaannya. Penggunaan plastik yang berkembang pesat menghasilkan masalah baru berupa limbah yang menggunung. Tanpa inisiatif dan kesadaran dari masyarakat sangatlah sulit untuk menanggulanginya.
Salah satu produk yang terbuat dari plastik yaitu tali rafia. Dapat dikatakan tali rafia merupakan produk plastik paling sederhana. Bahkan penggunaannya pun sederhana, hanya sekedar untuk mengikat sesuatu. Padahal banyak yang dapat kita lakukan pada tali rafia, seperti memanfaatkannya menjadi kerajinan tas yang bernilai ekonomis tinggi. Sehingga dapat dijadikan suatu peluang usaha yang menjajikan.

Keyword: Tas anyaman, Tali rafia, Tas tali rafia












BAB 1
PENDAHULUAN
    Latar Belakang Masalah
Plastik adalah salah satu jenis sampah yang lama terurai oleh tanah. Namun, bagi orang yang jeli, sampah plastik yang mencemari lingkungan itu bisa menjadi pundi-pundi rupiah setelah diolah. Begitu juga dengan tali rafia yang merupakan limbah plastic dapat diolah menjadi berbagai produk kerajinan tangan. Sebagian besar dari kita tentu tahu dan pernah mempergunakan tali rafia. Bahkan, bisa dikatakan tali rafia adalah tali yang paling sering kita gunakan untuk mengikat saat ini, dibanding dengan tali plastik atau tali tampar yang terbuat dari serabut kelapa. Karena banyak digunakan itulah, tali rafia jelas punya nilai ekonomis yang tinggi. Namun, apabila kita tinjau lebih jauh, tali rafia ini juga tergolong produk ramah lingkungan. Sebab, saat ini di pasaran ada tali rafia yang terbuat dari limbah plastik sisa pabrik atau limbah plastik sisa rumah tangga.
Tali rafia memiliki keunggulan yaitu mudah untuk dibentuk dan dikreasikan sesuai yang kita inginkan, selain itu tali rafia juga mudah untuk dijumpai. Setelah digunakan kondisi tali rafia tersebut juga tidak jauh berbeda dengan produk yang masih baru. Bermacam-macam warna pada tali rafia sangat menarik untuk dipadukan dengan bahan baku yang lain.
Tidak banyak orang yang sadar dan tertarik untuk memanfaatkan tali rafia menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomis lebih.sampah plastic lain seperti bungkus detergen juga sangat menarik untuk dimanfaatkan. Motif platik dan warna dari tali rafia dikombinasikan membentuk perpaduan yang manis.

    Perumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka permasalahan yang dibahas dalam program ini adalah:
    Bagaimana cara mengkreasikan tali rafia menjadi suatu produk yang bernilai tinggi?
    Bagaimana cara pembuatan tas jaring tali rafia?
    Bagaimana menciptakan peluang usaha dari produk tas jaring tali rafia?
    Bagaimana c ra mendapatkan keuntungan dari hasil usaha penjualan tas jaring tali rafia?

    Tujuan
    Tujuan program yang akan dicapai adalah sebagai berikut:
    Memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa tali rafia dapat dikreasikan menjadi produk tas yang lucu dan cantik
    Menumbuhkan jiwa seni dan kewirausahaan dikalangan mahasiswa untuk mendorong terciptanya wirausaha baru dengan memanfaatkan tali rafia yang umumnya hanya digunakan untuk mengikat saja, selain alternatif sebagai kemoceng
    Untuk mengetahui prospek usaha tas jaring tali rafia di lingkungan kampus dan tempat distribusi lain
    Untuk memanfaatkan tali rafia menjadi produk kerajinan cantik yang ekonomis.

    Luaran Yang Diharapkan
    Luaran yang diharapkan dalam program ini adalah:
    Terciptanya peluang usaha mandiri pada bidang kesenian
    Meningkatkan kreativitas mahasiswa yang inovatif, ramah lingkungan dan tepat guna
    Meningkatkan kecintaan mahasiswa terhadap produk dalam negeri.

    Kegunaan
    Adapun kegunaan program yang dimaksud adalah:
    Meningkatkan jiwa inovatif mahasiswa dalam menemukan karya yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha
    Meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam pengembangan di bidang seni
    Memperkenalkan pada masyarakat bahwa tali rafia dapat dikrasikan menjadi kerajinan tas yang bermanfaat dan bernilai ekonomi
    Mempermanis penampilan seorang wanita dengan tas jaring kreasi dari tali rafia.

BAB 2
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
    ANALISIS PRODUK
    Prospek Pengembangan Tas Jaring Tali Rafia sebagai Kerajinan Tangan yang  Manis
        Tas jaring tali rafia merupakan produk inovasi yang memanfaatkan tali rafia baik itu baru maupun bekas pakai sebagai bahan dasarnya dan limbah plastik detergen sebagai bahan tambahan untuk mempermanisnya.
         Tas jaring tali rafia mempunyai peluang usaha yang menjanjikan karena merupakan perpaduan antara tali rafia yang dianyam membentuk jaring dengan limbah plastik detergen yang beraneka warna dan motif, serta dipadu dengan hiasan bunga atau bentuk lain dari kain flanel. Sehingga tas ini tercipta untuk memanfaatkan tali rafia menjadi kerajinan tangan berupa tas jinjing.
        Oleh karena itu dengan adanya ide memproduksi tas jaring tali rafia ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk lebih memanfaatkan tali rafia dengan menjadikannya kerajinan tas yang manis serta dapat dijadikan sebagai peluang usaha baru dilengkapi dengan ide-ide kreatif dan inovatif lainnya.

    Keunggulan  Tas jaring Tali Rafia
    Keunggulan dari tas jaring tali rafia ini sebagai berikut:
    Bahan baku murah dan mudah didapat dari toko atau tempat buangan limbah
    Tali rafia merupakan sampah anorganik sehingga sukar untuk diurai oleh mikroorganisme
    Tali rafia memiliki beragam warna
    Dengan penggunaan bahan tambahan berupa limbah plastik detergen dan kain flanel membuat tampilan tas ini semakin manis.

    Perolehan Bahan Baku
        Perolehan bahn tas jaring tali rafia sangat mudah karena disetiap toko rata-rata menjualnya. Tali rafia juga merupakan bahan yang meskipun telah digunakan masih bagus sehingga kita tidak perlu bingung untuk mengkresikannya. Apalagi limbah plastik detergen, sudah pasti kita mudah untuk mendapatkannya.

    ANALISIS PEMASARAN
    Peluang Pasar
        Tas jaring tali rafia mempunyai prospek usaha yang menjanjikan karena di daerah sekaran, Gunungpati, Semarang jarang atau bahkan belum ada yang mencoba dan mengembangkan kerajinan tangan, khususnya tas jaring tali rafia ini.

    Media Promosi Yang Digunakan
        Ada beberapa alternatif yang dapat digunakan dalam menunjang pemasaran produk tas jaring tali rafia ini agar lebih dikenal konsumen dan menarik hati konsumen. Alternatif tersebut diantaranya melalui media seperti pamflet, spanduk, leaflet, dan pemanfaatan internet (misalnya facebook).

    Strategi Pemasaran Yang Akan Digunakan
        Strategi yag akan digunakan dalam  menunjang pemasaran produk tas jaring tali rafia ini antara lain:
    Kebijakan Harga
Harga yang diberikan kepada konsumen yaitu sebesar Rp. 25.000,00 per buah dalam ukuran 25 x 20 cm. Harga disesuaikan dengan ukuran tas.
    Kebijakan Promosi
Untuk memperkenalkan dan meningkatkan hasil penjualan tas jaring tali rafia dilakukan promosi dengan media pamflet, spanduk, leaflet, serta memanfaatkan internet. Sealin itu juga bekerjasama dengan toko-toko tas di daerah Sekaran dan  sekitarnya.

    ANALISIS OPERASIONAL
    Peralatan Yang Digunakan
    Peralatan yang digunakan dalam pembuatan tas tali rafia ini antara lain gunting,paku atau penahan,  jarum, serta benang.
    Proses Pembuatan
    Pertama, tentukan ukuran tas yang ingin dibuat, atur berapa banyak helai tali rafia pada tiap permukaan tas (hanya depan dan belakang) secara terpisah. Panjang tali rafia per-helai lebih panjang dari ukuran tas ssebenarnya. Lalu tali rafia yang telah ditata sejajar, ditahan/ diikat pada paku (agar tidak bergeser) dianyam seperti jaring. Setelah selesai kedua anyaman di rekatkan dengan plastik bungkus detergen yang telah dibersihkan terlebih dahulu dan disesuaikan ukurannya sesuai yang diinginkan. Sebelum direkatkan plastik dilapisi dengan batting. Jahit tiap bagian dengan ditambah dua potongan kecil plastik bugkus detergen pada kanan, kiri, dan bawah tas. Pasang resleting pada bagian atas, buat gagang tas menggunakan tali rafia yangg sudah dikepanng, lalu rekatkan pada tas. Terakhir hias dengan kain flanel berbagai bentuk dan warna sesuai selera.

    ANALISIS KEUANGAN


1.      Rincian Biaya  Yang Digunakan a.       Alat penunjang PKM No. Nama Barang Jumlah Harga Satuan Harga 1 Mesin jahit 1 Rp 500.000,- Rp 500.000,- 2 Gunting sedang 4 Rp 10.000,- Rp 40.000,- 3 Gunting besar 2 Rp 20.000,- Rp 40.000,- 4 Pisau 2 Rp 10.000,- Rp 20.000,- 5 Alat Lem tembak 2 Rp 65.000,- Rp 130.000,- 6 Paku 1  pcs Rp 10.000,- Rp 10.000,- 7 Penggaris 4 Rp 2.000,- Rp 8.000,- Jumlah Harga Rp 820.000,-
b.      Penyusutan Aktiva per Bulan
No. Nama Barang Umur Ekonomis Penyusutan / Bulan 1. Mesin jahit 3 tahun Rp. 5.000 2. Gunting sedang 2 tahun Rp. 1.000 3.    Gunting besar 1 tahun Rp. 1.000 4. Pisau 1 tahun Rp. 1.000 5. Alat Lem tembak 1 tahun Rp. 2.000 6. Paku 1 tahun Rp. 1.000 7. Penggaris 1 tahun   Rp.1000
Total Penyusutan Rp. 11.000
c.      Biaya Operasional per Bulan No. Nama Barang Jumlah Harga Satuan Harga 1 Kain flanel aneka warna 12 Rp 5.000,- Rp 60.000,- 2 Benang jahit aneka warna 10 Rp 5.000,- Rp 50.000,- 3 Tali rafia aneka warna 10 Rp 15.000,- Rp 150.000,- 4 Lem plastik 5 Rp 7.000,- Rp 35.000,- 5 Isi lem tembak 10 Rp 5.000,- Rp 50.000,- 6 Resleting 20 Rp 5.000,- Rp 100.000,- 7 Plastik pembungkus tas 15 Rp 2.500,- Rp 37.500,- 8 Limbah plastik detergen 50 Rp 250,- Rp 12.500,- 9 Batting (bahan pelapis) ½ meter 8 Rp 44.000,- Rp 352.000,- Jumlah Harga Rp 847.000,-
2.      Analisis Pendapatan Dan Keuangan Produksi 1 bulan : 20 buah
Produksi 4 bulan : 4 bulan x 20 buah = 80 buah Harga Tas Jaring Tali Rafia yang ditawarkan Rp. 50.000,-
Hasil penjualan 4 bulan                   = 80 buah x Rp. 50.000,-
= Rp. 4.000.000,-
Total biaya operasional 4 bulan  = 4 x Rp. 847.000,- = Rp. 3.388.000,-
Keuntungan 4 bulan =Rp. 4.000.000,- – Rp. 3.388.000,-
= Rp. 612.000,-

3.      Analisis Kelayakan Usaha a.       BEP (Break Even Point) 1)      BEP volume produksi =  = 67,76
Jadi pada tingkat volume produksi 68 buah, usaha ini berada pada titik impas.
2)      BEP harga produksi = = Rp 50.000,- Jadi pada tingkat harga Rp. 50.000,- usaha ini berada pada titik impas.
b.      B/C Ratio B/C Ratio ­=  = 1,18
Jadi B/C Ratio > 1 maka usaha ini layak untuk dijalankan, artinya tiap satuan biaya yang dikeluarkan diperoleh hasil penjualan sebesar 1.18 kali lipat.

c.   ROI (Return On Investment)
ROI      =  = 18,06375 % d.  Perhitungan Pengembalian Modal  = 1,32 Jadi usaha ini akan balik modal kerja selama 1,32 bulan


BAB 3 METODE PELAKSANAAN
A.  IDENTIFIKASI MASALAH        Masalah utama yang menjadi dasar dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah pemanfaatan tali rafia sebagai bahan yang sukar untuk diurau dan kondisi baru dan habis pakai yang beda tipis serta mudah untuk dikreasikan sesuai keinginan kita dengan menngreasikannya menjadi kerajinan tangan berupa tas jaring yang bernilai ekonomis dan menjadi peluang usaha yang menjanjikan.
B.  MENENTUKAN TUJUAN        Program ini memiliki tujuan utama yaitu mengoptimalkan pemanfaatan tali rafia yang masih panjang dan kondisi baik menjadi kerajinan tangan berupa tas jaring yang manis dan bernilai. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Recycle dengan memanfaatkan limbah plastik detergen sebagai bahan pendukungnya.
C.  PERENCAAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM 1.      Tahap Persiapan    Kegiatan meliputi tahap persiapan adalah tempat, tenaga  kerja, serta pembelian alat dan bahan. 2.      Tahap Pembuatan Pembuatan dilakukan secara teliti dan sistematis, dengan urutan yang sesuai. Penganyaman merupakan proses yang paling susah karena kita harus bersabar dan teliti. 3.      Tahap Pemasaran Tahap dimana produk dipasarkan melalui selebaran-selebaran, maupun melalui internet. Selain itu dapat juga penawaran secara langsung.             

BAB 4 BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN PROGRAM
A.  ANGGARAN BIAYA 1.      Rekapitulasi  Biaya No. Uraian
Jumlah 1. Peralatan Penunjang PKM
Rp 820.000,- 2. Bahan Habis Pakai
Rp. 3.388.000,- 3. Perjalanan
Rp 1.260.000,- 4. Lain-lain
Rp 1.500.000,-
JUMLAH Rp 6.968.000,- B.  JADWAL KEGIATAN No Kegiatan

I

II


III

IV

V




1 2 3 4 1 2
3 4 1 2 3
4 1 2 3 4 1 2
3 4 1. Identifikasi
























Masalah























2. Menentukan
























Tujuan






















3. Analisis Kebutuhan






















4. Perancangan























Pemasaran






















5. Pelaksanaan























Pemasaran






















6. Pengamatan dan























Evaluasi























Pemasaran






















7. Kesimpulan























LAMPIRAN-LAMPIRAN Lampiarn 1. Biodata Ketua dan Anggota Biodata Ketua a.       Identitas Diri 1 Nama Lengkap Siti Maimanah 2 Jenis Kelamin Perempuan 3 Program Studi Fisika 2021 4 NIM 4211414021 5 Tempat dan Tanggal Lahir Batang, 7 Juli 1996 6 E-mail [email protected] 7 Nomor Telepon/ HP 087764456850

Biodata Anggota 1 Nama Lengkap Afnia Adillah 2 Jenis Kelamin Perempuan 3 Program Studi Fisika 2021 4 NIM 4211414022 5 Tempat dan Tanggal Lahir Tegal, 15 Februari 1996 6 E-mail [email protected] 7 Nomor Telepon/ HP 085290017890
1 Nama Lengkap Kapindo Estuning Khoirul Umah 2 Jenis Kelamin Perempuan 3 Program Studi Pendidikan Sendratasik 2021 4 NIM 2501414094 5 Tempat dan Tanggal Lahir Batang, 6 E-mail
7 Nomor Telepon/ HP 085778085701
1 Nama Lengkap Mutoharoh 2 Jenis Kelamin Perempuan 3 Program Studi Pendidkan Luar Sekolah 2012 4 NIM 1202112037 5 Tempat dan Tanggal Lahir Jepara, 6 E-mail
7 Nomor Telepon/ HP 085641115485
Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan 1.      Peralatan Penunjang PKM No. Nama Barang Jumlah Harga Satuan Harga 1 Mesin jahit 1 Rp 500.000,- Rp 500.000,- 2 Gunting sedang 4 Rp 10.000,- Rp 40.000,- 3 Gunting besar 2 Rp 20.000,- Rp 40.000,- 4 Pisau 2 Rp 10.000,- Rp 20.000,- 5 Alat Lem tembak 2 Rp 65.000,- Rp 130.000,- 6 Paku 1  pcs Rp 10.000,- Rp 10.000,- 7 Penggaris 4 Rp 2.000,- Rp 8.000,- Jumlah Harga Rp 820.000,-
2.      Bahan Habis Pakai No. Nama Barang Jumlah Harga Satuan Harga 1 Kain flanel aneka warna 12 Rp 5.000,- Rp 60.000,- 2 Benang jahit aneka warna 10 Rp 5.000,- Rp 50.000,- 3 Tali rafia aneka warna 10 Rp 15.000,- Rp 150.000,- 4 Lem plastik 5 Rp 7.000,- Rp 35.000,- 5 Isi lem tembak 10 Rp 5.000,- Rp 50.000,- 6 Resleting 20 Rp 5.000,- Rp 100.000,- 7 Plastik pembungkus tas 15 Rp 2.500,- Rp 37.500,- 8 Limbah plastik detergen 50 Rp 250,- Rp 12.500,- 9 Batting (bahan pelapis) ½ meter 8 Rp 44.000,- Rp 352.000,- Jumlah Harga Rp 847.000,-
3.      Perjalanan Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Keterangan Transport pembelian bahan baku Pembelian bahan baku 4 Rp 50.000,- Rp 200.000,- Transport pembuatan dan penggandaan pamflet Pemasaran 2 Rp 30.000,- Rp 60.000,- Presentasi Seminar Pemasaran dan evaluasi produk 1 Rp 1.000.000,- Rp 1.000.000,- Jumlah Total Rp 1.260.000,- 4.      Lain-lain Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Keterangan Penyusunan laporan Penyusunan laporan 1 Rp. 450.000,- Rp. 450.000,- Penyusunan artikel Penyusunan artikel 1 Rp. 550.000,- Rp. 550.000,- Dokumentasi Dokumentasi kegiatan 1 Rp. 500.000,- Rp. 500.000,- Sub Total (Rp) Rp. 1.500.000,-


Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas
No. Nama / NIM Program Studi Bidang Ilmu Alokasi waktu (jam/minggu) Uraian Tugas 1. Siti Maimanah Fisika Fisika
Mengkoordinasi anggota, menentukan jadwal kegiatan, membuat laporan. 2. Afnia Adillah Fisika Fisika
Bagian administrasi: membuat surat kerjasama, inventarisasi. 3. Kapindo Estuning Khoirul Umah Pendidikan Sendratasik Sendratasik
Bagian keuangan: mencatat kas masuk-keluar, mencatat hasil penjualan. 4. Mutaharoh Pendidikan Luar sekolah Pendidikan Luar Sekolah
Bagian pemasaran: mencari mitra bisnis, menghubungi mitra bisnis, memasarkan produk sesuai rencana pemasaran.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat tas dari kain flanel

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PENGERTIAN KOMPOSISI 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : uap.unnes.ac.id/pkm-bidikmisi/805726374


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://ambooyat5.blogspot.com/2020/05/usulan-program-kreativitas-mahasiswa.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Permohonan Tajaan Jpa Di Bawah Program Ijazah Dalam Negara Tahun 2020

Permohonan Tajaan Jpa Di Bawah Program Ijazah Dalam Negara Tahun 2020

papar berkaitan - pada 10/5/2020 - jumlah : 95 hits
Bagi mereka yang layak jangan lupa untuk mula memohon tajaan JPA bagi program Ijazah Dalam Negara untuk tahun 2020 dengan mengikuti pengajian peringkat Ijazah Pertama Program Tajaan JPA ini akan dibuka setiap tahun bagi calon calon yang sed...
25 Mahasiswa Ums Asal Thailand Tak Bisa Mudik

25 Mahasiswa Ums Asal Thailand Tak Bisa Mudik

papar berkaitan - pada 26/5/2020 - jumlah : 96 hits
Meski tak bisa merayakan Idulfitri 1441 Hijriah bersama keluarga mereka tetap bisa berbahagia merayakan hari kemenagan bersama sesama mahasiswa asal Thailand di rumah dinas Rektor UMS Prof Sofyan Anif Senin Selain jamuan makan siang mereka ...
Kemenhub Siapkan Program Padat Karya Rp 5 9 Triliun Tanggulangi Phk

Kemenhub Siapkan Program Padat Karya Rp 5 9 Triliun Tanggulangi Phk

papar berkaitan - pada 11/5/2020 - jumlah : 47 hits
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp5 9 triliun untuk program padat karya dalam rangka menanggulangi masyarakat terdampak pemutusan hubungan kerja akibat virus corona
Program Sungai Angkat Sk Sungai Rual Ke Arah Melestarikan Sungai

Program Sungai Angkat Sk Sungai Rual Ke Arah Melestarikan Sungai

papar berkaitan - pada 15/5/2020 - jumlah : 69 hits
Oleh Dr Nor Shahirul Umirah binti Idris Fakulti Sains Bumi Universiti Malaysia Kelantan PROGRAM SUNGAI ANGKAT SK SUNGAI RUAL JELI KELANTAN KE ARAH MELESTARIKAN SUNGAI Sungai memainkan peranan yang penting dalam kehidupan seharian kita Namun...
5961 Program Basmi Virus Untuk P Hailing Rider Ehailing Fm 14 05 2020

5961 Program Basmi Virus Untuk P Hailing Rider Ehailing Fm 14 05 2020

papar berkaitan - pada 14/5/2020 - jumlah : 90 hits
Program CSR eHailingFM bersama PPIM PKEH dan Gardenia Khidmat basmi virus untuk Rider P Hailing dan penyampaian hamper Artikel oleh EHAILING FMPROGRAM BASMI VIRUS UNTUK P HAILING RIDER
Najib Ph Masih Tadbir Putrajaya Jika Tambah Baik Bukan Buang Program Kerajaan Bn

Najib Ph Masih Tadbir Putrajaya Jika Tambah Baik Bukan Buang Program Kerajaan Bn

papar berkaitan - pada 14/5/2020 - jumlah : 65 hits
Bekas perdana menteri Najib Razak berkata sistem dan hirarki diamalkan Umno menyukarkan parti memilih calon bersesuaian untuk bertanding dalam pilihan raya umum PETALING JAYA Bekas perdana menteri Najib Razak tidak menolak kemungkinan Pakat...
Permohonan Bantuan Sara Hidup Dan Kecemasan Bagi Mahasiswa Anak Perak

Permohonan Bantuan Sara Hidup Dan Kecemasan Bagi Mahasiswa Anak Perak

papar berkaitan - pada 25/5/2020 - jumlah : 122 hits
Berita baik untuk mahasiswa anak Perak anda boleh buat permohonan bantuan sara hidup dan kecemasan daripada Yayasan Perak jika anda layak Bantuan Sara Hidup dan Kecemasan ini bertujuan bagi meringankan beban mahasiswa anak Perak khususnya y...
Pelakon Muda Larikan Bini Orang Ditahan Polis

Kepada Yang Terlibat Dalam Gambar Ini Mohon Maaflah Secara Terbuka Sebelum Terlambat

Hati Hati Penipuan Orang Rohingya Lagak Doa Bagai Alim Siap Buang Nasi Dalam Tong Sampah

Biodata Zareef Yusof Pelakon Cilik Anak Kepada Eizlan Yusof

Hiburan Hamzah Masih Lagi Memanggil Ayah Sambutan Syawal Balu Arwah Abam Bocey Dipenuhi Kesedihan

Doa Dihindari Migrain Dan Sakit Kepala

Kakitangan Alam Flora Maut Di Langgar Pemandu Mabuk

20 Gaya Selebriti Beraya Di Aidilfitri 2020 Musim Pandemik Covid19



Kenapa TikTok Dikatakan Alat Propaganda Kerajaan Komunis China

Antibodi Test COVID 19 Boleh Dapatkan Keputusan dalam Masa 20 minit

Mewah Inilah Kereta Milik Pemain JDT Safawi Rasid

Selain Rayyan Nakhaie Inilah Wajah Seorang Lagi Anak Siti Nordiana Yang Ramai Tak Tahu

3 Falsafah Perang China The Art of War Zaman Moden


Keputusan Shell Malaysia Motogp Sepang 2019 Dan Apa Yang Menarik

Doa Menghindarkan Dari Perkara Perkara Memudharatkan Seperti Wabak Penyakit Dan Lain Lain

Jadual Waktu Berbuka Puasa Dan Imsak Tahun 2020 1441h Seluruh Malaysia

Sekolah Di Filipina Hanya Akan Dibuka Semula Jika Vaksin Covid 19 Ditemui

Kuih Raya Pkpb 2020

Duterte Tak Akan Buka Sekolah Selama Belum Ada Vaksin Corona