Tampil Di Cirebon Vocassalam Maknai Pentingnya Peran Keluarga Bagi Generasimuda


Keluarga menjadi proses awal bagi pembentukan kepribadian seseorang. Mengingat besarnya peranan keluarga, DPD PKS Kabupaten Cirebon menggelar Seminar Keluarga pada hari Sabtu 14 Desember 2019 mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB di Markaz Besar DPD PKS Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.
Seminar ini mengangkat tema ‘Membentuk Keluarga Dakwah Produktif’, menghadirkan seorang Pakar Parenting, dr. Aisyah Dahlan sebagai pembicaranya, dan juga penampilan nasyid dari grup Vocassalam.
Vocassalam foto bersama dr. Aisyah Dahlan pada Seminar Keluarga di Cirebon, Sabtu 14/12/2019. (Dok. Istimewa) Ikut tampil memeriahkan seminar ini, Vocassalam tampil dengan 3 orang personalnya; Zaki , Imam, dan Giri. Penampilannya diiringin oleh  Royan (keyboardis), Sandi (gitaris), dan Wahib (violinis). Vocassalam menampilkan dua karya lagunya, Harapan kan Selalu Ada, dan Jejak Surga. Selain itu juga ada 6 lagu lainnya; Ibu (Sakha), Love (Edcoustic), Keluarga Cemara (BCL),  Permata Hati (Nazrey Johani),  El Oum (Sabyan), dan Iman Mutiara (Raihan).
Pendapat Vocassalam Tentang Membentuk Keluarga Dakwah Produktif Zaki, salah seorang personal Vocassalam saat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya, Selasa (17/12/2019) mengatakan, “Alasan kami menampilkan 8 lagu tersebut pada acara seminar keluarga ini karena lagu-lagu tersebut memiliki pesan positif untuk kehidupan sehari-hari, terkait interaksi dengan keluarga, dalam upaya ikut mengajak kita semua agar mensyukuri nikmat hidup berkeluarga yang Allah SWT anugerahkan untuk kita semua.”
“Keluarga adalah basis utama pendidikan dan ketahanan umat, maka perlu disiapkan, dikelola, dan diarahkan sebaik mungkin, agar terbangun figur keluarga Islami yang produktif,” kata Zaki.
Zaki juga mengatakan, “Ada sekitar 200 peserta pada acara ini. Dihadiri oleh bapak H. Ridwan (Anggota Dewan Kabupaten Cirebon), bapak Junaedi, ST (Ketua Umum DPD PKS Kabupaten Cirebon), Kyai Nurul Ain Akyas, Lc (Tokoh Ulama Kabupaten Cirebon dan Pengasuh Ponpes Al-Hikmah Cirebon). Hadir pula para tokoh guru dan pengasuh-pengasuh ponpes dari wilayah Cirebon.”
“Suasana acara begitu meriah, peserta begitu semangat mengikuti acara. Saat Vocassalam membawakan lagu Keluarga Cemara mereka ikut bernyanyi. Ada penampilan puisi dari Kyai Nurul juga di tengah penampilan Vocassalam. Saat pemateri dr. Aisyah Dahlan menyampaikan materi seminar, peserta begitu antusias. Beliau menyampaikan materi dengan santai, namun teoritis, diselingi humor, membuat hadirin makin menikmati acara,” kata Zaki.
Selain itu Zaki juga mengatakan, “Keluarga itu salah satu pintu surga, di situ ada ruang-ruang bakti kepada orangtua, ada ladang sedekah dan nafkah, berjuang, tolong menolong, ladang tarbiyah, nasehat dan teladan. Jadi makna dan fadhilahnya sangat luas. Semua itu adalah ladang kebaikan. Maka dakwah dalam kehidupan keluarga sangat penting.”
“Untuk membangun keluarga dakwah produktif, diperlukan kesadaran masyarakat untuk selalu mengarahkan keluarganya agar memiliki nilai-nilai islami dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, berupaya meningkatkan kualitas keislaman dengan mengikuti kajian-kajian keluarga, seperti seminar sekarang ini contohnya,” kata Zaki.
Pendapat dr. Aisyah Dahlan Tentang Membentuk Keluarga Dakwah Produktif Kata Zaki, saat menyampaikan materinya, Dr. Aisyah Dahlan mengatakan, “Manusia itu makhluk sosial, di manapun mereka akan membentuk komunitas. Keluarga adalah kumpulan komunitas terbaik dalam berinteraksi sosial, maka perlu diatur dengan baik, agar terbentuk generasi unggul bermental positif. Maka pola pendidikan orangtua sangat dominan untuk mental anak, jangan sampai mereka tidak menemukan kebahagiaan dalam keluarga, yang akhirnya membuat anak terjerumus dalam komunitas yang salah, teman yang salah dalam kondisi yang salah pula. Menurut penelitannya, inilah akar penyebab banyak anak muda terjerumus pada narkoba, sex bebas, karena pelampiasan dari kondisi keluarganya yang semrawut. Oleh karena itu, penting membangun edukasi tentang mengelola keluarga muslim sesuai harapan Rasulullah SAW, agar hidup menemukan ketenteraman dan keharmonisan (sakinah), saling mencintai (mawaddah), dan saling memberikan kasih sayang (rahmah).”
dr. Aisyah Dahlan juga mengatakan, “Kembali kepada goal setting dalam berkeluarga yaitu sakinah mawaddah warrahmah. Di situ ada pendidikan hidup. Saling memahami, menasehati, mengarahkan, tolong menolong, kejujuran, cinta. Contoh bagaimana pola asuh anak laki-laki dan perempuan tentu berbeda karena mereka memiliki struktur otak yang tidak sama. Maka teori membagun keluarga perlu dikembangkan demi membangun generasi yang kuat, religius, jauh dari ancaman narkoba, dan mengikis kenakalan remaja di era ini.”
Vocassalam saat tampil pada Seminar Keluarga di Cirebon, Sabtu 14/12/2019. (Dok. Istimewa) Menyaksikan penampilan Vocassalam, dr. Aisyah Dahlan mengatakan, “Keren. Lagu-lagu dengan lirik positif akan masuk ke memori otak dengan pesan-pesan yang positif, maka pasti berpengaruh positif juga pada tubuh kita. Sukses dan semangat terus mengembangkan grup nasyid Vocassalam sebagai bagian dari dakwah untuk menegakkan syariat Islam.” (*)
The post Tampil di Cirebon, Vocassalam Maknai Pentingnya Peran Keluarga bagi Generasimuda appeared first on IslamicTunesNews.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.islamictunesnews.com/tampil-di-cirebon-vocassalam-maknai-pentingnya-peran-keluarga-bagi-generasimuda/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=tampil-di-cirebon-vocassalam-maknai

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Mahu Buka Kedai Untuk Isteri Menang 100k Juara Mentor Apex Mahu Ubah Nasib Keluarga

Mahu Buka Kedai Untuk Isteri Menang 100k Juara Mentor Apex Mahu Ubah Nasib Keluarga

papar berkaitan - pada 17/12/2019 - jumlah : 221 hits
Pada malam semalam telah berlangsung Konsert Akhir Mentor Milenia 2019 yang memperlihatkan kehebatan empat orang protege Empat protege yang bertanding telah dibimbing oleh mentor masing masing yang memberikan persembahan terbaik dan memperl...
Adakah Ahli Keluarga Dikumpulkan Kembali Di Syurga

Adakah Ahli Keluarga Dikumpulkan Kembali Di Syurga

papar berkaitan - pada 16/12/2019 - jumlah : 231 hits
SOALAN Adakah ahli keluarga seperti adik beradik dan sebagainya akan dikumpulkan semula di syurga walaupun berbeza darjat dan amal perbuatan JAWAPAN Allah SWT berfirman Dan orang orang yang beriman yang diturut oleh zuriat keturunannya deng...
6 Fakta Seputar Pernikahan Vanessa Angel Identitas Suami Hingga Ketidaktahuan Keluarga

6 Fakta Seputar Pernikahan Vanessa Angel Identitas Suami Hingga Ketidaktahuan Keluarga

papar berkaitan - pada 17/12/2019 - jumlah : 213 hits
Saking seringnya para artis di dunia entertainment bikin gimmick publik pun meragukan pernikahan Vanessa Angel ini
Keluarga Korban Harley Davidson Maut Di Bogor Sudah Ikhlas

Keluarga Korban Harley Davidson Maut Di Bogor Sudah Ikhlas

papar berkaitan - pada 17/12/2019 - jumlah : 146 hits
Sahroni suami dari Siti Aisah mengaku telah meminta secara kekeluargaan agar polisi mencabut berkas laporan
Buat Beberapa Kali Dan Hembus Dalam Nasi Ramai Tak Tahu Rupanya Ini Rahsia Eratkan Kasih Sayang Keluarga

Buat Beberapa Kali Dan Hembus Dalam Nasi Ramai Tak Tahu Rupanya Ini Rahsia Eratkan Kasih Sayang Keluarga

papar berkaitan - pada 17/12/2019 - jumlah : 235 hits
Beras adalah makanan utama yang kita berikan pada keluarga Namun adakah ramai yang tahu bahawa terdapat rahsia dalam rutin harian membasuh beras Mendapat 10K tanda suka dan 14K perkongsian daripada warganet ikuti tip paling mudah untuk diam...
Selepas Teruk Dikecam Keluarga Pihak Terbabit Minta Isu Ini Tidak Dipanjangkan Hanya Salah Faham

Selepas Teruk Dikecam Keluarga Pihak Terbabit Minta Isu Ini Tidak Dipanjangkan Hanya Salah Faham

papar berkaitan - pada 16/12/2019 - jumlah : 235 hits
Baru baru ini Ohmedia juga ada kongsikan mengenai kisah yang tersebar di mana ada sepasang suami isteri dikatakan telah datang ke Selangor menaiki motor dari Johor untuk berjumpa dengan anaknya yang belajar di sebuah institut Kisah mereka t...
Dulu Jual Nasi Lemak Apex Tajudin Tekad Ubah Nasib Keluarga Juarai Mentor 2019

Dulu Jual Nasi Lemak Apex Tajudin Tekad Ubah Nasib Keluarga Juarai Mentor 2019

papar berkaitan - pada 16/12/2019 - jumlah : 605 hits
Malam semalam telah berlangsungnya Konsert akhir Mentor Milenia 2019 di saluran TV3 Pada konsert tersebut empat protege yang dibimbing oleh empat mentor telah pun membuat persembahan memukau dan juara juga telah diumumkan Para mentor yang b...
5 Lokasi Menarik Untuk Habiskan Hujung Minggu Bersama Keluarga Di Sekitar Kl Je

5 Lokasi Menarik Untuk Habiskan Hujung Minggu Bersama Keluarga Di Sekitar Kl Je

papar berkaitan - pada 14/12/2019 - jumlah : 445 hits
5 Lokasi Menarik Untuk Habiskan Hujung Minggu Bersama Keluarga Di Sekitar KL Je Dah hujung minggu ni nak buat aktiviti apa bersama keluarga Takkan nak duduk rumah tengok televisyen sahaja kan mestilah kena ada aktiviti barulah tak bosan 5 L...
Duduk Bersila Kongsi Derita Eina Azman Masuk Kampung Bantu Keluarga Susah

Duduk Bersila Kongsi Derita Eina Azman Masuk Kampung Bantu Keluarga Susah

papar berkaitan - pada 15/12/2019 - jumlah : 391 hits
Tindakan pelakon Datin Paduka Eina Azman yang tampil membantu tiga keluarga kurang kemampuan mengundang perhatian pengikutnya di laman Instagram Eina atau nama sebenarnya Ainur Syakina Azman berkongsi sebuah video ketika menziarahi keluarga...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Tetaplah Beriadah Di Bulan Ramadan

Honor Pad 9 Tablet Terbaik Untuk Berhibur Dan Kerja Mula Dijual Seluruh Negara Pada 28 Mac

Perumahan Izara Bayu Sutera Kediaman Idaman Tepi Tasik Dengan Ciri Smart Home

8 Resepi Air Balang Viral Di Bazar Ramadhan

Sesi Tukar Duit Raya Di Maybank

Lirik Lagu Raya Mana Nabila Razali

Diet If Yang Berkesan Menurut Pakar



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Senarai Cerita Filem Terbaru 2024 Di Pawagam

Habiskan Duit Bayar Kepada Pakar Yang Pandai Beri Penjelasan Cara Dia Hilangkan Masalah

Restoran Rebung 2 Di Putrajaya

Effective Email Marketing Strategies

Konsert Melly Friends Kuala Lumpur 2024