Macam Macam Bentuk Investasi




Zonanesia - Di era modern seperti saat ini, Investasi telah menjadi lahan bisnis baru yang menjanjikan. Di dunia yang semakin hari segala sesuatunya semakin berkembang ini, investasi sudah menjadi hal yang dicari dan dijalankan oleh banyak orang. Tak hanya uang yang bisa diinvestasikan, saat ini emas, properti, apartemen, bahkan obligasi bisa dijadikan bahan atau modal untuk investasi. Itu yang menyebabkan cakupan investasi semakin hari semakin meluas.

Sebenarnya ada beberapa jenis atau macam investasi. Dan sebagian orang hanya tahu tentang investasi dan belum mengerti tentang investasi yang sebenarnya. Dalam berinvestasi, secara umum ada dua macam jenis aset, yaitu aset riil dan aset finansial. Aset Riil merupakan aset yang memiliki wujud. Misalnya yaitu tanah, emas, rumah, dan logam mulia yang lain. Berinvestasi di aset riil merupakan hal yang umum dilakukan sedangkan Aset finansial yaitu aset yang wujudnya tidak terlihat, tetapi tetap memiliki nilai yang cukup tinggi. Pada umumnya aset finansial ini terdapat di dunia perbankan dan juga di pasar modal. Di Indonesia dikenal dengan Bursa Efek Indonesia. Beberapa contoh dari aset finansial misalnya instrumen pasar uang, saham, reksa dana dan obligasi. Kedua aset ini sama-sama bisa dipertimbangkan sebagai sarana investasi dalam rangka mencapai tujuan keuangan yang Anda inginkan. Dalam berinvestasi, ada beberapa yang harus diingat bahwa selalu ada risiko akan kehilangan modal. Oleh karena itu, sangat perlu mengetahui dengan benar aset-aset yang cocok Anda pilih untuk berinvestasi sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Baca juga Jenis Bank dan Fungsinya



Nah berikut ini adalah Jenis-Jenis dan Macam-Macam Bentuk investasi yang perlu Anda ketahui :
1. Reksa dana yaitu wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi untuk kemudian diinvestasikan ke aset finansial lainnya. Dana itu biasanya disimpan di bank penyimpanan yang disebut dengan bank kustodian. Reksa dana adalah solusi bagi orang yang ingin berinvestasi dalam banyak aset namun memiliki dana yang terbatas. Hal ini dimungkinkan karena dana yang dihimpun dari banyak pihak cukup besar untuk kemudian dapat diinvestasikan pada saham, obligasi dan instrumen pasar uang sesuai dengan kebijakan dari Manajer Investasi.

Selain itu, reksa dana juga merupakan solusi bagi Anda yang memiliki keterbatasan dalam pengetahuan dan informasi dalam melakukan analisis investasi, serta bagi Anda yang tidak mempunyai cukup waktu untuk mengawasi pergerakan harian saham dan obligasi.

2. Mata uang asing
Segala macam mata uang asing biasanya dapat dijadikan alat investasi. Investasi dalam mata uang asing ini lebih beresiko dibandingkan dengan investasi lain seperti saham, karena nilai mata uang asing di Indonesia menganut sistem mengambang bebas (free float) yaitu benar-benar tergantung pada permintaan dan penawaran di pasaran. Di Indonesia mengambang bebas membuat nilai mata uang rupiah sangat fluktuatif.

3. Properti
Investasi dalam properti berarti investasi dalam bentuk tanah atau rumah. Keuntungan yang bisa didapat dari properti yaitu, menyewakan properti tersebut ke pihak lain sehingga mendapatkan uang sewa atau menjual properti tersebut dengan harga yang lebih tinggi.

4. Barang-barang koleksi
Biasanya barang-barang koleksi berupa perangko, lukisan, barang antik, cincin, keris, dan lain-lain. Keuntungan yang didapat dari berinvestasi pada barang-barang koleksi adalah dengan menjual koleksi tersebut kepada pihak lain yang suka kepada barang koleksi tersebut. Jika orang yang kita tawari barang tersebut suka pada barang itu biasanya bisa membeli dengan harga yang cukup tinggi.

5. Saham
Saham ialah kepemilikan atas sebuah perusahaan tersebut. Dengan membeli saham di suatu tempat, berarti orang yang memiliki saham sama halnya dengan membeli sebagian perusahaan tersebut. Apabila perusahaan tersebut mengalami keuntungan, maka pemegang saham biasanya akan memperoleh sebagian keuntungan yang disebut deviden. Saham itu juga bisa dijual kepada pihak lain, baik dengan harga yang lebih tinggi yang selisih harganya disebut dengan capital gain maupun lebih rendah daripada kita membelinya yang selisih harganya disebut capital loss. Jadi, keuntungan yang bisa diperoleh dari saham ada dua jenis yaitu capital gain dan deviden.

6. Emas
Emas merupakan barang berharga yang paling diterima di seluruh dunia setelah mata uang asing dari negara-negara G-7 (sebutan bagi tujuh negara yang memiliki perekonomian yang kuat, seperti Amerika, Jepang, Jerman, Inggris, Italia, Kanada, dan Perancis). Harga emas akan mengikuti kenaikan nilai mata uang dari negara-negara G-7. Semakin tinggi kenaikan nilai mata uang asing tersebut, semakin tinggi pula harga emas. Selain itu harga emas biasanya juga berbanding searah dengan inflasi. Semakin tinggi inflasi, biasanya akan semakin tinggi pula kenaikan harga emas. Seringkali kenaikan harga emas melampaui kenaikan inflasi itu sendiri.

7. Tabungan di bank
Dengan menyimpan uang di tabungan, maka akan mendapatkan suku bunga tertentu yang besarnya mengikuti kebijakan bank bersangkutan. Produk tabungan biasanya memperbolehkan kita mengambil uang kapanpun yang diinginkan.

8. Obligasi
Obligasi atau sertifikat obligasi ialah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan, baik untuk menambah modal perusahaan ataupun membiayai suatu proyek pemerintah. Karena sifatnya yang hampir sama dengan deposito, maka agar lebih menarik investor suku bunga obligasi biasanya sedikit lebih tinggi dibanding suku bunga deposito. Selain itu seperti saham kepemilikan obligasi bisa juga dijual kepada pihak lain baik dengan harga yang lebih tinggi maupun lebih rendah daripada ketika membelinya.

9. Deposito di bank
Deposito di bank merupakan suatu produk deposito yang hampir sama dengan produk tabungan, yang membedakannya di sini adalah dalam melakukan deposito tidak bisa diambil dalam waktu kapan saja sesuai keinginan, kecuali apabila uang tersebut sudah menginap di bank selama jangka waktu tertentu (tersedia pilihan antara satu, tiga, enam, dua belas, sampai dua puluh empat bulan, tetapi ada juga yang harian). Suku bunga deposito biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga tabungan. Selama deposito itu belum jatuh tempo, uang pada deposito tersebut tidak akan terpengaruh oleh naik turunnya suku bunga di bank.

Dalam berinvestasi, selain juga dapat menambah penghasilan seseorang juga membawa risiko keuangan bilamana investasi tersebut gagal. Kegagalan investasi disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah faktor keamanan (baik dari bencana alam atau diakibatkan faktor manusia), ketertiban hukum, dan lain-lain. Baca juga jenis-jenis perusahaan

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.zonanesia.com/2019/11/macam-macam-bentuk-investasi.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Umno Tidak Tolak Kemungkinan Untuk Bentuk Kerajaan Bersama Parti Lain Termasuklah Ph

Umno Tidak Tolak Kemungkinan Untuk Bentuk Kerajaan Bersama Parti Lain Termasuklah Ph

papar berkaitan - pada 6/12/2020 - jumlah : 221 hits
nbsp IPOH nbsp Presiden UMNO Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi tidak menolak kemungkinan parti itu akan bergabung dengan beberapa parti lain termasuk Pakatan Harapan untuk membentuk kerajaan negeri di Perak Beliau berkata langkah itu terpaksa d...
Zahid Seboleh Mungkin Mahu Kekal Bentuk Pentadbiran Lalu Tapi Tak Tolak Jajaran Baru

Zahid Seboleh Mungkin Mahu Kekal Bentuk Pentadbiran Lalu Tapi Tak Tolak Jajaran Baru

papar berkaitan - pada 6/12/2020 - jumlah : 208 hits
Diterbitkan Hari ini 12 09 pmUmno seboleh mungkin mahu mengekalkan bentuk pentadbiran lalu dalam kerajaan Perak yang akan ditubuhkan tetapi tidak menolak jajaran politik baru kata presidennya Ahmad Zahid Hamidi Ahmad Zahid berkata ia selepa...
Pas Sedia Berkompromi Bentuk Kerajaan Perak

Pas Sedia Berkompromi Bentuk Kerajaan Perak

papar berkaitan - pada 6/12/2020 - jumlah : 188 hits
Pas tidak menolak kemungkinan berkompromi dengan pendirian awal parti itu yang sebelum ini tidak berhasrat menyertai usaha pembentukan kerajaan negeri baharu di Perak Timbalan Presiden Pas Datuk Seri Tuan Ibrahim Tuan Man berkata keputusan ...
Umno Dan Ph Bentuk Kerjasama Suara Tv

Umno Dan Ph Bentuk Kerjasama Suara Tv

papar berkaitan - pada 6/12/2020 - jumlah : 202 hits
CYBERJAYA Kerajaan baharu di Perak berkemungkinan akan dibentuk hasil kerjasama antara UMNO dan Pakatan Harapan lapor Astro Awani Laporan yang memetik sumber yang enggan mendedahkan nama itu menyebut kerajaan baharu yang akan dibentuk dalam...
Jika Umno Tanding Sendiri Di Perak Mampukah Umno Bentuk Kerajaan

Jika Umno Tanding Sendiri Di Perak Mampukah Umno Bentuk Kerajaan

papar berkaitan - pada 6/12/2020 - jumlah : 232 hits
Meneliti keputusan PRU 14 bagi kerusi kerusi DUN Perak walaupun UMNO menang di 27 kerusi DUN tetapi UMNO sebenarnya hanya menang mutlak di 5 kerusi sahaja iaitu 1 Dato Tarmizi Idris ADUN N3 Kenering yang memperolehi 7 379 undi yang akan men...
Nazri Cadang Umno Bentuk Kerajaan Perak Dengan Pkr Dan Pan Tolak Pas

Nazri Cadang Umno Bentuk Kerajaan Perak Dengan Pkr Dan Pan Tolak Pas

papar berkaitan - pada 4/12/2020 - jumlah : 333 hits
Ahli Parlimen Padang Rengas Datuk Seri Mohamed Nazri Abdul Aziz mencadangkan sebuah kerajaan baharu ditubuhkan di Perak susulan Menteri Besar Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu hilang sokongan dalam Dewan Undangan Negeri negeri itu Nazri juga me...
Sultan Nazrin Titah Parti Politik Cari Formula Terbaik Untuk Bentuk Kerajaan Perak Baharu

Sultan Nazrin Titah Parti Politik Cari Formula Terbaik Untuk Bentuk Kerajaan Perak Baharu

papar berkaitan - pada 5/12/2020 - jumlah : 258 hits
nbsp IPOH Sultan Perak Sultan Nazrin Shah menitahkan semua parti politik di negeri berkenaan mencari formula terbaik untuk membentuk kerajaan negeri baharu Ahli Dewan Negara Perak Datuk Seri Mohd Annuar Zaini berkata Sultan Nazrin bertitah ...
Bersatu Bersama Umno Bentuk Kerajaan Gabungan Baharu

Bersatu Bersama Umno Bentuk Kerajaan Gabungan Baharu

papar berkaitan - pada 7/12/2020 - jumlah : 202 hits
Zahratulhayat Mat Arifam hmetro com myAHMAD Faizal FOTO Arkib NSTPIpoh Bersatu Perak akan terus bekerjasama dengan Umno bagi membentuk kerajaan gabungan baharu kata bekas Menteri Besar Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu Beliau menambah Bersatu P...
Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Boycott Gone Sour Malays Returning To Mcdonald S Insulted And Called Dogs Pigs By Fellow Malays

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Membongkar Kejayaan Pembayaran Dan Pemenang Di Wecopytrade Dan Wemastertrade

Kaswi Gula Melaka

Effective Networking In Business

Doa Masuk Pasar Baca Doa Ini Apabila Pergi Ke Pasar

Lafaz Tasbih Kaffarah Sebagai Doa Pembersih Majlis

Rabbana Atina Fid Dunya Hasanah