Al Qur An Menjelaskan Fungsi Bintang Di Langit Di Antaranya Pelontar Setan



Dalam Alquran, Allah SWT kerap menyebut tentang benda-benda langit serupa bintang dan juga alam semesta. Namun demikian, Alquran menyebutkan salah satu fungsi penciptaan bintang ternyata sebagai pelontar setan, benarkah?
Allah SWT berfirman dalam Alquran surat al-Mulk ayat 5 yang berbunyi:
وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَجَعَلْنَاهَا رُجُومًا لِلشَّيَاطِينِ ۖ وَأَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيرِ
“Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu sebagai alat-alat pelontar/pelempar setan.”
Prof Quraish Shihab dalam kitab Tafsir Al-Mishbah menjelaskan, terdapat tiga hal sebagai fungsi bintang-bintang, yakni bintang-bintang hanya dijadikan Allah sebagai hiasan langit, pelontar setan, dan sebagai petunjuk arah bagi manusia. Hal itu sebagaimana Prof Quraish Shihab kutip dalam kitab kumpulan Shahih Bukhari.
Atas dasar itulah, jika ada yang memfungsikan bintang selain dari ketiga hal tersebut, fungsi itu harus dilihat kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip agama.



Dahulu, orang percaya bahwa bintang-bintang dan benda-benda langit adalah dewa-dewa yang mempunyai pengaruh pada bumi dan isinya. Kemudian, para peramal membuat semacam peta bagi setiap orang sesuai dengan posisi bintang-bintang saat kelahirannya.
Sebab, menurut mereka, posisi posisi bintang dapat memengaruhi sifat dan pembawaannya, bahkan menentukan peristiwa-peristiwa yang dialaminya serta menentukan pula saat kematiannya. Selain itu, masyarakat Arab pada masa jahiliyah, menurut dia, memercayai hal ini.
Ketika Islam datang, Islam tidak merestui pendapat tersebut. Karena itu, ilmu perbintangan (astrologi, bukan astronomi) dimasukkan oleh Nabi sebagai bagian dari ilmu sihir.
Dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda:
مَن اقتبَسَ شُعبةً مِن النُّجومِ، فقدِ اقتبَسَ شُعبةً مِن السِّحرِ، زاد ما زادَ.
“Barang siapa yang mempelajari satu ilmu dari bintang-bintang (astrologi) maka dia telah mempelajari satu bagian dari sihir. Sihirnya akan bertambah dengan bertambahnya ilmu perbintangan itu.”
Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Imam Malik, dan Imam an-Nasa’i dijelaskan, sahabat Nabi, yakni Zain bin Khalid al-Juhani, pernah berkata:
صَلَّى لَنَا رَسولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ صَلَاةَ الصُّبْحِ بالحُدَيْبِيَةِ علَى إثْرِ سَمَاءٍ كَانَتْ مِنَ اللَّيْلَةِ، فَلَمَّا انْصَرَفَ أقْبَلَ علَى النَّاسِ، فَقالَ: هلْ تَدْرُونَ مَاذَا قالَ رَبُّكُمْ؟ قالوا: اللَّهُ ورَسولُهُ أعْلَمُ، قالَ: أصْبَحَ مِن عِبَادِي مُؤْمِنٌ بي وكَافِرٌ، فأمَّا مَن قالَ: مُطِرْنَا بفَضْلِ اللَّهِ ورَحْمَتِهِ، فَذلكَ مُؤْمِنٌ بي وكَافِرٌ بالكَوْكَبِ، وأَمَّا مَن قالَ: بنَوْءِ كَذَا وكَذَا، فَذلكَ كَافِرٌ بي ومُؤْمِنٌ بالكَوْكَبِ
“Rasulullah SAW mengimami kami sholat Subuh di Hudaibiyah setelah pada malamnya hujan turun. Setelah sholat, beliau mengarah kepada hadirin dan bersabda: ‘Tahukah kamu sekalian apa yang difirmankan (Allah Sang Pemelihara) kepada kamu?’



Maka mereka pun menjawab: ‘Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.’ Rasulullah pun menjelaskan (dengan berkata): ‘Allah berfirman: ‘Pagi ini ada hamba-Ku yang percaya pada-Ku lagi kafir, ada juga kafir dan percaya.
Adapun yang berkata: kami memperoleh curahan hujan berdasarkan anugerah Allah dan rahmat-Nya maka itulah yang percaya pada-Ku serta kafir terhadap bintang.
Sedangkan, yang berkata: ‘Kami memperoleh curahan hujan oleh bintang ini dan itu,’ maka itulah yang kafir pada-Ku dan percaya pada bintang.’”
Selain itu, Rasulullah mengingatkan bahwa barang siapa yang berkunjung kepada peramal dan bertanya sesuatu kepadanya (dan dia membenarkannya) maka sholatnya tidak diterima Allah selama 40 hari. Hal itu sebagaimana hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dan Ahmad melalui Abu Hurairah.



Para ulama dan kalangan agamawan Islam tidak berbeda pendapat dalam menetapkan kekufuran siapa yang percaya bahwa bintang adalah Tuhan untuk dipuja maupun tidak. Mereka juga bersepakat bahwa kufur hukumnya bagi yang mengajukan permohonan kepada bintang.
Adapun yang memercayai bahwa aktivitas manusia sangat dipengaruhi oleh bintang-bintang sangat tidak direstui dalam Islam. Meski ulama tidak menilainya sebagai sebuah kekufuran, hal itu merupakan suatu kemungkaran dan kebodohan yang seharusnya tidak menyentuh seorang Muslim.
Dalih bahwa potensi bintang-bintang dalam melahirkan peristiwa terjadi jika memenuhi sekian syarat tertentu tidak mengurangi pandangan negatif ulama dan pemikir Islam terhadap astrologi dan peminat-peminatnya.
Source: republika.co.id
The post Al-Qur’an Menjelaskan Fungsi Bintang di Langit, di Antaranya Pelontar Setan? appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/06/30/al-quran-menjelaskan-fungsi-bintang-di-langit-di-antaranya-pelontar-setan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Rahsia 7 Lapisan Langit

Rahsia 7 Lapisan Langit

papar berkaitan - pada 27/6/2020 - jumlah : 86 hits
Perhatikan ayat Al Quran berikut Lalu Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia memberitahu kepada tiap tiap langit akan urusan dan keperluannya masing masing dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang bintang yang bersinar...
Pengalaman Mengembara Ke Galaksi Bima Sakti Di Kaki Langit Kuala Kubu Bharu

Pengalaman Mengembara Ke Galaksi Bima Sakti Di Kaki Langit Kuala Kubu Bharu

papar berkaitan - pada 23/6/2020 - jumlah : 83 hits
Beberapa orang daripada kita memilih untuk mengembara jauh untuk merasai pengalaman melihat Galaksi Bima Sakti Namun siapa sangka langit di belakang rumah kita juga mampu untuk memberikan sesuatu yang ajaib Semalam kami menghabiskan masa se
Ucapan Terima Kasih Tim Medis Mengudara Di Langit Jakarta

Ucapan Terima Kasih Tim Medis Mengudara Di Langit Jakarta

papar berkaitan - pada 21/6/2020 - jumlah : 108 hits
Ucapan Terima Kasih Tim Medis Mengudara di Langit Jakarta Sebanyak dua penerbang dari TNI AU dan FASI secara terpisah melakukan aksi sosialisasi new normal dan kampanye terima kasih kepada tim medis penanganan Covid 19 di kawasan Wisma Atle...
Kisah Wanita Yang Doanya Tembus Langit Ke Tujuh

Kisah Wanita Yang Doanya Tembus Langit Ke Tujuh

papar berkaitan - pada 28/6/2020 - jumlah : 64 hits
Inilah kisah seorang wanita yang mengajukan gugatan kepada pemimpin anak Adam alaihissalam yang mengandung banyak pelajaran dan banyak hal yang menjadikan seorang wanita dapat mengangkat kepalanya tinggi tinggi dengan bangga dan perasaan mu...
Bila Doa Di Dengar Di Pintu Langit

Bila Doa Di Dengar Di Pintu Langit

papar berkaitan - pada 2/7/2020 - jumlah : 58 hits
Rintihan Qistina didengar di pintu langit Entah kenapa tetiba nak makan serunding ayam raya aritu Pepagi dah call atok Eh Malu mama mcm la mama tak reti buat serunding Rupa2nya yg dimaksud adalah chicken floss Alhamdulillah adik ipar kirimk...
Guti Permata Berharga Yang Dibayangi Himpunan Bintang Real Madrid

Guti Permata Berharga Yang Dibayangi Himpunan Bintang Real Madrid

papar berkaitan - pada 21/6/2020 - jumlah : 154 hits
Aura dimiliki Guti ketika kariernya mungkin tidak sehebat himpunan bekas pemain bintang di posisi tengah yang pernah dimiliki Real Madrid seperti Zinedine Zidane Luis Figo David Beckham dan Kaka sekadar menyebut pemain seangkatan zamannya N...
Banjir Dukungan Bintang Emon Terima Kasih Saya Kira Hanya Akan Sendirian

Banjir Dukungan Bintang Emon Terima Kasih Saya Kira Hanya Akan Sendirian

papar berkaitan - pada 19/6/2020 - jumlah : 94 hits
Stand up comedian Bintang Emon tengah menjadi sorotan belakangan ini Ada sejumlah oknum yang menudingnya mengonsumsi narkoba jenis sabu Tudingan itu merupakan imbas dari video yang dibuat Bintang pekan lalu dan menjadi viral di media sosial...
Profesor Sejemput Awan Di Langit Panas

Profesor Sejemput Awan Di Langit Panas

papar berkaitan - pada 20/6/2020 - jumlah : 89 hits
SUSUPAN DHUHASERAMAI 115 ilmuan bertaraf Phd telah sepakat membuat seruan agar menyokong kerajaan pimpinan Muhyiddin Yassin dilihat satu kenyataan politik murahan untuk mengampu Muhyiddin dan kerajaan 115 orang ilmuan itu terdiri daripada d...
Drama Bulan Di Kota Langit Lakonan Nur Risteena Munim Isa Khan

Drama Bulan Di Kota Langit Lakonan Nur Risteena Munim Isa Khan

papar berkaitan - pada 18/6/2020 - jumlah : 133 hits
Nantikan drama Bulan Di Kota Langit lakonan Risteena Munim dan Isa Khan Drama terbitan CMA Media Sdn Bhd arahan Ollynn Khadri Akan ditayangkan bermula 13 Jun 2020 setiap hari puul 10 malam di TV Okey JUDUL BULAN DI KOTA LANGITEPISOD 20TARIK...
Kronologi Pembunuhan Usman Bin Affan Yang Dikepung Selama 40 Hari

Wow Mahfuz Kamu Bercakap Fakta

Tip Karpet Lebih Bersih Nampak Baru Mop Dengan Air Panas Dan Campuran Bahan Lain

Wanita Yang Viral Melempar Dan Akan Menyobek Al Qur An Diancam 5 Tahun Penjara

Adik Kevin Morais Syukur Kematian Abang Terbela Pakar Patalogi Amp 5 Lelaki Dihukum Mati

Rakan Artis Terkejut Sedih Mengenai Percer4ian Sharifah Sakinah

Sakinah Untung Dapat Suami Yang Baik Sharifah Shahira

Permaju And Anzo To Jointly Expand Glove Factory In Perak



Akhirnya Sharifah Shahirah Buka Mulut Isu Sharifah Sakinah Bercerai Dengan Suami

Serbia Kini Kucar Kacir Kerana Gelombang Kedua Covid 19

Kenapa Kerajaan Soviet Sanggup Beli Pepsi Dengan Bayaran 17 Kapal Selam

Akhirnya Sharifah Sakinah Dedah Punca Bercerai Dengan Suami

Bagaimana Singapura Menjadi Antara Negara Terkaya Di Dunia


Burung Membuat Sarang Di Pokok Bidara

Rais Perlu Cermin Diri Dahulu Sebelum Tegur Umno

Kes Pengganas Ltte Datuk Ayob Khan Kecewa Kes Tersebut Diganggu Ahli Politik Dap

Cara Mudah Menabung Melalui My Goal Di Maybank2u

Men Are Hard To Please

1 122 Lokasi Program Pembangunan Usahawan Anak Muda Kota Annuar Musa