Penderita Covid Di Depok Dilaporkan Meninggal Di Taksi Setelah Ditolak 10 Rs


 

Pasien positif virus Corona (COVID-19) di Depok, Jawa Barat, dikabarkan meninggal dunia setelah ditolak 10 rumah sakit rujukan COVID-19. Pasien tersebut meninggal dunia di dalam taksi online.




 
Hal tersebut disampaikan LaporCovid-19 dan Center for Indonesia's Strategi Development Initiatives (CISDI) melalui siaran pers yang diterima detikcom, Senin (18/1/2021). Dalam keterangannya, tim LaporCovid-19 dan CISDI menerima laporan tersebut pada 3 Januari lalu.


"Salah seorang keluarga pasien di Depok melaporkan, pada 3 Januari 2021, anggota keluarganya meninggal di taksi daring setelah ditolak di 10 rumah sakit rujukan COVID-19," tulis siaran pers tersebut.


Selain itu, LaporCovid-19 dan CISDI menerima 23 laporan kasus pasien yang ditolak rumah sakit rujukan sejak akhir Desember 2020 sampai awal Januari 2021. Akibatnya, pasien COVID-19 ada yang meninggal dalam perjalanan atau di rumah.


 


Laporan tersebut berasal dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Relawan tim BantuWargaLaporCovid-19, dr Tri Maharani, mengatakan kondisi tersebut sudah sebagai tanda-tanda robohnya layanan kesehatan.


"Tanda-tanda kolaps layanan kesehatan sebenarnya sudah terindikasi sejak bulan September 2020, yang kemudian mereda pada periode pemberlakuan PSBB di Jakarta. Menjelang pertengahan November 2020, saat pelaksanaan pilkada serentak dan libur Nataru, memperburuk ketidakmampuan RS menampung pasien," katanya.


LaporCovid-19 dan CISDI juga mengaku menemukan fakta di lapangan mengenai sejumlah fasilitas kesehatan tidak berjalan baik. Misalnya, mengenai sistem informasi rumah sakit yang tidak diperbarui secara real-time, sehingga pasien tidak tahu harus bertindak seperti apa.


"Komunikasi publik yang berbasis bukti, fokus dan tidak terdistorsi dengan narasi-narasi palsu harusnya sejak awal pandemi telah dilakukan. Ketidakmampuan pembuat kebijakan dalam membangun strategi maupun melaksanakan praktik komunikasi yang transparan dan akuntabel menyebabkan gagalnya masyarakat sepenuhnya menyadari kegawatan situasi pandemi ini. Hal ini menyebabkan upaya pemerintah menambah kapasitas tempat tidur dan tenaga kesehatan tidak akan pernah mencukupi kebutuhan layanan kesehatan di tingkat rujukan, untuk menampung jumlah pasien dalam kondisi sedang hingga berat dan kritis," kata Direktur Kebijakan CISDI, Olivia Herlinda.


"Selain itu, perbaikan sistem informasi kesehatan sudah tidak mungkin ditunda lagi. Publik harus mendapatkan akses terhadap pendataan dan informasi dengan pembaruan real-time," imbuh Olivia.


Satgas Depok Minta Data ke LaporCOVID-19


Pasien positif COVID-19 di Depok, Jawa Barat dikabarkan meninggal dunia di taksi online setelah ditolak di 10 rumah sakit. Terkait hal itu, Satgas COVID-19 Kota Depok meminta pihak LaporCovid-19 untuk memberikan data-data terkait kejadian tersebut.


"Saya sudah coba komunikasi dengan pihak LaporCovid-19 terkait dengan informasi ini, karena informasi ini yang di media belum dijelaskan seperti apa kronologisnya dan kami sudah menyampaikan melalui contact person di LaporCovid-19 untuk menjelaskan kronologis kejadiannya, terjadinya di rumah sakit di mana saja dan pasiennya di mana. Karena kan ini kami baru dapat informasi sementara dari pihak Lapor COVID-19 bahwa ada di antaranya rumah sakit di Depok dan juga di Jakarta," jelas Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana saat dihubungi detikcom, Senin (18/1/2021).


Dadang juga meminta agar pihak LaporCovid-19 memberikan klarifikasi terkait kejadian tersebut agar tidak menimbulkan miss persepsi. Klarifikasi dari Lapor COVID-19 juga diperlukan sebagai bahan evaluasi Satgas COVID-19 Kota Depok.


"Makanya ini yang harus disampaikan. Karena LaporCovid-19 itu kan berdasarkan informasi yang disampaikan oleh warga kepada aplikasi Lapor Covid-19. Makanya kemarin sudah kami diskusikan di Satgas kepada pihak LaporCovid-19 untuk jelaskan kasus ini kepada warga seterang-terangnya agar tidak timbul miss persepsi. Nah ini pun akan bagus sebagai bahan evaluasi kami, kalau memang dari sisi tata laksana, informasi kepada warga kurang dan lain-lain," jelasnya.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2021/01/penderita-covid-di-depok-dilaporkan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sehari Setelah Disuntik Vaksin Covid 19 Dokter Di Palembang Ditemukan Meninggal Dunia

Sehari Setelah Disuntik Vaksin Covid 19 Dokter Di Palembang Ditemukan Meninggal Dunia

papar berkaitan - pada 24/1/2021 - jumlah : 228 hits
Seorang dokter berinisial JF ditemukan tewas di dalam mobilnya sendiri Jumat Mobil tersebut terparkir di sebuah minimarket yang berada di Jalan Sultan Mansyur Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat I Palembang Sumatera Selatan Warga yang...
Ya Allah Gusti Usai Ditolak Rs Sana Sini Pasien Corona Meninggal Dunia Di Taksi

Ya Allah Gusti Usai Ditolak Rs Sana Sini Pasien Corona Meninggal Dunia Di Taksi

papar berkaitan - pada 19/1/2021 - jumlah : 185 hits
Malang nian nasib seorang pasien positif virus Corona di Depok Jawa Barat Ia dikabarkan meninggal dunia di dalam taksi online setelah ditolak 10 rumah sakit rujukan COVID 19 Kabar miris itu awalnya disampaikan LaporCovid 19 dan Center for I...
Asisten Administrasi Dan Umum Sekretariat Daerah Kota Depok Meninggal Akibat Covid 19

Asisten Administrasi Dan Umum Sekretariat Daerah Kota Depok Meninggal Akibat Covid 19

papar berkaitan - pada 20/1/2021 - jumlah : 241 hits
Semasa menjalani perawatan almarhum sempat mengalami perbaikan kondisi Namun beberapa hari sebelum wafat almarhurm menurun kondisinya
Dinkes Batam Nyatakan Danrem 033 Wira Pratama Meninggal Negatif Covid 19

Dinkes Batam Nyatakan Danrem 033 Wira Pratama Meninggal Negatif Covid 19

papar berkaitan - pada 7/1/2021 - jumlah : 104 hits
Dalam beberapa kali tes usap Covid 19 di RS Awal Bros dan RS Khusus Infeksi Covid 19 Pulau Galang terhadap Brigjend TNI Harnoto hasilnya negatif
Kadinkes Depok Nolak Vaksin Covid 19 Kalau Kata Saya Rugi

Kadinkes Depok Nolak Vaksin Covid 19 Kalau Kata Saya Rugi

papar berkaitan - pada 15/1/2021 - jumlah : 190 hits
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita mengatakan jika tidak melakukan vaksinasi maka warga bisa saja rugi Sebab bisa saja kebijakan berubah sehingga untuk vaksinasi harus berbayar
Terpapar Covid 19 Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Surabaya Meninggal Dunia

Terpapar Covid 19 Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Surabaya Meninggal Dunia

papar berkaitan - pada 19/1/2021 - jumlah : 177 hits
Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Surabaya yang meninggal dunia itu diketahui bernama Kartono Ia dikabarkan meninggal dunia pada Senin sore
Cerita Nakes Terima Pasien Meninggal Usai Ditolak 4 Rs Karena Penuh

Cerita Nakes Terima Pasien Meninggal Usai Ditolak 4 Rs Karena Penuh

papar berkaitan - pada 11/1/2021 - jumlah : 185 hits
Sebuah kisah viral di media sosial dari seorang Tenaga Kesehatan Oktari Dwi Yanti Dia bercerita menerima seorang pasien gejala Covid 19 di rumah sakit tempatnya berjaga Namun pasien keburu meninggal dunia Malam itu dia sedang berjaga di IGD...
3 Pegawai Spf Dikuarantin Setelah Pegawai Perubatan Haiwan Unit K 9 Dijangkiti Covid 19

3 Pegawai Spf Dikuarantin Setelah Pegawai Perubatan Haiwan Unit K 9 Dijangkiti Covid 19

papar berkaitan - pada 16/1/2021 - jumlah : 194 hits
SINGAPURA Tiga pegawai Pasukan Polis Singapura yang mempunyai kontak rapat dengan seorang pembantu doktor haiwan yang diuji positif COVID 19 sudah pun dikuarantin menurut SPF pada Jumaat 25 ekor anjing polis yang dikendalikan pembant
Bupati Sleman Positif Covid 19 Setelah Seminggu Disuntik Vaksin

Bupati Sleman Positif Covid 19 Setelah Seminggu Disuntik Vaksin

papar berkaitan - pada 22/1/2021 - jumlah : 211 hits
Bupati Sleman Sri Purnomo mengumumkan bahwa dia positif terinfeksi COVID 19 sebagaimana dia sampaikan dalam akun Instagram nya pada Kamis 21 Januari 2021 Hari ini Kamis 21 Januari 2021 saya Sri Purnomo Bupati Kabupaten Sleman menyampaikan i...
Imf Menyokong Prakiraan Pertumbuhan Kdnk Malaysia Pada 2024 Kepada 4 4

Standby Guys Pengurangan Subsidi Petrol Bakal Bermula

Filem Sheriff

Sustainable Weekend Villa By Kanopea Architecture Studio And T3 Architects In Vietnam

Afidavit Zahid Mungkin Jejas Hubungan Dengan Anwar

Senarai Wakil Piala Thomas Uber Cup Finals 2024 Chengdu

Cara Claim Towing Kereta Dengan Etiqa Auto Assist Care

15 Timeless Rustic Shed Designs With Unmatched Outdoor Versatility



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Cerita Aidilfitri 2024 Teamrayakedah

Resepi Ayam Masak Lemak Tak Pedas

Skeletal Remains Found At Abandoned Teachers Quarters In Membakut

Ex Judge Urges Govt To Apologise For Ops Lalang

Nep Influenced Policies In South Africa Created A Minority Elite Says Envoy

Lipat Baju Bersama Sofea