Kumpulan Percapakan Bahasa Minang Dengan Teman


Halo dunsanak, apo kaba? Berbicara tentang bahasa Minang, agaknya akan menarik sekali jika kita mampu berbicara bahasa Minang kepada teman yang berasal dari Minang. Tentu ini akan mudah bagi orang Minang, tapi cukup sulit bagi orang yang sama sekali tidak punya darah Minang atau bahkan orang Minang yang lahir dan besar di perantauan. Oleh karena ini, kali ini saya akan membuatkan beberapa percakapan bahasa Minang dengan teman yang biasa terjadi sehari-hari.

Percakapan bahasa Minang atau Padang yang akan saya tuliskan ini barangkali hanya beberapa, tapi dunsanak bisa menanyakannya kepada saya di kolom komentar kalau ada yang kurang. Mudah-mudahan kumpulan percakapan bahasa Minang dengan teman ini bisa bermanfaat bagi dunsanak dalam berkomunikasi ya.




Percakapan Bahasa Minang dengan Teman di Keseharian
Menanyakan Kabar
Salah satu percakapan paling default dengan teman adalah menanyakan kabar, bukan? Berikut contoh percapakan tanya kabar kepada teman.

A : Assalamu'alaikum. Wes, Riko mah. Kama se salamo ko? Baa kaba kawan? (Assalamu'alaikum. Wah, Riko ya. Kemana saja selama ini? Bagaimana kabarmu teman?)

B : Wa'alaikumussalam. Hei, Sandi. Biasolah, mancari rajaki di parantauan. Alhamdulillah elok dan sihaik. Kawan apo kaba? (Wa'alaikumussalam. Hei, Sandi. Biasalah, mencari rezeki di perantauan. Alhamdulillah baik dan sehat. Kamu apa kabar?)

Oh ya, ngomong-ngomong, percakapan tanya kabar sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya lho. Dunsanak bisa baca lewat tautan di bawah.

Baca juga : Cara Mengucapkan Bahasa Minang Apa Kabar 
Mengucapkan Terima Kasih
Dalam berkomunikasi dengan teman atau dengan siapa pun, kata "terima kasih" menjadi kata yang wajib diucapkan, terutama ketika seseorang telah membantu kita. Begini contoh percakapan untuk mengucapkan terima kasih.

A : Tarimo kasih bana alah repot-repot tibo ka wisuda ambo yo, Wan. Semoga capek manyusua yo. (Terima kasih sekalli sudah repor-repot datang ke wisuda saya ya, Wan. Semoga cepat menyusul ya.)

B : Ndak sabagai alah nyo doh Fik. Aamiin, mudah-mudahan lancar se urusan. (Tidak masalah itu Fik. Aamiin, mudah-mudahan lancar saja urusannya.)

Oh ya, sebelumnya saya juga sudah pernah menulis artikel tentang ini lho. Lebih lengkapnya bisa dunsanak baca di tautan di bawah.

Baca juga : Bahasa Minang Teirma Kasih dan Cara Mengucapkannya
Tentang Kesibukan dan Ajakan KeluarBerikut contoh percakapan untuk menanyakan apakah seseorang sibuk atau tidak serta ajakan untuk pergi keluar.

A : Sedang sibuk ndak kini tu, Ton? Pai makan wak kalua lah. Kok lai amuah juo. (Sedang sibuk tidak sekarang, Ton? Pergi makan kita keluar yok. Itupun kalau mau.)

B : Iyo ko ha, revisi dari dosen alun salasai juo lain. Ha, buliah juo tu. Dima wak makan? Lah lapa paruaik ha. (Iya nih, revisi dari dosen belum juga selesai. Tapi boleh juga tuh. Dimana kita makan? Sudah lapar pula nih perut.)

Selain percakapan di atas, dunsanak juga bisa menggunakan kalimat di bawah ini:

Apo kesibukan kini tuh, Kawan? (Apa kesibukan sekarang ini, Teman?)Sore beko sibuk ndak? (Sore nanti sibuk tidak?)Kalau lah ndak sibuk agiah tau yo. (Kalau sudah tidak sibuk, beritahu ya)

Ajakan Berkunjung ke RumahPercakapan berikut ini bisa digunakan untuk mengajak seorang teman mampir ke rumah.

A : Kalau lai ndak sibuk sudah ko, pai lah mampia ka rumah. Amak batanyo jo taruih, baa kok kawan nan namonyo Andi tu ndak main-main kamari lai. (Kalau tidak sibuk abis ini, pergilah mampir ke rumah. Ibu bertanya terus, kenapa teman yang namanya Andi itu tidak main ke sini lagi)

B : Itulah Nton, awak sadang ado proyek bana kini ko. Acok bolak-baliak se Padang-Jakarta. (Itulah Nton, aku sedang ada proyek betul sekarang ini. Sering bolak-balik Padang-Jakarta)

A : Ndeh, iyo tu? Gadang proyek bantuaknyo mah ndak. Baok gai lah sasakali oleh-oleh Jakarta tu untuk amak di rumah. (Iya kah? Besar proyek bentuknya. Bawa juga lah sesekali oleh-oleh Jakarta itu untuk ibu di rumah.)

B : Hahah, jadih lah. Insyaa Allah bisuak ko yo. Doakan se lancar proyek ambo ko. (Haha, oke lah. Insyaa Allah besok ini ya. Doakan saja proyek ku ini lancar.)


Meminta BantuanNah, ini bagian terakhir dalam artikel ini ya. Contoh percakapan yang dapat digunakan untuk meminta bantuan pada teman.

A : Jam istirahat beko, bisa tolong ajaan ambo materi dosen tadi ndak, Kawan? Yo bana ndak masuk ka utak apo nan ditarangan apak tu doh. (Jam istirahat nanti, bisa tolong ajarkan saya materi dosen tadi tidak, Teman? Benar-benar tidak masuk ke otak apa yang diterangkan bapak itu.)

B : Baa kok indak nyo, apak tu manjaleh an co patuih. Untuang ambo dek lah mambaco di rumah. Jadih kawan, insyaa Allah. (Bagaimana tidak, bapak itu menjelaskan macam petir. Untung saya sudah membaca di rumah. Oke teman, insyaa Allah).

Beberapa kalimat serupa yang bisa digunakan dalam meminta tolong adalah sebagai berikut:

Minta tolong ciek buliah tu? (Minta tolong satu, boleh kah?)Tolong ambiak an pena ambo nan jatuh itu ciek. (Tolong ambilkan penaku yang terjatuh itu dong)Bisa tolongan... (Bisa tolongkan...)
Nah dunsanak, itulah tadi beberapa contoh percakapan bahasa Minang dengan teman. Ini bisa dunsanak pakai ketika berkomunikasi dengan temanmu yang berasal dari Padang atau ranah Minang ya.

Oh ya, selain itu, dunsanak bisa belajar bahasa Minang untuk kata-kata lainnya melalui artikel saya yang lainnya. Silakan klik salah satu tautan artikel di kolom "Artikel menarik lainnya" di bawah. Dan jika ada yang ingin dunsanak tanyakan tentang bahasa Minang, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah.

Selamat belajar.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.minangnese.my.id/2020/01/percapakan-bahasa-minang-dengan-teman.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ada 4 Jenis Teman Yang Harus Kamu Bedakan Sahabatmu Sedikit Bukan Berarti Kamu Antisosial

Ada 4 Jenis Teman Yang Harus Kamu Bedakan Sahabatmu Sedikit Bukan Berarti Kamu Antisosial

papar berkaitan - pada 30/1/2020 - jumlah : 195 hits
Percaya atau nggak kamu hanya butuh 3 teman untuk bisa bahagia Nggak harus banyak banyak kok
Teman Suami Ke Klinik Neurologi Hospital Kuala Lumpur

Teman Suami Ke Klinik Neurologi Hospital Kuala Lumpur

papar berkaitan - pada 30/1/2020 - jumlah : 784 hits
TEMAN SUAMI KE KLINIK NEUROLOGI HOSPITAL KUALA LUMPUR Lamanya aku hold entri yang ni Aku takdelah busy tapi asyik tak sihat je So Khamis lepas aku teman Is pergi appointment dekat Neurologi Hospital Kuala Lumpur Sebab nak jumpa Neurologi ad...
6 Potret Cantik Mawar De Jongh Gantikan Vanessa Di Film Teman Tapi Menikah 2

6 Potret Cantik Mawar De Jongh Gantikan Vanessa Di Film Teman Tapi Menikah 2

papar berkaitan - pada 27/1/2020 - jumlah : 325 hits
Diketahui jika aktris cantik Mawar De Jongh didapuk untuk menggantikan Vanesha Prescilla di sekuel film Teman Tapi Menikah Meski tak ada yang tahu pasti alasan pergantian peran ini namun akting Mawar tak kalah menarik dari Vanesha sebelumny...
Bawa Bekal Masakan Ibu Murid Ini Ajak Teman Sekolahnya Makan Bersama

Bawa Bekal Masakan Ibu Murid Ini Ajak Teman Sekolahnya Makan Bersama

papar berkaitan - pada 27/1/2020 - jumlah : 108 hits
Membawa bekal berupa nasi goreng masakan ibu murid ini membuat teman temannya ketagihan akan kelezatannya Itu bukti bahwa masakan ibu memang juara Menikmati makanan di restoran mewah manapun tetap saja masakan ibu yang paling merindukan Ole...
Teman Isteri Sakit Kontraksi Suami Layan Joget Tarian Tradisional Kreatif

Teman Isteri Sakit Kontraksi Suami Layan Joget Tarian Tradisional Kreatif

papar berkaitan - pada 26/1/2020 - jumlah : 270 hits
Bukan mudah untuk melahirkan anak Prosesnya tidak senang tetapi demi anak tersayang si ibu sanggup berdepan dengan apa saja jenis kesakitan Sementara menunggu bukaan jalan sakit kontraksi itu bagaikan tidak tertanggung Ketika inilah suami p...
Kebitaraan Bahasa Melayu Bahasa Menginsankan Manusia

Kebitaraan Bahasa Melayu Bahasa Menginsankan Manusia

papar berkaitan - pada 10/1/2020 - jumlah : 260 hits
SEDUTAN UCAPAN di Universiti Malaysia Perlis 29 Oktober 2019 Bahasa adalah medium komunikasi yang paling berharga kepada manusia dan manusia adalah satu satunya makhluk Allah yang dikurniakan dengan bahasa Dengan bahasa manusia mencatatkan ...
Modul Abu Sakeena Buku Nota Rujukan Dan Buku Latihan Bahasa Arab Pt3 Dan Spm

Modul Abu Sakeena Buku Nota Rujukan Dan Buku Latihan Bahasa Arab Pt3 Dan Spm

papar berkaitan - pada 10/1/2020 - jumlah : 808 hits
EDISI KEMASKINISUKATAN TERKINICETAKKAN TERBARU TAHUN 2020BUKU NOTA RUJUKAN DAN LATIHAN LATIH TUBIBAHASA ARAB PT3 DAN SPM
7 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Di Rumah Tips Belajar Bahasa Inggris

7 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Di Rumah Tips Belajar Bahasa Inggris

papar berkaitan - pada 17/1/2020 - jumlah : 412 hits
Hallo bertemu kembali sesi kali ini akan membawakan mengenai tips belajar bahasa inggris 7 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris di Rumah simak selengkapnya begitulah pembahasan perihal 7 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris di Rumah semoga ar...
Video The Flash Speaking Bahasa Malaysia Makes Netizens Both Delighted And Amused

Video The Flash Speaking Bahasa Malaysia Makes Netizens Both Delighted And Amused

papar berkaitan - pada 18/1/2020 - jumlah : 323 hits
Grant Gustin trying to speak Malay has made my day small Cover image via Instagram lathoma3 Daily Express small Ang mohs saying apa khabar always seem to impress Malaysians And this ang moh speaking Bahasa Malaysia proves to be no exception...
Standby Guys Pengurangan Subsidi Petrol Bakal Bermula

Imf Menyokong Prakiraan Pertumbuhan Kdnk Malaysia Pada 2024 Kepada 4 4

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy

Afidavit Zahid Mungkin Jejas Hubungan Dengan Anwar

Sustainable Weekend Villa By Kanopea Architecture Studio And T3 Architects In Vietnam

Pengasas Pbrs Joseph Kurup Meninggal Dunia

Gugurnya Dosa Waktu Solat



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Gunung Ruang Meletus Ini Senarai Penerbangan Mas Airasia Yang Dibatalkan

The Spark Of Innovation

Lirik Lagu Hidupku Sebelum Mati Kunto Aji

Doa 12 Pintu Pembuka Pintu Rezeki Segala Kebaikan

Daun Kelor Mujarab Untuk Diebetes Fahami 15 Khasiatnya

Menikahi Ibu Kandung Humor Kampung By Dr Hm Rakib S H M Ag Pekanbaru